Selain jurusan Pendidikan Dokter, Farmasi, Analis Kesehatan, dan Kebidanan, ada satu lagi program studi yang berhubungan dengan dunia kesehatan nih, yaitu jurusan Kesehatan Masyarakat. Kamu mungkin udah nggak asing lagi dengan jurusan yang satu ini, ya. Yap! Jurusan Kesehatan Masyarakat memang menjadi salah satu jurusan yang banyak diminati bagi calon mahasiswa yang tertarik untuk bekerja di bidang kesehatan. 
     
    Nah, di artikel kali ini, kita akan membahas secara singkat mengenai jurusan Kesehatan Masyarakat, hal-hal apa aja yang dipelajari di sana, serta seperti apa prospek kerja bagi para lulusannya.Penasaran? Langsung aja kita simak sama-sama! 

     

    Apa Itu Jurusan Kesehatan Masyarakat?

    Jurusan Kesehatan Masyarakat merupakan program studi yang mempelajari tentang pencegahan dan pengobatan penyakit, peningkatan taraf hidup, serta kualitas kesehatan masyarakat dengan melakukan usaha-usaha pengorganisasian medis dan perawatan masyarakat. Jadi, di jurusan ini kamu nggak hanya belajar ilmu-ilmu kesehatan aja, tapi juga ilmu sosial. Wah, seru banget nggak, sih?

    Mata Kuliah yang Dipelajari di Jurusan Kesehatan Masyarakat

    Di jurusan ini, kamu akan belajar tentang jenis-jenis penyakit, pola penyebarannya, serta cara pencegahannya. Selain itu, kamu juga akan belajar cara mengidentifikasi masalah kesehatan masyarakat, melakukan pemecahan masalah, sampai melakukan penyuluhan kesehatan.
     
    Beberapa mata kuliah yang umum dipelajari di jurusan Kesehatan Masyarakat:

    1. Epidemiologi

    2. Farmakologi

    3. Ilmu Kependudukan

    4. Dasar-dasar Kesehatan Lingkungan

    5. Psikologi Kesehatan

    6. Surveilans Kesehatan Masyarakat

    7. Manajemen Kesehatan Makanan dan Minuman

    8. Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku (PKIP)

    9. Keselamatan dan Kesehatan Kerja

    10. Pemberdayaan Masyarakat

     
    Nah, selain dibekali dengan berbagai macam teori, kamu juga akan diberi kesempatan untuk terjun ke lapang melalui program Praktek Kerja Lapang (PKL). Jadi, kamu nggak cuma jago di teori aja, nih. 

    Prospek Kerja Jurusan Kesehatan Masyarakat

    Prospek kerja para lulusan Kesehatan Masyarakat tentunya cukup luas dan bagus, nih. Kamu nggak cuma bisa bekerja di rumah sakit atau klinik aja, tapi bisa juga di instansi pemerintahan, lembaga kesehatan, hingga di suatu perusahaan.

     
     
    Berikut ini beberapa pilihan karir yang bisa kamu tekuni sebagai lulusan Kesehatan Masyarakat:
     

    1. Penyuluh kesehatan masyarakat

    2. Administrator layanan kesehatan masyarakat 

    3. Staf keselamatan dan kesehatan kerja

    4. Bagian pengendalian mutu produk dan kesehatan 

    5. Ahli epidemiologi

    6. Ahli biostatistik

    Tuh kan banyak banget! Tentunya, masih banyak pilihan karir yang bisa kamu ambil ketika lulus kuliah nanti. So, semakin mantap untuk masuk ke jurusan yang satu ini? Karena jurusan ini termasuk jurusan favorit, jadi kamu harus persiapkan diri sebaik mungkin agar bisa bersaing di seleksi masuk perguruan tinggi nantinya, ya. Fighting! 
     
     
    Nah, itu tadi sedikit penjelasan tentang Jurusan Kedokteran Gigi . Persiapkan belajar kamu dari sekarang untuk masuk di jurusan ini ya. 
     
    Untuk menunjang kegiatan belajar kamu, langganan Ruangguru untuk persiapan SBMTPN dan UTBK yuk. Ada diskon menarik loh dari Ruangguru dengan pakai kode diskon ELIYANAUGIJJ.