jurusan agroteknologi

Jurusan Agroteknologi: Informasi Kuliah dan Prospek Kerjanya

Pernah mendengar jurusan Agroteknologi? Mungkin, banyak di antara kamu yang belum mengenal jurusan ini, ya. Tapi, tahu nggak, sih, jurusan Agroteknologi merupakan salah satu jurusan yang prospek kerjanya cukup menjanjikan, loh! Hmm, emangnya, jurusan Agroteknologi itu apa, sih? Yuk, kita simak penjelasannya berikut ini.

Apa Itu Agroteknologi?

Agroteknologi berasal dari dua kata, yaitu “agro” dan “teknologi”. Agro diambil dari kata agronomi, yaitu ilmu yang mempelajari gejala (fenomena) yang berhubungan dengan pertanian. Sementara itu, teknologi berkaitan dengan sains dan perekayasaan. Jadi, Agroteknologi dapat disimpulkan sebagai ilmu yang mempelajari tentang penguasaan teknologi di bidang pertanian. 

Mata Kuliah yang Dipelajari di Jurusan Agroteknologi

Di jurusan ini, kamu akan banyak belajar tentang penerapan teknologi dalam budidaya tanaman dan pertanian. Baik itu penerapan teknologi dalam pengelolaan tanaman, lahan, hama, sampai lingkungan ekosistemnya. Selain itu, kamu juga akan belajar mengenai berbagai permasalahan di bidang pertanian, pembenihan, dan perkebunan.
 
Beberapa mata kuliah yang umum dipelajari di jurusan Agroteknologi:

1. Pengantar Ilmu Pertanian

2. Dasar Ilmu Tanaman

3. Kesuburan Tanah dan Nutrisi Tanaman

4. Pengendalian Hama dan Penyakit

5. Kesuburan Tanah dan Nutrisi Tanaman

6. Teknologi Pembenihan

7. Bioteknologi Pertanian

8. Teknologi Produksi Pertanian

9. Teknologi Pasca Panen

10. Sistem Pertanian Berkelanjutan

Nah, mahasiswa jurusan Agroteknologi diharapkan mampu membantu sektor pertanian dengan menghasilkan produk-produk pangan yang unggul.

Prospek Kerja Jurusan Agroteknologi

Kamu tahu nggak kalau industri pangan merupakan sektor yang menjadi prioritas Indonesia saat ini dan puluhan tahun mendatang? Hal ini disebabkan karena pertumbuhan penduduk yang semakin meningkat serta banyaknya lahan pertanian yang dialihfungsikan menjadi pabrik, area pemukiman, dan lain sebagainya. Oleh sebab itu, dibutuhkan SDM berkualitas yang dapat membantu mengatasi permasalahan ini. Nah, salah satunya adalah para lulusan Agroteknologi. 
 
Beberapa pilihan karir yang bisa kamu tekuni sebagai lulusan Agroteknologi:
 

1. Ahli Bioteknologi

2. Peneliti Tanah dan Tumbuhan

3. Konsultan Profesional di Bidang Pertanian/Perkebunan

4. Bekerja di Kementerian Pertanian

5. Fasilitator Pemberdaya Masyarakat (LSM) dalam bidang agribisnis

6. Wirausaha

So, gimana nih setelah tahu tentang jurusan Agroteknologi, hal-hal yang dipelajari, sampai prospek kerjanya? Apa kamu jadi tertarik untuk masuk ke jurusan ini dan berniat untuk membangun industri pangan yang lebih baik lagi? Kalau iya, yuk, belajar yang giat agar bisa tembus di seleksi masuk perguruan tinggi nantinya, ya! 
 
 
Nah, itu tadi sedikit penjelasan tentang Jurusan Agroteknologi. Persiapkan belajar kamu dari sekarang untuk masuk di jurusan ini ya. 
 
Untuk menunjang kegiatan belajar kamu, langganan Ruangguru untuk persiapan SBMTPN dan UTBK yuk. Ada diskon menarik loh dari Ruangguru dengan pakai kode diskon ELIYANAUGIJJ.
 
 

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *