unesa sebagai salah satu universitas terpopuler di surabaya

Tiga Universitas Terpopuler di Surabaya

Surabaya adalah kota yang berada di urutan kota kedua terbesar di Indonesia setelah kota metropolitan, Jakarta. Kota ini menjadi salah satu kota pilihan untuk merantau dengan tujuan pendidikan sebab memiliki banyak universitas negeri dan swasta. Ada banyak sekali kampus yang bisa kamu temukan di Surabaya.

Ada berbagai universitas ternama di Surabaya, salah satunya adalah tiga berikut ini:

Universitas Negeri Surabaya (Unesa)

Universitas Negeri Surabaya atau Unesa adalah salah satu universitas negeri yang terletak di kota Surabaya, Jawa Timur. Unesa merupakan nama pengganti dari Institute Keguruan dan Pendidikan (IKIP) setelah meningkatkan statusnya di tahun 1999. Universitas ini mulai berdiri pada 29 Desember 1964. 

Saat ini, terdapat 7 fakultas di Unesa yang berlokasi di dua tempat, yakni: Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Ekonomi, dan Fakultas Teknik di Ketintang, sedangkan Fakultas Ilmu Keolahragaan, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Fakultas Bahasa dan Seni di Lidah Wetan. 

Unesa menempati posisi ke-8 dengan kategori kualitas pendidikan terbaik di Indonesia versi The SDGs Impact ranking tahun 2022 dan menduduki peringkat 401-600 dari 1180 perguruan tinggi dunia. Selain pada peningkatan mutu pendidikan, universitas ini juga berfokus pada peningkatan kontribusinya dalam melayani masyarakat. 

Universitas Airlangga (Unair)

Universitas di Surabaya Selanjutnya adalah Universitas Airlangga atau biasa disingkat Unair didirikan pada tahun 1954 dan menjadi perguruan tinggi pertama di kawasan timur Indonesia. Universitas ini diresmikan langsung oleh presiden pertama, Bapak Soekarno, bertepatan pada perayaan hari pahlawan ke-9 pada 10 November 1954. 

Awal berdirinya universitas Airlangga hanya terdapat 5 fakultas saja dan terus mengalami perkembangan hingga saat ini memiliki 14 fakultas dan satu sekolah pascasarjana yang tersebar di tiga lokasi di Surabaya. 

Adapun fakultas yang ada di Unair, yakni : Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Ilmu Budaya, Fakultas Kedokteran, Fakultas Kedokteran Gigi, Fakultas Kedokteran Hewan, Fakultas Psikologi, Fakultas Perikanan dan Kelautan, Fakultas Farmasi, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Fakultas Hukum, Fakultas Sains dan Teknologi, Fakultas Keperawatan, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik dan Fakultas Vokasi. 

Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)

Institut Teknologi Sepuluh Nopember berdiri pada 10 November 1957 yang diawal bernama Yayasan Perguruan Tinggi Teknik (YPTT). Saat ini, ITS memiliki 10 fakultas yang tersebar di beberapa wilayah di Surabaya. 

Adapun 10 fakultas tersebut, yaitu : Fakultas Matematika, Kapitulasi dan Sains Data, Fakultas Kelautan, Fakultas Sains, Fakultas Teknologi Industri, Fakultas Arsitektur, Desain dan Perencanaan, Fakultas Teknologi, Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik Sipil, Lingkungan dan Kebumian, Fakultas Teknik Industri, Fakultas Bisnis dan Manajemen Teknologi, dan Fakultas Vokasi. 

Itulah tiga universitas di Surabaya terpopuler yang bisa menjadi salah satu pilihan kamu untuk melanjutkan pendidikan di tingkat perguruan tinggi. Selain yang disebutkan diatas, tentunya masih banyak universitas di Surabaya lainnya.

Related Posts