jurusan teknik informatika

Jurusan Teknik Informatika: Informasi Kuliah dan Prospek Kerjanya

Siapa di antara kamu yang tertarik untuk ambil jurusan teknik informatika di kuliah nanti? Entah itu karena kamu suka mata pelajaran komputer di sekolah, atau merasa lulusan teknik informatika memiliki prospek kerja yang menjanjikan di jaman serba teknologi sekarang ini.
 
Hmm, tapi, sebenarnya, apa sih teknik informatika itu? Apa benar kita cuma belajar tentang komputer aja? Emangnya, sebagus apa sih prospek kerja lulusan teknik informatika? Nah, tenang, semua pertanyaan kamu akan dijawab di artikel ini, nih. So, ayo kita simak bersama-sama! 

Apa Itu Teknik Informatika?

Teknik informatika merupakan jurusan di perguruan tinggi yang mempelajari serta menerapkan prinsip-prinsip ilmu komputer dan analisis matematis dalam hal perancangan, pengembangan, pengujian, sampai evaluasi sistem operasi, perangkat lunak (software), dan kinerja komputer. 
 

Yaaah… gampangnya, sih, di jurusan ini, kita akan mencari tahu cara sebuah sistem komputer bekerja hingga proses pembuatannya. Hmm, menarik, ya? Jadi semakin penasaran nih dengan mata kuliah yang dipelajari di jurusan ini. 
 

Mata Kuliah yang Dipelajari di Jurusan Teknik Informatika

Secara umum, di jurusan ini, kamu akan belajar tentang berbagai bahasa pemrograman, cara mengolah data pada komputer, hingga mengembangkan perangkat lunak (software) dan teknologi jaringan komputer. 
 
 Beberapa mata kuliah yang umum dipelajari di jurusan Teknik Informatika:
 

1. Algoritma dan Struktur Data

2. Sistem Informasi

3. Logika Informatika

4. Strategi Algoritma

5. Rekayasa Perangkat Lunak

6. Dasar-dasar Pemrograman

7. Sistem Komputer

8. Metode Pengembangan Software

9. Data mining

10. Artificial Intelligence

 
Nah, mahasiswa jurusan ini akan sangat ditempa kemampuan berpikir logikanya. Tujuannya ya supaya mereka bisa berpikir lebih terstruktur dan rapi. Soalnya kan, membuat sistem atau program itu prosesnya nggak bisa asal, harus urut. Dengan begitu, program yang kamu buat, baru bisa berjalan dengan baik. 

Prospek Kerja Jurusan Teknik Informatika 

Seperti yang udah kamu tahu, prospek kerja lulusan Teknik Informatika itu luas banget. Apalagi, saat ini perkembangan teknologi semakin pesat, semua serba digital. Tentunya, peran sarjana Teknik Informatika sangat diperlukan untuk mengembangkan sistem aplikasi yang semakin mempermudah kegiatan manusia. 
 
Berikut ini ada beberapa pilihan karir yang bisa kamu tekuni:

1. Programmer

2. Software Developer

3. Software Engineer

4. Database Engineer

5. Web Designer

6. IT Consultant

7. System Analyst

8. Data Scientist

9. Network Administrator

10. Network Support Engineer

Nah, sekarang kamu sudah tahu mengenai jurusan Teknik Informatika, mata kuliah yang umum dipelajari, serta prospek kerja lulusannya, kan. Bagi kamu yang ingin masuk jurusan ini, Teknik Informatika itu salah satu jurusan yang paling banyak diminati, lho. Jadi, saingannya pasti banyak. So, semangat belajar! 
 
Baca Juga: Jurusan Farmasi

 
Nah, itu tadi sedikit penjelasan tentang Jurusan Teknik Informatika . Persiapkan belajar kamu dari sekarang untuk masuk di jurusan ini ya. 
 

Belajar persiapan UTBK paling komplit cuma ada di Ruangguru. Pakai kode diskon ELIYANAUGIJJ untuk dapetin potongan harganya. Cara pakai kode diskon ada di video berikut atau hubungi admin buat langganan.

Hubungi Admin Sekarang

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *