gambar alam benda cangkir

    MATAOKER – Sedang mencari Tutorial Gambar Alam Benda Cangkir? Begini Caranya, kamu bisa mempelajarinya dalam ulasan di artikel ini. Ngomongin tentang kegiatan menggambar memang sangatlah menarik, sebagaiman saat kita mempelajarinya dalam pelajaran kesenian di Sekolah.

    Menggambar memang sekilas tampak sederhana dan cukup mudah untuk orang melakukannya, padahal dalam kenyataannya, tidaklah tentu demikian. Menggambar memerlukan berbagai teknik khusus, artinya, agar bisa menghasilkan gambar yang bagus, seseorang perlu menguasai berbagai tekniknya.

    Sebagaimana kita melihat berbagai jenis gambar seperti kartun, karikatur dan juga berbagai macam gambar ilustrasi lainnya. Setiap gambar tersebut jelas memerlukan teknik pengerjaan yang berbeda-beda karena orang yang telah menggambarnya telah menguasai tekniknya.

    Tutorial Gambar Alam Benda Cangkir

    Termasuk juga tentang gambar alam benda, hasilnya memang tampak menarik, sebab menggambar objek benda sebagaimana keadaan benda yang sebenarnya memerlukan teknik tinggi. Bagaimana seseorang menggambar objek berdasarkan arah pandang dan cahaya yang ada dengan mendasarkan pada prinsip dan kaidah seni yang berlaku.

    Salah satu gambar alam benda yang bisa kamu coba adalah cangkir, mungkin ini yang termudah, namun kamu tetap harus berlatih. Lalu, bagaimana cara menggambarnya? perhatikan tutorialnya berikut ini!

    Persiapkan Gambar Alam Benda Cangkir

    Pertama-tama, tentu kamu sudah harus memiliki materi dasar sebagai model cangkir yang akan kamu gunakan. Kamu bisa mendapatkannya dan mempersiapkannya secara bebas, baik cangkir dalam bentuk foto, maupun cangkir yang berada dekat ruangan sekitarmu.

    gambar alam benda cangkir
    sumber gambar : unsplash.com

    Buat Sketsa Gambar Cangkir

    Nah, setelah kamu sudah mendapatkan model cangkir yang akan kamu jadikan objek gambarmu, berikutnya adalah harus membuat sketsanya. Ya, kamu perlu membuat sketsa dari model cangkir yang kamu jadikan objek contoh dari gambar alam benda cangkirmu. Pastikan agar kamu menggambar sketsanya dengan baik, caranya yakni dimulai dari memastikan proporsi dan bentuk cangkir sudah sesuai dengan aslinya.

    Berikan Kesan Gelap Terang

    Setelah menyelesaikan sketsa gambar cangkir, berikutnya, kamu perlu membuat arsiran terhadap sketsa cangkir yang sudah kamu buat. Buatlah arsiran hingga menampakkan kesan gelap terang pada sketsa gambaramu. Sehingga gambaran sketsa cangkirmu menjadi jauh lebih natural dan realistis sebagaimana objek aslinya.

    Lengkapi Detail Objek Gambar

    Setelah berhasil memberikan arsiran terhadap sketsa gambar cangkir, langkah berikutnya yakni kamu harus mulai melengkapiny dengan detail lainnya. Bagaimana detail dari corak dan gambar yang ada pada gelas harus kamu buat sama persisnya agar semakin tampak mirip dengan objek gambar aslinya.

    Finishing Akhir

    Langkah akhirnya, yakni memberikan finishing untuk menyempurnakan objek gambar yang sudah kamu buat. Pastikan agar hasil akhir dari gambar cangkir sudah sesuai dengan karakter cangkir aslinya.