Categories: Artikel Pelajaran

Teks Iklan: Pengertian, Ciri, dan Struktur

Siapa yang sering banget ngeliat iklan? Baik di koran, website, atau bahkan di televisi? Tapi, tahukah kamu kalau di dalam teks iklan itu sendiri memiliki ciri dan struktur juga? Sama dengan teks lainnya. Kira-kira seperti apa ya ciri dan struktur dari teks tersebut? Simak penjelasan selengkapnya di artikel Mataoker berikut ini.

Baca Juga:

Kalimat Fakta dan Opini

Teks Fiksi dan Non Fiksi

Pengertian Teks Iklan

Teks iklan ialah salah satu media promosi yang efisien dalam memasarkan bermacam produk kepada konsumen sebab daya jangkauannya yang luas serta masif. Tujuannya adalah untuk menghadirkan sesuatu produk, baik benda ataupun jasa kepada masyarakat, guna menarik atensi warga untuk mengenali, membeli, sampai mengonsumsi ataupun memakai produk yang diiklankan. Persaingan di bidang iklan memanglah terus menjadi tajam semenjak adanya tv. Tetapi, media cetak senantiasa mempunyai pangsa pasar tertentu serta senantiasa jadi sasaran produsen dalam mengiklankan produknya.

Ciri Kebahasaan Teks Iklan

Tidak hanya struktur yang sudah dijabarkan diatas, teks iklan pula mempunyai ciri- ciri kebahasaan yang membedakan dengan teks- teks lain. Identitas kebahasaan tersebut merupakan selaku berikut.

Menggunakan Slogan

Slogan merupakan perkataan ataupun kalimat yang menarik, mencolok, serta gampang diingat untuk mengantarkan suatu. Slogan umumnya terdiri dari 4 hingga 5 kata yang mudah diingat serta pastinya mempunyai daya tarik yang kokoh supaya pesan yang diartikan dapat sampai ke orang yang diajak.

Kalimat Persuasif

Kalimat persuasif merupakan kalimat yang bertujuan meyakinkan serta membujuk pembaca supaya melakukan ataupun menerima gagasan penulis terhadap sesuatu perihal. Ada sebagian kalimat persuasif yang terdapat pada iklan produk tersebut, salah satunya adalah:“ murah, kilat serta handal”.

Menggunakan Subjek Orang Pertama

Teks iklan umumnya memakai subjek orang awal tunggal ataupun jamak, semacam saya, aku, serta kami untuk mengubah pihak ataupun lembaga pemasang iklan. Subjek yang digunakan pada teks ini tersebut merupakan subjek orang awal jamak, ialah kami.

Struktur Teks Iklan

Teks iklan yang hendak kamu pelajari pada postingan ini berisi tentang promosi produk benda serta jasa. Kamu diharapkan supaya bisa menguasai contoh teks iklan produk dibawah ini. Suatu iklan mempunyai struktur yang terdiri dari judul, nama produk, serta uraian tentang produk.

Kalau kamu belum paham tentang materi di atas, coba langganan Ruangguru yuk. Ada diskon yang bisa kamu pakai lho. Jangan lupa pakai kode diskon ELIYANAUGIJJ ya.

mataoker

Recent Posts

Latihan Soal Tematik Kelas 1 Tema 5 Subtema 3

Halo adik-adik semuanya. Kamu yang sekarang duduk di kelas 1 dan sedang mencari latihan soal,…

3 hours ago

Latihan Soal Tematik Kelas 1 Tema 5 Subtema 2

Halo adik-adik semuanya. Kamu yang sekarang duduk di kelas 1 dan sedang mencari latihan soal,…

1 day ago

Latihan Soal Tematik Kelas 1 Tema 5 Subtema 1

Halo adik-adik semuanya. Kamu yang sekarang duduk di kelas 1 dan sedang mencari latihan soal,…

2 days ago

Jurusan Hubungan Internasional: Informasi Kuliah dan Prospek Kerjanya

Apa kamu suka membahas dan mengamati hal-hal yang berkaitan dengan dunia politik dan ekonomi di…

3 days ago

Jurusan Teknik Industri Universitas Gunadarma

Artikel berikut ini akan membahas tentang jurusan Teknik Industri Universitas Gunadarma. Seperti apa kira-kira ya?…

5 days ago

Kunci Jawaban Soal Tematik Kelas 3 Tema 4 Subtema 4

Di situs Mataoker kali ini akan membagikan kunci jawaban soal tematik Kelas 3 Tema 4…

6 days ago