manfaat yodium - mataoker

    Siapa nih diantara kalian yang suka asin-asin? Awas darah tinggi loo yaa hehehe. Memang rasa asin penting banget buat setiap makanan apalagi dengan lidah orang Indonesia. Umumnya setiap makanan tuh ditambahin garem biar asin. Tapi ada yang tau ngga nih di garem itu kandungannya apaa sih? Kalo kalian lihat bungkus garem tuh ada tulisannya mengandung yodium. Nah kali ini kita bakal belajar tentang yodium, simak baik-baik yaa!

    Pengertian Yodium

    Yodium tuh adalah salah satu unsur Kimia yang kalo kalian tau biasanya ada di tabel periodik pelajaran kimia, memiliki simbol I serta memiliki nomor atom yakni 53. Yodium diperluin banget sama semua makhluk hidup, karena termasuk ke dalam halogen yang punya tingkat reaktivitas paling rendah dan punya sifat elektropositif yang tinggi banget. 

    Yodium merupakan mineral yang sangat penting nih bagi tubuh manusia buat menuhin kebutuhannya akan Hormon Tiroid. Kalo manusia kurang bisa memenuhi asupan kebutuhan yodiumnya bakal bahaya banget nih guys, berbagai dampak negatifnya akan mengintai kondisi kesehatan manusia. 

    Manfaat Yodium

    Manfaat dari yodium bagi tubuh manusia sangatlah banyak sekali, selain untuk pemenuhan kebutuhan akan produksi Hormon Tiroid dalam tubuh, yodium juga sangat bermanfaat untuk mengendalikan sistem dan kondisi metabolisme dalam tubuh manusia. Selain itu, yodium juga berperan dalam menstabilkan kondisi detak jantung, menjaga stabilitas tekanan darah, dan juga yang tak kalah pentingnya yakni menjaga stabilitas suhu tubuh manusia. Lebih jauh lagi, yodium bermanfaat penting untuk mengatur besaran jumlah dari berbagai jenis makanan yang dikonsumsi manusia untuk dikonversi menjadi sumber energi. 

    Fungsi Yodium

    Fungsi Yodium akan dijelaskan sebagaimana berikut:

    1. Menjaga Sistem Reproduksi 

    Yodium punya fungsi buat ngejaga organ reproduksi biar terus matang dan tumbuh secara alamiah. Asupan yodium bisa nurunin resiko dari kemungkinan terkena komplikasi kehamilan serta menjaga bayi yang belum lahir dari kemungkinan neurologis. 

    1. Mengatur Hormon

    Fungsi yodium lainnya untuk ngatur seberapa banyaknya kelenjar tiroid dalam tubuh manusia. Sehingga, ngejaga biar hormon tetap terkendali dan ngejauhin dari situasi dimana hormon akan berfluktuasi. 

    1. Mencegah Kanker 

    Yodium berfungsi untuk ngebasmi berbagai sel kanker yang ada pada tubuh manusia. Yodium juga bisa nyegah berbagai resiko penyakit nih, kayak kanker payudara, kanker prostat, dan bahkan juga kanker lambung. 

    1. Mencegah Infeksi 

    Yodium berfungsi untuk mencegah infeksi, dikarenakan secara topikal dalam bentuk yang bersifat cair. Yodium emang bisa membunuh bakteri pada sekitar bagian tubuh yang terluka, tapi agak perih sih guys buat sterilisasi lukanya.

    Dampak Kekurangan Yodium

    1. Penyakit Gondok 

    Kurangnya asupan yodium bakal berdampak pada kelenjar tiroid yang harus bekerja secara keras untuk tetap dapat terus ngasilin hormon tiroid hingga menimbulkan pembengkakan. Biasanya sih bisa diliat dari daerah sekitar leher guys kayak bengkak gitu.

    1. Kanker Tiroid 

    Kurangnya kadar asupan yodium justru bisa berdampak pada aspek autoimun yang bakal berdampak pada bagian kelenjar tiroid. Sehingga, hal tersebut akan memicu terjadinya kanker tiroid. 

    1. Berat Bayi Rendah 

    Kurangnya asupan yodium juga bisa berdampak pertumbuhan otak janin, serta mempengaruhi berat bayi yang dilahirkan hingga menjadi rendah. 

    Gimana guys udah paham kan? jadi fungsi yodium tuh penting banget guys buat tubuh kita. Yodium paling gampang didapetin dari garem guys, udah murah bermanfaat lagi. Asal pemakaiannya sesuai dosis harian yaa, kalian juga bisa cek dosis harian konsumsi yodium di internet. Semoga belajar tentang yodium kali ini bermanfaat buat kalian yaa!