pengertian dan contoh matriks

    Haii guys apa kabar kalian hari ini ? moga sehat-sehat yaa. Jadi kali ini kita bakal bahas sesuatu yang berhubungan dengan bilangan angka nih, apaa yaa kira-kira?. Dah lah kita langsung aja dan ini dia matriks, cekidot !.

    Pengertian Matriks

    Ngomong-ngomong udah pada tau belom nih apa itu matrik ? nah kalo belom pada tau jadi matriks itu suatu susunan dari sederet kelompok bilangan dalam suatu jajaran yang bentuknya persegi panjang, namun diatur berdasarkan kolom yang udah ditaroh tepat berada di antara 2 tanda kurung. Tanda kurung itu fungsinya buat ngapit susunan dari beberapa anggota matriks yang bisa berupa tanda kurung biasa, kalo nggak gitu yang bentuknya kurung siku. 

    Bilangan yang ada di suatu matriks dinamain sebagai elemen atau juga bisa dinamain sebagai unsur matriks. Sedangkan kumpulan dari beberapa elemen ataupun unsur yang disusun secara horizontal tuh biasanya disebut sebagai baris. Lanjut nih yaa, kalo kumpulan dari beberapa elemen yang susunannya berbentuk vertikal tuh biasanya disebut sebagai kolom. 

    Ada juga nih matriks yang punya m baris dan n kolom bisa disebut sebagai matriks m x n dan dapat bilang punya orde m x n

    Jenis Matriks

    Ternyata yaa matrik tuh punya beberapa jenis yang bisa kita kenali dari ciri serta bedanya tuh apa aja, ini nih jenisnya :

    1. Matriks Persegi

    Matrik yang pertama itu matriks persegi dimana jenis matriks yang terdiri dari banyak baris dan banyak jumlah kolom yang sama. Umumnya sih, matriks jenis persegi ini memiliki ordo n x n. 

    1. Matriks Kolom

    Matriks kolom adalah jenis matriks yang cuma punya satu kolom aja. Matriks kolom ini diketahui punya ordo m x 1.

    1. Matriks Baris

    Matriks Baris adalah jenis matriks yang bisa kita dikenali dengan gampang soalnya punya ciri satu baris saja dengan ordo 1 x n. 

    1. Matriks Transpose

    Matriks Transpose adalah jenis matriks yang dapat dinotasikan dengan A’ dengan ordo n x m. Adapun barisnya merupakan sekumpulan kolom matriks Am x n. 

    1. Matriks Diagonal

    Matriks diagonal tuh kayak jenis matriks yang pada dasarnya berasal dari jenis matriks persegi, nah kalo matriks persegi itu dapat dikatakan sebagai matriks diagonal apabila elemen-elemen unsur selain elemen diagonalnya adalah nol. 

    1. Matriks Segitiga Atas dan Segitiga Bawah

    Matriks segitiga atas dan segitiga bawah pada dasarnya merupakan matriks persegi yang dapat dikonfirmasi sebagai matriks segitiga atas dan segitiga bawah, tapi syaratnya  apabila seluruh elemen dibawah diagonal utamanya bernilai nol. 

    1. Matriks Simetri

    Matriks simetri adalah matriks yang tiap elemennya posisinya tuh simetris sama diagonal utama dan bernilai sama. 

    1. Matriks Nol

    Matriks nol adalah matriks yang elemen-elemen matriksnya bernilai nol.

    1. Matriks Identitas

    Matriks identitas adalah matriks diagonal yang mana elemen pada diagonal utamanya bernilai 1 dan dinotasikan sebagai I. 

    Contoh Matriks

    Ini kita kasih contoh nih buat kalian biar paham, berikut adalah contoh salah satu jenis matriks, yakni jenis matriks baris yang diketahui punya ordo 1 x n.

    Matriks baris : A = [2 5 8]

    Gimana cukup mudah buat dipahamin kan guys. Asalkan kalian terus belajar nih dibaca ulang-ulang sampai paham. Semoga informasi kali ini dapat membawa pengaruh baik buat kalian yaa guys, see you !