contoh kalimat pembuka ceramah

    Lo lagi nyari contoh kalimat pembuka ceramah? Kebetulan banget kalo lo lagi baca artikel ini. Kebetulan nih, gue lagi mau kasih lihat contoh beberapa contoh kalimat pembuka ceramah buat lo semua. 

    Ngomongin soal ceramah nih, ada banyak sekali teknik dan cara penyampaian yang bisa lo pelajarin dimanapun. Ceramah membutuhkan beberapa persiapan yang harus dilakukan secara matang agar apa yang lo sampaikan bisa tersampaikan dengan jelas kepada para pendengar. 

    Ceramah bisa menjadi semacam keterampilan yang bisa lo asah menjadi sebuah kegiatan yang bermanfaat buat lo dan juga orang lain. Lo bisa menggunakan keterampilan lo dalam berbicara didepan publik saat seminar, atau juga dalam lingkungan pekerjaan saat lo dalam bentuk presentasi. Selain itu, ceramah juga bisa lo praktekin dalam bidang agama, semisal lo menjadi Khotib di Masjid. 

    Pelajaran tentang ceramah biasanya diajarkan saat lo lagi kelas XI SMA di pelajaran Bahasa Indonesia. Jadi, gue disini mau kasih tau dulu defiisi dari ceramah sebelum kasih contoh beberapa kalimat pembuka dalam ceramah. 

    Ceramah adalah sebuah pidato yang isinya menyampaikan atau juga menyiarkan ajaran-ajaran Agama beserta seruan kebaikannya dihadapan orang-orang yang mendengarkan. Maka, orang yang menyampaikan ajaran-ajaran Agama dan menyerukan ajakan-ajakan kebaikan disebut sebagai penceramah. 

    Nah, struktur dalam ceramah yang pertama adalah pendahuluan, yang berisi seputar salam pembuka dan bagian pengantar dari materi yang akan disampaikan dalam ceramah. Selengkapnya lo simak beberapa contoh kalimat pembuka ceramah yang udah gue kutip dari website https://artikel.rumah123.com berikut ini ; 

    1. Assalamu’alaikum Warahmatullahhi Wabarakatuh.

    Puji beserta syukur marilah kita panjatkan kepada Allah SWT yang telah memberikan beribu-ribu nikmat.Tidak lupa solawat dan salam tercurahkan kepada Nabi Muhammad SAW, keluarganya, beserta sahabat. Semoga kita semua mendapatkan syafaatnya, dan mendapat petunjuk hingga hari kiamat nanti.

    1. Assalamu’alaikum, Warahmatullahhi Wabarakatuh.

    Bismillahirrahmanirrahim. Kaum muslimin muslimat Rahimakumullah, marilah kita tidak henti-hentinya memanjatkat puji syukur kepada Allah. Karena dengan nikmat-Nya, Allah masih memberikan kita kesempatan untuk hadir dalam acara mulia ini.

    Semoga dalam acara mulia ini, kita semua mendapatkan rahmat dan ampunan Allah SWT.

    1. Assalamu’alaikum Warahmatullahhi Wabarakatuh.

    Segala puji hanya milik Allahhu Rabbi.

    Segala zat yang Maha Ghafur, zat yang Maha Syukur yang telah memberikan beribu-ribu nikmat yang tidak terukur.

    Nikmat iman, nikmat islam, sampai nikmat sehat wal afiat sehingga kita bisa berkumpul di tempat yang insyaallah diberkahi Allah SWT.

    Solawat serta salam semoga tercurah limpahkan kepada Nabi akhirul jaman, seorang Nabi yang lahirnya saja membuat goncang alam semesta, membuat heboh para malaikat Allah SWT, yang kalau bukan karenanya tidak akan Allah ciptakan alam semesta ini.

    Siapakah dia, tidak lain dan tidak bukan yaitu Nabi Muhammad SAW.

    Semoga keluarganya, sahabatnya dan kita selaku umatnya yang mengikuti sunnah-sunnahnya semoga mendapatkan syafaatnya.

    1. Assalamu’alaikum Warahmatullahhi Wabarakatuh.

    Alhamdulillah segala puji bagi Allah. Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang.

    Yang membalas doa hamba-hamba-Nya, apabila kita berdoa dan mengingat-Nya.

    Pertama-tama marilah kita panjatkan puja dan puji kehadiran Allah SWT yang mana telah mempertemukan kita di sini dengan keadaan sehat wal afiat.

    Sholawat serta salam tak lupa mari kita junjung tinggi kepada Baginda Nabi Muhammad SAW bersama ahlul baitnya, juga kepada guru-guru kami, orang tua kami saudara kami, pemimpin-pemimpin kami, muslimin dan muslimat, yang terdahulu juga yang akan datang.
    oke gaes, jadi segitu dulu ulasan gue di artikel kali ini, mengenai contoh kalimat pembuka ceramah. Semoga bisa membantu lo dalam melatih keterampilan ceramah dikemudian hari. Terima kasih.