terjadinya meteor

    Wahh wah wah apa kabar nih kalian ? Udah pada baca buku belom ? Jangan medsos aja nih yang dibaca. Nih kita ada informasi penting banget buat kalian yang ada hubungannya sama luar angkasa loh. Kali ini kita bakal bahas soal meteor nih, kuy lah langsung aja !.

    Pengertian Meteor

    Apa nih yang kalian tau soal meteor ? pasti yang jadi penyebab punahnya T-rex dan kawan-kawan kan kayak buku-buku cerita, hehehe. Tapi tau ngga meteor itu apa dan gimana kok bisa jadi meteor ?. Nah jadi meteor adalah suatu pecahan ataupun serpihan dari benda langit yang melintas dan nerobos masuk kedalam bagian atmosfer bumi, yang nyebabin terjadinya kontak, srempetan, atau tubrukan permukaan meteor di udara dengan kecepatan yang sangat tinggi. Penampakan meteor di sebabin oleh energi panas yang dihasilkan dari tekanan yang bukan terjadi karena gesekan, tepat pas sebuah meteorid nerobos masuk bagian atmosfer bumi nih. 

    Penampakan meteor pada umumnya terang banget, bahkan jauh lebih terang nih daripada Planet Venus sekalipun, pasti terang banget tuh yaa. Hal itu umumnya nih dikenal sama istilah Bolide, sebuah fenomena yang nampakin pijaran api, serta sinar yang terang banget di langit yang kerap disebut orang sebagai bintang jatuh. Nah ini nih udah tau meteor datang mau menghantam bumi malah biasanya orang make a wish dikira bintang jatuh, kelar dah.

    Proses Terjadinya Meteor

    Lah terus kenapa bisa meteor berjatuhan yaa ? nah jadi proses terjadinya meteor itu di sebabin oleh beberapa tahap dalam waktu tertentu agar terjadi fenomena hujan meteor. Hujan meteor terjadi pas bumi berputar lewat puing pecahan komet. Pada dasarnya, komet itu juga punya titik orbit tersendiri tuh yang bentuknya kayak jauh lebih lonjong ketimbang lintasan orbit yang punya Bumi. Bahkan, ada nih beberapa komet justru diketahui punya garis lintasan orbit yang bersitegang dengan garis lintasan orbit Bumi, sehingga menyebabkan terjadinya hujan meteor. Jadi bersyukurlah karena hujan sekarang masih air. 

    Inti dari komet sendiri isinya dari partikel debu padat gitu, pas sebuah komet lewat matahari, maka akan ngasilin daya panas yang ngerusak bagian permukaan komet dan nimbulin bagian ekor. Hal tersebut yang ngebuat penampakan komet seolah-olah kayak objek langit yang berekor panjang  saat dilihat dari bumi. Nggak heran yaa kalo ada hujan komet pasti rame banget pingin liat soalnya bentuknya keren gitu kaya kecebong langit.

    Nah kalo proses terjadinya meteor dalam jumlah besar tuh disebut sebagai hujan meteor, kok bisa yaa ?, soalnya inti komet bergerak ngelintasin matahari dengan cepat. Fenomena tersebut diikuti dengan serpihan batu yang didominasi oleh partikel kecil yang ukurannya kecil banget kayak pasir. 

    Serpihan kecil seukuran pasir itulah yang jadi kebakar pas ngelewatin bagian atmosfer bumi. Serpihan pasir yang terbakar itu tuh yang kemudian nimbulin cahaya yang keliatan kayak hujan jika diamati dari dataran bumi.

    Sementara itu, penyebab dari terjadinya suatu meteor dalam jumlah besar seperti hujan disebabin karena beberapa faktor. 

    1. Pertemuan orbit komet dan orbit bumi

    Proses ketemuan antara orbit komet dan orbit bumi ini kerap kali diakibatkan sama bentuk kedua lintasan orbitnya yang sama-sama elips, sehingga pas suatu waktu akan ketemu dalam satu titik lintasan yang sama. 

    1. Melewati bagian dalam tata surya

    Ketika sebuah komet lewat bagian dalam tata surya, maka cahaya dan energi panas dari matahari bakal nyebabin terjadinya lontaran yang berupa gas dan juga debu. 

    1. Melintas di dekat bumi

    Komet yang lewat di dekat bumi bakal nyebabin timbulnya suatu energi dan ngasilin suatu tekanan. Nggak cuman itu, jadi komet yang sedang melintas juga membuat jumlah meteor yang masuk ke bumi semakin banyak. 

    Wah gokil kan ini tentang gimana sih proses terjadinya meteor, sekarang kalian udah pada paham kan apa itu meteor. Mungkin ketika hujan meteor selama ini masih terlihat indah dilangit yang masih bisa kita nikmati. Okee guys sampai sini dulu yaa semoga informasi iniĀ  bermanfaat bagi kalian, jangan lupa belajar dan jangan lupa ibadah yaa, penting loo. See you ! byebye!.