tips memilih kos-kosan

5 Tips Memilih Kos-Kosan untuk Kamu Mahasiswa Baru

Lagi bingung cari kos-kosan yang cocok tapi gak dapet-dapet? Jangan khawatir,berikut ada 5 tips memilih kos-kosan untuk mahasiswa baru. Simak penjelasannya sampai selesai ya.

 Bagi mahasiswa baru, mencari kos-kosan bukanlah hal mudah. Apalagi jika kamu mahasiswa baru dari luar daerah, tentu kamu tidak bisa sembarangan memilih kos-kosan.

Buat kamu mahasiswa baru Universitas Gunadarma, Banyak sekali kos-kosan di sekitar kampus mulai dari kos biasa hingga kos mewah. Agar tidak salah pilih kos-kosan, banyak yang perlu dipertimbangkan mulai dari lokasi, biaya sewa kos, jarak kos dari kampus, dan lain sebagainya. Nah, berikut ini adalah 5 tips memilih kos-kosan untuk kamu mahasiswa baru Gunadarma:

Baca Artikel Lainnya

Apa Saja Tips Memilih Kos-kosan yang Bisa Diterapkan?

1. Pilih Kos-Kosan dengan Lokasi Terdekat

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah mencari kos dengan lokasi terdekat. Sebagai mahasiswa Gunadarma, pilihlah kos yang paling dekat dengan Universitas Gunadarma. Misalnya jika kamu kuliah di kampus Gunadarma Depok, maka kamu harus mencari kos yang berada di daerah Depok.

Kalau tinggal di kost yang dekat dengan kampus, akses menuju kampus pun akan semakin mudah. Kamu tidak akan kesulitan mencari transportasi umum yang bisa mengantarkan kamu ke kampus. Selain itu, kost yang dekat dengan Universitas Gunadarma memungkinkan kamu bisa cepat sampai ke kampus Gunadarma.

Karena berada di lokasi yang strategis, kini banyak kost-kostan yang sangat dekat dengan kampus Gunadarma. Sangking dekatnya, tak perlu naik kendaraan lagi untuk ke kampus bahkan bisa ditempuh hanya dengan jalan kaki.

2. Perhatikan Lingkungan Sekitar

Setelah menemukan kost yang dekat dengan Universitas Gunadarma, ada baiknya untuk mengecek kos-kosan terlebih dahulu. Hal ini karena sebagian besar kost yang disewakan tidak berbaur satu sama lain. Biasanya ada kost yang khusus untuk dihuni pria atau khusus disewakan untuk wanita.

Hal yang tak kalah penting lainnya adalah memperhatikan bagaimana lingkungan sekitar kost yang ingin kamu tempati. Hindari kost dengan lingkungan yang tidak aman seperti rawan tindak kejahatan, sering terjadi pencurian, kondisi kost kurang nyaman, dan lain sebagainya. Usahakan pilih kost yang membuat kamu merasa aman dan nyaman selama tinggal disana.

3. Cek Fasilitas yang Disediakan

Tips memilih kos-kosan selanjutnya adalah mengecek fasilitas yang disediakan. Setiap kost menyediakan fasilitas yang berbeda-beda, sehingga kamu harus mengeceknya terlebih dahulu. Pastikan kost yang kamu pilih memiliki beberapa fasilitas penting yang wajib ada yakni Kamar Mandi, Dapur, Listrik dan Air, Perabotan, Area Parkir, dan Koneksi Internet.

Kenapa koneksi internet penting? Hal ini karena internet memberikan banyak manfaat bagi pelajar. Internet memudahkan kita untuk mendapatkan informasi terutama yang berkaitan dengan materi pelajaran secara lebih cepat dan mudah. Oleh sebab itu, ada baiknya memilih kost yang ada Wifi-nya.

Selain itu, pastikan kost yang kamu pilih memiliki ruangan yang cukup dan tidak sempit. Jika ruangan sempit, kamu akan sulit menyimpan barang-barang penting seperti lemari pakaian, keperluan kuliah, dan barang lainnya. Karena itu, ada baiknya untuk mengecek ukuran tempatnya terlebih dahulu.

4. Sesuaikan dengan Budget

Dalam hidup, terkadang kita harus berpikir realistis. Jangan membeli sesuatu melebihi batas kemampuan kamu. Hal ini juga dapat diterapkan ketika memilih kost-kostan. Seperti yang diketahui, semakin bagus dan lengkap fasilitasnya, semakin mahal besar juga biaya sewa yang harus dikeluarkan.

Jika kamu ingin tinggal di kost dengan fasilitas lengkap dan tempat tidur nyaman, kamu harus siap mengeluarkan uang lebih. Jika kamu ingin menghemat pengeluaran tabungan, kost sederhana dengan harga murah bisa menjadi pilihanmu. Intinya, pilihlah kost sesuai dengan budget yang kamu miliki.

Di sekitar Universitas Gunadarma ada banyak kost-kostan dengan harga yang bervariasi mulai dari Rp 450 ribu sampai jutaan rupiah.

5. Ketahui Aturan Kos

Setiap kost pasti memiliki aturannya sendiri. Sebagai penghuni kost, pastilah kita harus menaati peraturan tersebut. Peraturan kost berbeda-beda contohnya seperti wajib mematuhi jam malam, tidak menerima tamu lawan jenis, tidak membawa hewan peliharaan, menjaga kebersihan kost, dan lain-lain.

Sebagian besar kost menetapkan tata tertib jam malam, yang bertujuan untuk menertibkan penghuni agar tidak pulang kost melebihi batas waktu yang ditentukan. Biasanya jam malam setiap kost berbeda-beda. Ada yang menetapkan jam malam maksimal pukul 21.00, tetapi ada juga yang menetapkan jam malam pukul 23.00 bahkan 24.00.

Bagi kost yang menawarkan penghuni khusus putra atau khusus putri bisa saja menerapkan aturan tidak diperkenankan membawa lawan jenis ke dalam kos. Contohnya, tidak boleh mengizinkan tamu putra ke kost khusus putri begitu juga sebaliknya. Namun, apabila tamu lawan jenis hanya mengantar sampai gerbang, maka itu tidak jadi masalah.

Selain itu, mungkin masih ada beberapa aturan lainnya. Ketika kamu sudah menentukan kost, biasanya pemilik kost akan memberitahukan peraturan apa saja yang harus kamu taati selama tinggal di kost tersebut.
Demikian tips memilih kos-kosan yang mungkin perlu kamu ketahui.

Related Posts