tahapan meiosis

    Siapa nih yang suka pelajaran biologi apa lagi pas bagian reproduksi ? nahh loo ketauan kan cengar-cengir xixixi. Kali ini kita juga bakal bahas seputar biologi tapi tentang meiosis. Kalo belom pada tau kuy lah kita bareng-bareng baca !.

    Pengertian Meiosis 

    Meiosis atau yang bisa disebut sebagai proses pembelahan reduksi tuh merupakan suatu fase pembelahan sel yang bisa ngasilin 4 sel anakan yang namanya beda-beda loo. Masing-masing sel itu punya setengah dari jumlah total kromosom sel induk. Sedangkan kalo total jumlah kromosom yang dipunyain  sama sel anakan merupakan n dan juga biasanya nih disebut sebagai haploid.

    Sebelum ngelakuin fase belah-membelah meiosis, ada tuh proses pembelahan sel yang disebut interfase. Nah kalo proses persiapan udah selesai tuh, baru proses berikutnya bisa lanjut ke tahap meiosis 1, yang terdiri dari profase 1, metafase 1, anaphase 1 dan telofase 1. Sedangkan kalo  proses meiosis 2 terdiri dari tahapan proses profase 2, metafase 2, anaphase 2, dan telofase 2. 

    Tahapan Meiosis

    Jadi pembelahan sel tuh juga  ada prosesnya, tahapan proses meiosis 1 dimulai dari:

    1. Profase 1

    Profase 1 dibagi ke dalam 5 tahapan, pertama yakni leptoten. Fase ini diawalin sama perubahan kromatin jadi sebuah kromosom. Setelah fase leptoten kelar, fase berikutnya yakni zigoten yang terjadi pas kromosom udah saling berpasangan dengan homolog yang disebut sebagai sinapsis. Abis tu, fase berikutnya yakni pakiten, ketika duplikat kromosom mulai ngebentuk kromosom tetrad. Lalu, fase diploten yang nyebabin terjadinya proses pindah silang pada kiasma. Terakhir, fase diakinesis yang ngebuat membran inti jadi ngilang.. 

    1. Metafase 1

    Metafase 1 ngebuat kromosom mulai tersusun secara rapi di bagian equator, tepatnya itu di atas lempeng metafase. Serat spindel nempel di dua sentromer di masing-masing kromosom homolog. 

    1. Anafase 1

    Pada anafase 1, kromosom homolog minggat ke kutub yang berlawanan soalnya ada tarikan benang gelendong. Proses reduksi kromosom juga terjadi di fase ini. 

    1. Telofase 1 

    Fase akhir dari tahapan meiosis 1 adalah Telofase 1 yang awalnya tuh dari terbentuknya membran inti. Proses ini disebut sitokinesis yang terjadi pas sitoplasma dari satu eukariotik sel dibagi atas dua sel anak. Sel tersebut ngebelah dengan kromosom haploid. 

    Proses tahapan Meiosis 2

    1. Profase 2

    Di tahap ini agak beda sama yang di tahap meosis 1, jadi sentrosomnya itu ngebelah jadi 2 sentriol yang bergerak ke kutub sel berlawanan, abis tu kromosom mulai menebal serta membran inti sel mulai ngilang. Selanjutnya, kebentuk lah benang spindel yang menggerakkan kromosom saat sel membelah. 

    1. Metafase 2 

    Kromosom yang udah tersusun rapi pada equator, susunan benang spindel dimulai dengan salah satu ujungnya nempel di sentromer. Ujung lainnya nempel di kutub pembelah yang berlawanan arah. 

    1. Anafase 2 

    Fase ini ditandain sama perpisahan kromatid yang ditarik menuju kutub berlawanan, terus kromatid yang kepisah itu disebut kromosom. 

    1. Telofase 2

    Di tahap akhir ini benang spindel udah nghilang, membran inti udah keliatan jelas, terus terjadi proses pembelahan sitoplasma dan menghasilkan 4 sel anak. 

    Itu dia guys seklias informasi buat kalian tentang meiosis. kalo lebih seru lagi langsung aja kalian praktekin lewat mikroskop yang ada di lab sekolah kalian. Semoga informasi ini bermanfaat yaa, selamat mencoba !