teleskop

    Yuhuu apa kabar guys? Semoga sehat semua yaa. Ada yang pingin ngga nih bisa pergi kebulan? tapi kayaknya nggak sembarang orang yaa guys bisa kebulan. Mending kita liat bulan yaa kan, tapi pake apa yaa? Ada tuh alat namanya teleskop buat ngeliat objek luar angkasa. Wah keren yaa serasa jadi astronot nih kalo gini. Kuy lah kita bahas seputar teleskop!

    Pengertian Teleskop

    Teleskop itu adalah suatu benda yang fungsinya buat alat bantu penglihatan (optik) untuk ngamatin berbagai benda yang letaknya jauh. Berbagai objek yang ada di atas langit seperti bintang, alien, ufo, dan sederet objek di angkasa merupakan objek yang bisa dilihat dengan bantuan alat optik yang namanya teleskop. 

    Sebuah teleskop mampu digunakan buat nagamatin keberadaan benda yang letaknya jauh di atas langit karena teleskop mampu memperkuat cahaya dan mampu gedein bayangan. 

    Fungsi Teleskop

    Teleskop tuh merupakan alat optik yang sangat penting dalam bidang Astronomi buat ngelakuin pengamatan terhadap berbagai benda asing yang letaknya jauh di atas langit. Nggak cuman itu, teleskop memiliki banyak fungsi lainnya, berikut ini ulasan selengkapnya: 

    1. Memperbesar ukuran bayangan suatu benda, sehingga benda tersebut masih tetap bisa keliatan meskipun jaraknya jauh banget. 
    2. Memperkuat daya tangkapnya terhadap cahaya, sehingga bayangan suatu benda yang diamati semakin jelas, jadi nggak ngeblur gitu kalo dizoom.
    3. Memperjelas bentuk gambar pada suatu objek yang diamati dari jarak jauh, sehingga mampu diamati dan dilihat melalui mata lewat lensa yang kita liat.
    4. Teleskop mampu ngebuat berbagai benda yang sebenarnya memiliki letak yang jauh banget dari bumi jadi tampak sangat dekat sedekat kamu dan dia untuk diamati.

    Bagian Teleskop

    1. Lensa dan Cermin

    Fungsi dari lensa dan cermin, yakni sama-sama gunanya buat ngefokusin pantulan dan bias cahaya ke tempat yang sesuai agar dapat diamati melalui mata. 

    1. Lensa Mata Manusia

    Berfungsi dalam ngeliat objek yang butuh tingkat ketelitian yang sangat tinggi.

    1. Lensa Balrow

    Lensa tambahan yang letaknya berada di antara fokuser dan lensa mata. 

    1. Mount 

    Berfungsi agar posisi teleskop nggak mudah bergeser posisi. 

    1. Pencari 

    Berfungsi untuk mencari objek astronomi di luar angkasa. 

    1. Primer Mirror Cell

    Berfungsi buat megang cermin utama sekalian nyesuain posisi cermin.

    1. Tripod 

    Penahan dari titik pijak teleskop saat digunakan.

    1. Tabung Teleskop

    Tabung hampa yang membentuk bagian dari suatu teleskop. 

    1. Eyepieces 

    Berfungsi gedein objek yang lagi diamati.

    1. Focuser 

    Berfungsi untuk gerakin tabung internal agar bisa nyampek ke titik fokus. 

    1. Findescope 

    Berfungsi untuk gedein kolom foto dan pemusatan saat neropong bintang.

    Cara Kerja Teleskop

    Adapun teleskop memiliki cara dalam ngebantu mata manusia bekerja, yakni dengan ngumpulin cahaya, sehingga sebuah objek yang pingin diamatin tuh jadi keliatan lebih bersinar terang dan terlihat sangat jelas. Maka, semakin besar diameter teleskopnya, akan semakin banyak pula cahaya bintang yang dapat dikumpulin buat mengamati berbagai macam benda langit, yang pasti bukan benda rumah tangga yaa. 

    Gimana tuh guys penjelasan di atas udah jelas dong yaa. Mulai aja dulu ngamatin dari jauh kayak ngamatin pergerakannya, siapa tau bisa jadian yaa kan, jadi astronot gitu maksutnya. Kalo beli sih mahal ini guys, di beberapa tempat wisata edukasi luar angkasa mungkin ada yang menyediakan teleskop guys jadi bisa kalian liat sendiri yaa. Semoga bermanfaat yaa buat kalian, sampai jumpa lagi!