Rumus Volume Kubus

Baca Disini, Cara Mudah Memahami Rumus Volume Kubus

MATAOKER – Kamu sedang mencari cara untuk mahami rumus volume kubus, lalu kamu membaca artikel ini. Kamu sedang melakukan hal yang benar, karena artikel ini akan membahas bagaimana cara memahami rumus volume kubus.

Rumus volume kubus menjadi hal yang penting untuk dibahas, karena sebagian besar orang sudah melupakannya. Kamu bahkan sudah mempelajari rumus volume kubus saat di sekolah dasar, dan itu sudah sangat lama sekali.

Kubus merupakan bangun ruang 3 dimensi dengan batas 6 bidang sisi kongruen yang berbentuk bujur sangkar. Sehingga, kubus memiliki 6 sisi, 12 rusuk, dan 8 titik sudut. Kubus juga sering disebut bidang 6 beraturan, sekaligus bentuk khusus dari bangun prisma segi empat.

Kamu bisa menyimak pembahasan berikut ini untuk mengetahui bagaiamana memahami rumus volume balok.

Rusuk Kubus Dipangkatkan Tiga

Soal yang memintamu untuk mencari volume kubus biasanya akan memberikan panjang dari rusuknya. Itu sangat penting agar kamu bisa mengerjakan soal tentang mencari volume kubus dengan benar.

Kamu bisa mencarinya, dengan cara menghitungnya dilakukan menggunakan rumus volume balok. Bagaimana bisa? karena, kubus merupakan balok khusus dengan ukuran panjang, lebar dan tinggi yang sama.

Rumus volume balok adalah p x l x t, rumus itu bisa disamakan menjadi s x s x s untuk menghitung volume kubus. Artinya, rumus untuk mencari volume kubus = s3.

Rumus Volume Kubus
sumber gambar ; unsplash.com

Mencari Volume dari Luas Permukaan Kubus

Luas permukaan kubus digunakan untuk mencari dan menghitung volume balok. Luas dari permukaan kubus dihitung dengan menggunakan rumus 6s2 . Kamu akan menggunakan rumus itu sebagai dasar untuk mencarinya dengan melalui luas permukaannya.

Contohnya, bila sebuah kubus memiliki luas permukaan sebesar 50 cm2 maka harus dibagi dengan 6 sisi kubus. Artinya, 50/6 dan akan menghasililkan jawaban 8,33 cm2. Setelah kamu mengetahuinya, langkah berikutnya yakni mengakarkan hasil dari penghitungan 8,33 cm2 dan menghasilkan jawaban 2,89 cm.

Kamu sudah menghasilkan jawaban 2,89 cm, langkah berikutnya yang harus dilakukan adalah mempangkatkan 3. Maka, 2,89 x 2,89 x 2,89 = 24,14 cm kubik.

Mencari Volume dari Diagonal Kubus

Mencari volume kubus bisa dilakukan dengan menggunakan diagonal kubus. Diagonal dari sebuah persegi adalah √2 × panjang sisinya. Jika kamu hanya mendapatkan diagonal dari salah satu sisi kubus, volume balok masih bisa ditemukan dengan cara membagi diagonal dengan √2.

Jika salah satu sisi kubus memiliki diagonal sebesar 7cm, kamu bisa menghitungnya dengan cara 7/√2 = 4,96 cm/. Bila kamu sudah mengetahui panjang sisinya 4,963 sama dengan 122,36 cm3.  Kamu harus mengingat bahwa d2 = 2s2 dimana d adalah panjang diagonal salah satu sisi kubus, dan s adalah panjang rusuk kubus.

Begitulah cara yang bisa dilakukan agar kamu bisa memahami bagaimana cara kerja rumus volume kubus. Semoga bisa bermanfaat dan proses belajarmu bisa semakin mudah.

Related Posts