Gaji Terapis Anak Berkebutuhan Khusus

    MATAOKER –  Berapakah Gaji Terapis Anak Berkebutuhan Khusus? Kamu bisa mengetahuinya melalui bahasan dalam artikel ini. Bila memang kamu pernah bertanya-tanya mengenai seberapa besar gaji dari seseorang yang berprofesi sebagai terapus anak berkebutuhan khusus.

    Membahas perihal anak berkebutuhan khusus memang memerlukan proses terapi yang tepat, agar bagaimana anak berkebutuhan khusus bisa berkembang seperti anak pada umumnya. Maka, peran seorang terapis menjadi sangatlah krusial, agar para terapis bisa memberikan penanganan yang sesuai.

    Masalah anak berkebutuhan khusus memanglah tidak selalu sama dan berbeda-beda bila menilik dari karakteristik masing-masing anak. Maka, ada banyak sekali jenis terapi anak berkebutuhan khusus yang bisa dilakukan untuk memberikan penanganan yang tepat.

    Berapakah Gaji Terapis Anak Berkebutuhan Khusus?

    Besarnya peranan seseorang yang menjalani profesi ini, membuat besaran Gaji profesi terapis menjadi terbilang lumayan besar. Mengingat, tugas seorang terapis yang harus bisa mengidentifikasi sekaligus memberikan penanganan yang tepat.

    Secara umum, memang tidak ada patokan yang pasti mengenai besaran gaji seorang terapis anak berkebutuhan khusus. Namun, setidaknya, seorang terapis anak berkebutuhan khusus bisa memperoleh gaji yang berkisar antara 5 juta hingga 15 juta dalam setiap bulannya.

    Bahkan, seorang terapis anak berkebutuhan khusus masih bisa menerima penghasilan yang jauh lebih besar ketimbang nilai yang sudah tersebutkan sebelumnya. Pada dasarnya, seberapa besaran gaji seorang terapis anak berkebutuhan khusus bergantung pada seberapa banyak pengalamannya. Serta, berapa banyak anak berkebutuhan khusus yang sedang dalam penanganannya, dan juga kompetensi kerjanya.

    Jenis Terapi Anak Berkebutuhan Khusus

    Anak berkebutuhan khusus adalah anak yang mengalami keterbatasan atau keluarbiasaan, baik fisik, mental-intelektual, sosial, maupun emosional, yang berpengaruh secara signifikan dalam proses pertumbuhan atau perkembangannya dibandingkan dengan anak-anak lain yang seusia dengannya.

    Menurut Handojo (2002) terapis anak berkebutuhan khusus adalah seseorang yang bertugas memberikan terapi dan menangani anak berkebutuhan khusus dengan berbagai tingkat kesulitan yang dimiliki oleh anak untuk mempercepat proses perkembangannya.

    Gaji Terapis Anak Berkebutuhan Khusus
    sumber gambar : unsplash.com

    Berikut ini adalah beberapa jenis terapi pada anak berkebutuhan khusus.

    Terapi Perhatian

    Terapi ini untuk menangani seorang anak yang kesulitan untuk fokus pada berbagai objek, situasi maupun orang yang berada dekat dengannya.

    Sensori Integrasi

    Memberikan penanganan pada anak yang bermasalah pada aspek sentuhan, keseimbangan dan juga posisi gerak tubuh.

    Terapi Okupasi

    Melatih aspek motorik halus pada seorang anak yang berkebutuhan khusus.

    Terapi Wicara

    Menangani seorang anak yang memiliki masalah kesulitan untuk berkomunikasi.

    Terapi Kognitif

    Jenis penanganan yang bekerja untuk melatih anak yang kesulitan dalam menyampaikan perasannnya.

    Terapi Fisik

    Bekerja menangani anak yang bermasalah pada fisik dan gerakan anggota tubunya.

     

    sumber referensi : https://www.laluahmad.com/2021/08/gaji-terapis-anak-berkebutuhan-khusus.html