cara bikin pesawat kertas

    Hai gaes, lo masih inget nggak sih cara bikin pesawat kertas? Pastinya, semasa kecil lo pasti pernah kan maenin pesawat terbang dari kertas? Masa-masa saat itu, kayaknya asyik banget ya kalo diinget-inget lagi. 

    Sekarang gue mau nanya nih, lo masih pada inget nggak, cara bikin pesawat terbang dari kertas? Se-keren apa sih pesawat kertas mainan buatan lo? Apa jangan-jangan cuma “begitu doang” bentuknya, seperti yang gue dan orang-orang bayangin? Hehehe.

    Trus kalo semisal adik lo atau keponakan lo minta dibikinin pesawat terbang dari kertas, apa lo mau bikin dengan model yang sama seperti waktu lo bikin pas masih kecil? Lah, gimana kalo ternyata adik lo ngga puas sama model pesawat kertas yang lo bikin? 

    Wah, kalo gitu, kebetulan banget gaes lo baca artikel gue, disini gue mau share beberapa cara bikin pesawat kertas dengan model yang keren. 

    1. Pesawat Jet Kertas
    • Pertama, lo perlu sebuah kertas berukuran 8,5 x 11 cm, trus lo buat lipatan pada bagian tengahnya dari sisi panjangnya. Trus lo lipat sampe sisi bagian panjang antara kanan dan kirinya berdempetan dan saling bersentuhan. 
    • Trus, lipat sudut bagian atasnya ketengah, kalo udah, lo buka lagi lipatan kertasnya trus lipat lagi kedua sudut bagian atas kertasnya kedalam sampe ketemu di lipatan tengahnya. 
    • Trus, lipat lagi titik lipatannya itu kebawah, artinya, lipat lagi titik yang udah lo buat sebelumnya ke bagian cekungan lipatan sampe sisi kertas lipatannya masuk ke dalam lipatan yang sedang lo buat. Kalo bentuknya udah kayak Amplop, artinya, lipatan lo udah bener. 
    • Lipat lagi sudut atas yang lo buat ke tengah sampe ke bagian 2/3 cekungan lipatan kertas ke sebalah sisinya. 
    • Lipat lagi titik pertemuan sampe tertutup sampe posisi sayap pesawat jet kertas lo di cekungan lipatan kertas jadi terlihat jelas. 
    • Lipat lagi kertas sama panjangnya di lipatan bagian tengah yang udah lo bikin sampe tampak wujud pesawat jet. 
    • Lipat kedua sisi kertas ke bawah lipatan tengah sampe sisi panjang pesawat jadi seimbang. Kalo sudah, pesawat jet kertas lo udah siap terbang. 
    1. Pesawat Bullnose
    • Cara bikin pesawat kertas dengan akselerasi lincah gini tuh pertama, lipat sudut kanan kertas ke sisi kiri, sebaliknya lipat juga sudut kiri kertas ke sebelah kanan. 
    • Buka lipatan kertas ulangi lagi pola tersebut dari sisi kiri
    • Buka lagi lipatan kertas dan lipat bagian sudut kanannya agar memenuhi lipatan yang sudah dibuat sejak lipatan pertama
    • Lipat lagi bagian sudut kiri kertas ke atas untuk memenuhi dan mengulangi dari lipatan kedua
    • Lalu, lipat lagi bagian tepi kanan atas sampe memenuhi tepi lipatan pada langkah yang ketiga. Ulangi juga pola lipatan ini pada sisi yang lain. 
    • Lipat juga bagian tepi kanan atas kedalam agar bertemu dengan titik yang mempertemukan lipatan kanan dan lipatan kiri yang saling bersilangan. 
    • Lipat lagi baigian pesawat bullnose menjadi dua bagian ke posisi luar, lalu dari titik hidung pesawat, lipat lagi tepi sayapnya kebawah dengan posisi miring sekitar ½” kedepan dan 2” kebelakang. 
    • Pesawat bullnosemu siap meluncur lincah di udara 

    Jadi, begitulah gaes cara bikin pesawat kertas dengan bentuk yang keren, semoga bisa bermanfaat buat lo semua.