tips belajar menghadapi utbk

    Dalam artikel ini kita akan membahas beberapa tips belajar menghadapi UTBK 2022 yang bisa kamu terapkan. Simak penjelasannya berikut ini.

    Memasuki bulan November, artinya UTBK 2022 kira-kira tinggal 5-6 bulan lagi nih, guys! Aduh, nggak kerasa, ya! Kayaknya baru kemarin deh, pengumuman UTBK 2021 keluar? Kok udah mau UTBK lagi aja, sih?

    UTBK 2022 memang masih belum ada jadwal resminya, tapi kalau mengacu pada jadwal tahun sebelumnya, kira-kira pelaksanaan UTBK akan berlangsung sekitar bulan April hingga bulan Mei. Tahun lalu, pelaksanaan UTBK dibagi menjadi 2 gelombang, yakni Gelombang 1 yang dilaksanakan pada tanggal 12-18 April 2021, serta Gelombang 2 yang dilaksanakan pada tanggal 26-30 April 2021 dan tanggal 1-2 Mei 2021. Untuk berjaga-jaga, anggap saja UTBK 2022 nantinya akan dilaksanakan tidak jauh dari tanggal-tanggal tersebut.

    Kamu sendiri sudah melakukan persiapan apa aja nih, untuk menghadapi UTBK? Atau malah baru mau persiapan mulai dari sekarang? Nah, untuk kamu yang sedang mempersiapkan diri menghadapi UTBK, ada baiknya kamu simak 5 tips belajar menghadapi UTBK berikut ini!

    Baca Artikel Lainnya

    Manfaatkan Waktu Nanggung

    Tips yang pertama yaitu manfaatkan waktu nanggung sebaik mungkin! Gimana sih, maksudnya waktu nanggung? Jadi gini contohnya, guys. Misalnya, kamu lagi main smartphone, terus kamu lihat jam menunjukkan pukul 8.55. Lalu kamu bergumam, 

    “Ah, nanggung, nih. Belajarnya 5 menit lagi, deh biar pas jam 9!” 

    Terus kamu lanjut main smartphone lagi. Eh, tapi ternyata malah kebablasan sampai pukul 9.13. Terus kamu bergumam, 

    “Duh, nanggung, 2 menit lagi deh sampai 9.15.”

    Teruuuuss aja begitu sampai tiba-tiba hari sudah malam. Hayoo, kamu pasti pernah begini juga, kan?

    Nah, itu dia yang maksudnya waktu nanggung, guys. Jadi, kalau kamu sudah ada niatan mau belajar, langsung belajar saat itu juga, ya! Jangan ditunda-tunda cuma karena jamnya nanggung atau nggak pas. Manfaatkan waktu sebaik mungkin karena waktu nggak akan bisa diputar ulang.

    Nonaktifkan Notifikasi Socmed

    Salah satu musuh terbesar kita saat belajar adalah socmed alias social media. Baru belajar 30 menit, eh, udah tergoda buka socmed. Akhirnya malah keterusan scrolling socmed sampai 2 jam. Waduh, terus belajarnya kapan, dong?

    Nah, buat kamu kaum-kaum yang gampang terdistraksi, ada tips yang bisa kamu lakukan, yaitu menonaktifkan notifikasi socmed di smartphone-mu untuk sementara waktu. Atau kalau kamu merasa nggak butuh smartphone untuk belajar karena sudah ada laptop, kamu bisa juga meletakkan smartphone-mu di ruangan lain yang berjauhan darimu. Eits, jangan lupa di-silent ya, biar bunyi smartphone-nya nggak mengganggu konsentrasimu saat belajar.

    Manfaatkan Bimbel Online

    Biar belajarnya makin lengkap, kamu bisa juga memanfaatkan layanan bimbel online yang banyak tersedia saat ini. Dengan bantuan bimbel online, kamu bisa mendapatkan lebih banyak materi UTBK yang eksklusif, lengkap dengan latihan soalnya. 

    Selain itu, bimbel online biasanya juga mengadakan tryout UTBK yang bisa kamu ikuti untuk menguji sejauh mana kemampuanmu dalam mengerjakan soal-soal UTBK. Nah, kalau lagi mengikuti tryout, jangan lupa untuk mengkondisikan keadaan di sekitarmu selayaknya kamu sedang mengerjakan UTBK sungguhan, ya! Supaya nanti saat pelaksanaan UTBK, kamu sudah terbiasa dan nggak gugup lagi.

    Buat Priority List

    Biasanya, kalau lagi banyak yang mau dipelajari, kita malah jadi bingung sendiri nih, mana dulu yang harus diselesaikan. Nah, biar nggak bingung, kamu bisa menerapkan tips belajar menghadapi UTBK yang satu ini nih, yakni membuat Priority List atau daftar prioritas. Kamu bisa tuliskan semua hal atau materi yang mau kamu pelajari, lalu coba urutkan mulai dari prioritas paling tinggi sampai paling rendah. Selanjutnya, kamu bisa mulai kerjakan dari yang prioritasnya paling tinggi terlebih dahulu.

    Priority List ini sama halnya dengan To Do List, ya. Bedanya, Priority List adalah To Do List yang lebih disempurnakan karena sudah diurutkan berdasarkan skala prioritasnya. Begitu, teman-teman!

    Jangan Lupa Istirahat

    Last, but definitely not least: jangan lupa istirahat! Belajar sih belajar, tapi jangan sampai 24 jam nonstop juga, ya. Ingat, kamu itu manusia, bukan mesin yang bisa bekerja nonstop tanpa istirahat. Jadi, jangan paksakan dirimu untuk terus belajar, ya!

    Selain istirahat cukup, kamu juga harus menjaga kesehatan dengan makan makanan bergizi, minum air putih yang cukup, minum vitamin, dan olahraga rutin. Kalau badan udah mulai kerasa pegel-pegel karena kelamaan duduk, kamu bisa melakukan stretching atau olahraga ringan supaya otot-otot kamu nggak kaku.

    Itu dia 5 tips belajar menghadapi UTBK yang bisa kamu lakukan di rumah. Kira-kira ada tips yang udah kamu lakukan, belum? Atau setelah ini, kamu mau menerapkan semua tipsnya?

    Tetap jaga kesehatan dan keselamatan di manapun kamu berada, ya. Semangat belajarnya! Semoga UTBK 2022 nanti bisa kamu taklukkan dengan baik!