Zat Padat: Pengertian, Sifat, dan Contoh

Hallo guys gimana kabar? Semoga sehat-sehat yaa. Kalian pernah denger nggak sih salah satu teori pembentukan bumi mengatakan bahwa bumi terbentuk dari gas. Jadi menurut teori kuiper ada sekumpulan gas panas yang kemudian menggumpal dan terbentuklah planet bumi. Kemudian terus berkembang sehingga di dalam bumi terdapat zat cair, zat padat dan zat gas yang menyempurnakan bentuk bumi. Nah kali ini kita akan belajar tentang zat padat, cekidot!

Zat padat adalah suatu benda yang punya karakteristik bentuk dan volume yang sifatnya tetap, serta mudah dibentuk. Namun umumnya sih, berbagai benda yang dibilang sebagai zat padat punya kemampuan buat nyerep energi panas. 

Pengertian Zat Padat 

Zat padat dalam pembahasan partikelnya, punya dua cara utama ketika berbagai partikel padatnya mampu tersusun secara rapi serta tersusun dalam bentuk yang nggak beraturan. Adapun zat padat yang bagian partikelnya tersusun dalam barisan yang rapi banget bisa disebut sebagai kristal. Sedangkan, zat padat yang pada bagian partikelnya nggak kesusun secara rapi alias berantakan dapat disebut sebagai amorf. 

Adapun contoh umum dari kristal adalah sebagian besar logam, intan, es, dan juga garam. Sedangkan zat padat amorf punya tekstur yang lebih nggilap atau lentur. Contoh dari zat padat amorf adalah lilin, kaca, dan plastik. Hal itu soalnya partikel-partikel di dalamnya tuh tersusun berdekatan dan menyatu, zat padat nggak bisa dimampatkan dengan mudah. 

Sementara itu, pada zat padat, partikel-partikel individunya justru nggak bergerak dengan cepat buat ngalahin gaya tarik-menarik antar partikel. Partikel-partikel itu kemudian bergetar, namun posisinya masih terikat rapat di tempatnya.

Sifat Zat Padat

Adapun partikel yang terkandung di dalam zat padat memiliki sifat sebagaimana berikut:

  1. Letaknya sangat berdekatan.
  2. Susunannya sangat teratur.
  3. Pola gerakannya cenderung sangat terbatas, yakni hanya bergetar dan berputar di tempatnya.
  4. Mempunyai volume yang tetap.
  5. Gak ngikutin bentuk wadah yang ditempatin.
  6. Mempunyai bentuk yang tetap.
  7. Susunan molekul atau partikelnya teratur dan juga berdekatan (rapat).

Contoh Zat Padat

  1. Batu

Batu merupakan material padat yang bisa kita temuin di sekitar pegunungan dan juga sungai serta disaku celana kalian kalau lagi pas kebelet. Sebagai zat padat, batu banyak digunakan sebagai materi utama dalam bahan bangunan suatu gedung ataupun perumahan biar lebih kokoh.

  1. Tanah

Tanah merupakan salah satu contoh benda padat yang berstatus sebagai kerak bumi bukan kerak telor dan punya banyak banget kandungan mineral dan juga bahan organik. 

  1. Besi

Besi adalah salah satu contoh benda padat yang merupakan salah satu unsur di dalam kerak bumi dan berguna sebagai bahan dasar pembuatan berbagai piranti kehidupan manusia. 

  1. Baja

Baja sebagai salah satu contoh benda padat merupakan logam besi yang sangat berguna sebagai bahan material bangunan, alat berat dan lain sebagainya. 

  1. Emas

Sebagai salah satu contoh benda padat yang berguna banget dan bernilai jual tinggi sebagai piranti perhiasan dan juga kecantikan biar bisa pamer pas arisan.

  1. Piring

Piring sebagai salah satu benda padat merupakan sebuah piranti sekaligus peralatan kehidupan manusia yang sangat umum digunakan. Piring berfungsi sebagai wadah utama saat manusia hendak melakukan kegiatan rutinitas makan. 

Itu dia penjelasan singkat tentang zat padat mulai dari pengertian, sifat dan contohnya guys. Ternyata zat padat punya manfaat banyak banget yang pastinya memudahkan kehidupan manusia. Hampir setiap hari kita pasti bersentuhan dengan zat padat untuk kegiatan apapun, mulai dari bangun tidur sampek tidur lagi. Sekian dulu guys belajar tentang zat padatnya, semoga bermanfaat yaa jangan lupa belajar!

Related Posts