informasi seputar simak ui

    Siapa nih yang baru lulus SMA trus pingin lanjut kuliah? Kita ada nih info nih buat kalian yang pingin masuk ke UI, salah satu universitas paling populer Indo. Kalian bisa baca SIMAK UI dibawah ini, cekidot!

    Pengertian SIMAK UI

    Jadi kalo mau masuk Ui tuh harus menempuh yang namanya SIMAK UI, yaitu akronim dari Seleksi Masuk UI, dikenal sebagai ujian seleksi terpadu yang dilaksanain sama Universitas Indonesia bagi para calon mahasiswa-mahasiswi yang pingin daftar kuliah di Universitas Indonesia. Terdapat beberapa program pendidikan yang terbuka pada SIMAK UI. 

    Program Vokasi untuk jenjang D3 dan D4, program Sarjana Reguler, program Sarjana Kelas Paralel, program Sarjana Ekstensi bagi lulusan D3, program Profesi, program Spesialis, program Magister, hingga program Doktor yang bisa kalian pilih nih sesuai kemampuan dan minat. Sedangkan, khusus bagi SIMAK UI program pendidikan Kelas Internasional, pelaksanaannya dilakukan pada waktu yang berbeda dengan program SIMAK UI lainnya. 

    Cara Daftar SIMAK UI

    Berdasarkan informasi dari laman penerimaan.ui.ac.id, berikut ini adalah cara daftar buat ikut SIMAK UI:

    1. Membuat akun di laman situs penerimaan.ui.ac.id dengan cara ngeklik link “Buat Account” di sudut kanan atas dan ngisi formulir.
    2. Mengunggah foto berwarna dengan ukuran 4×6 cm yang wajib dilakuin sebelum mulai proses pendaftaran. 
    3. Membuat pendaftaran, setelah melakukan proses login dengan pake username dan password, klik menu “Buat Pendaftaran” untuk mulai proses pendaftaran. 
    4. Melakukan verifikasi pendaftaran untuk pengecekan dan mastiin bahwa isian data formulir beserta program studi yang dipilih telah terisi dengan benar, selain itu juga untuk ngeliat biaya pendidikan untuk program studi yang kalian pilih.
    5. Meng-upload berkas persyaratan pendaftaran, khususnya buat para pendaftar di program pascasarjana S2 dan S3, program Profesi, program Spesialis, program S1 Ekstensi serta pendaftar program S1 Kelas Internasional. 
    6. Membayar biaya pendaftaran.

    Biaya pendaftaran cuma bisa dibayarin ketika pendaftar telah nuntasin semua rangkaian tahapan pendaftaran. Formulir pendaftaran dan pilihan program studi nggak bisa diubah lagi setelah membayarkan biaya pendaftaran. 

    1. Mendownload kartu ujian masuk, kartu ujian masuk harus didownload dan wajib dibawa saat mengikuti ujian seleksi masuk.
    2. Mengikuti ujian seleksi masuk sesuai waktu dan tempat yang telah ditentuin.
    3. Setelah mengikuti dan menyelesaikan ujian seleksi masuk, hasil seleksi dapat diketahui pada tanggal pengumuman. 

    Syarat Pendaftaran SIMAK UI

    Kalo tadi cara daftarnya udah, nah sekarang kita bahas soal syaratnya, mengingat persyaratan pendaftaran tiap periode bisa berubah sesuai dengan kebutuhan prodi, maka persyaratan pendaftaran dapat dilihat di https://penerimaan.ui.ac.id hanya pada masa pendaftaran.

    Namun, berikut ini akan dicontohkan sebuah persyaratan pendaftaran SIMAK UI untuk salah satu program pendidikan yang bisa ditempuh para peserta. 

    Program Pendidikan Dokter S1 Reguler

    1. Lulusan SMA IPA yang punya usia ijazah tidak lebih dari 3 tahun saat mendaftar. Pendaftaran 2021 untuk lulusan tahun 2021, 2020, 2019.
    2. Tidak buta warna.
    3. Sehat jasmani dan mental.
    4. Bebas narkoba.
    5. Mengikuti UTBK 2021.

    Nah itu dia guys info soal penerimaan mahasiswa UI atau biasanya disebut SIMAK UI. Jadi kalian bisa nyiapin jauh-jauh hari persyaratan yang dibutuhin. Semoga informasi ini bermanfaat buat kalian yaa. see you!