visi misi universitas gunadarma
Dalam artikel ini akan dibahas tentang sejarah dan visi misi Universitas Gunadarma. Simak informasi selengkapnya di artikel berikut ini.

Sejarah Universitas Gunadarma sudah dimulai puluhan tahun lalu. Setelah melewati sejarah panjang, kampus yang satu sukses menjadi salah satu perguruan tinggi swasta terbaik di Indonesia. Dengan berbagai keunggulan yang diberikan, Universitas Gunadarma menjadi pilihan yang tepat bagi mahasiswa.

Sebelum bernama Universitas Gunadarma, kampus ini beberapa kali mengalami perubahan nama. Berdiri pada 7 Agustus 1981 di Jakarta, awalnya kampus ini bernama Program Pendidikan Ilmu Komputer (PPIK). Melalui asuhan Yayasan Pengembangan Sistem Analisis dan Operation Research Matematika, kampus itu berubah menjadi Akademi Sains dan Komputer Indonesia (ASKI).

Sejak saat itu, dimulailah suatu kegiatan yang dilakukan untuk membangkitkan standar baru di dalam dunia pendidikan. Kegiatan itu berbentuk pendidikan ilmu komputer dan matematika. Pendidikan komputer dan matematika itu kembali dimantapkan dalam wadah yang lebih tinggi yakni dari wadah akademik ke wadah yang berbentuk sekolah tinggi.

Pada 21 Juni 1984, nama Gunadarma dipilih sebagai nama dari sekolah tinggi tersebut. Pada 9 Juli 1984, Yayasan Pengembangan Sistem Analisis dan Operation Research Matematika diganti menjadi Yayasan Pendidikan Gunadarma. 

Baca Juga Artikel Lainnya

Sehari kemudian, pada 10 Juli 1984, melalui surat keputusan Yayasan Pendidikan Gunadarma, secara resmi nama Gunadarma dikukuhkan menjadi Sekolah Tinggi Komputer Gunadarma (STKG). 

Pada 5 Oktober 1985, melalui keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 0424/O/1985, sekolah tinggi ini dinyatakan berstatus terdaftar dengan nama baru Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Gunadarma. Bersamaan dengan  itu, STKG berubah menjadi STMIK Gunadarma.

Pada 13 Januari 1990, Gunadarma mendirikan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Gunadarma atau dikenal sebagai STIE Gunadarma. Pada tahun 1993, STMIK dan STIE membuka Program Magister dengan konsentrasi Manajemen Sistem Informasi untuk STMIK serta Magister Manajemen untuk STIE.

Sejalan dengan STMIK Gunadarma, status STIE Gunadarma juga mengalami kemajuan yang pesat. Dari status terdaftar, perguruan tinggi ini memperoleh status diakui dan kemudian status disamakan.

Melalui S.K. Dirjen DIKTI No.92/Kep/Dikti/1996 tertanggal 3 April 1996, STMIK dan STIE Gunadarma bergabung dan menjadi Universitas Gunadarma. Sampai saat ini, banyak orang mengenalnya sebagai Universitas Gunadarma atau juga biasa dikenal dengan sebutan UG (Universitas Gunadarma).

Pada milenium baru, Universitas Gunadarma membuka Program Doktor Ilmu Ekonomi berdasarkan ijin Dirjen Dikti Departemen Pendidikan Republik Indonesia No. 55/DIKTI/2000 yang diikuti dengan pembukaan Program Doktor Teknologi Informasi berdasarkan ijin Dirjen Dikti Departemen Pendidikan Republik Indonesia No. 3716/P/T/2002.

Visi Misi Universitas Gunadarma

Setelah mengetahui sejarah Universitas Gunadarma, ada baiknya kita juga mengetahui apa visi misi Universitas Gunadarma dalam menunjang pendidikan di Indonesia. Hal ini sangat bagus untuk diketahui calon mahasiswa baru di Gunadarma. Dengan mengetahui visi misinya, calon mahasiswa tahu apa tujuan Universitas Gunadarma dan bagaimana cara ia mewujudkan visi tersebut.

Visi Universitas Gunadarma

Pada tahun 2022, Universitas Gunadarma menjadi perguruan tinggi swasta bereputasi internasional berbasis keunggulan dalam kegiatan tridharma perguruan tinggi yang holistik dan integratif dalam rangka meningkatkan daya saing bangsa

Misi Universitas Gunadarma

  • Menyelenggarakan pendidikan tinggi berbasis teknologi informasi dan komunikasi dalam rangka menghasilkan SDM yang kompetitif dan berkarakter.
  • Menyelenggarakan kegiatan penelitian bertaraf nasional dan internasional yang mendorong pengembangan keilmuan dan perekonomian nasional.
  • Menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat sebagai pengejawantahan tanggung jawab sosial universitas dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
  • Menyelenggarakan kerjasama dengan pelbagai lembaga, baik di dalam maupun di luar negeri, dengan mengutamakan kepentingan nasional dan memperkuat jati diri bangsa.
  • Menerapkan tata kelola universitas yang baik dalam rangka meningkatkan daya adaptasi universitas terhadap dinamika lingkungan global.

1. Bereputasi internasional

Bereputasi internasional berarti menunjukkan bahwa kinerja UG berorientasi global yang mencakup kemitraan global dan publikasi internasional dalam kegiatan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat

2. Holistik

Holistik mencerminkan bahwa kegiatan tri dharma dapat mendorong terbentuknya pola pikir yang komprehensif dan luas sesuai dengan bidang keilmuan atau program studi di Universitas Gunadarma dengan menginternalisasi keunggulan dan kearifan lokal maupun nasional.

3. Integratif

Integratif menunjukkan bahwa visi UG  diraih melalui proses pendidikan yang terintegrasi melalui pendekatan antardisiplin dan multidisiplin.

4. Daya Saing Bangsa

Daya saing bangsa menunjukkan bahwa visi UG  harus mendukung daya saing nasional dan memperkuat jati diri bangsa sehingga mempunyai posisi  kunci dalam pergaulan internasional

Secara keseluruhan, visi misi Universitas Gunadarma dikatakan sangat baik terutama dalam mendukung pendidikan yang lebih maju. Didukung dengan sarana dan prasarana yang sangat lengkap, Universitas Gunadarma berusaha selalu memberikan yang terbaik untuk semua mahasiswa.

Dengan yang cukup panjang, kampus yang satu ini tentu sudah tak diragukan lagi kualitasnya. Berdiri sejak puluhan tahun lalu, Universitas Gunadarma memiliki berbagai keunggulan yang cocok menjadi pilihan calon mahasiswa baru.

Related Posts