pentingnya soft skill

Daftar Soft Skill yang Wajib Dimiliki Pekerja

Bagi generasi millenial, paling tidak ada beberapa daftar soft skill yang wajib dimiliki dalam menyongsong revolusi industri. Nah, ngomong-ngomong bicara soft skill, keterampilan khusus ini tidak dipelajari di sekolah lho. Jadi, dengan kata lain seorang millenial yang ingin mengasah skill tersebut harus mengasahnya di luar kelas sekolah.

Dalam artikel ini kita akan bahas 10 soft skill yang bisa kamu latih lho dan menjadi hal yang wajib dalam era perkembangan teknologi yang begitu pesat. Skill apa saja? Ini dia….

1. Kepemimpinan

Skill kepemimpinan ini bisa  dilatih lho tapi kebanyakan dari kita tidak menyadari cara melatihnya. Kamu bisa mengasah soft skill kepemimpinan dengan berani mencoba jika ada tawaran menjadi ketua, PIC, atau pemimpin dalam hal apa pun. Lebih seringnya kita merasa takut jika ditawari posisi untuk memimpin suatu hal bukan?

2. Manajemen Waktu

Cobalah belajar untuk membagi waktu secara efektif meski banyak deadline yang dihadapi. Kamu bisa membuat timeline atau jadwal yang teratur setiap harinya. Meleset sedikit tidak menjadi masalah, asal jangan menjadi sebuah kebiasaan.

3. Public Speaking

Berbicara di depan publik memang bukan hal yang mudah. Terlebih lagi jika kamu tipikal orang introvert. Tapi, salah satu cara yang cukup efektif dalam melatih soft skill ini ialah berani mencoba dan jangan takut gagal. Berlatih berbicara di depan cermin juga menjadi cara klasik yang cukup efektif lho.

Baca juga: Rekomendasi Kelas Prakerja Terbaik di Skill Academy

4. Kemampuan Beradaptasi

Bagi seorang lulusan baru (fresh graduate) soft skill kemampuan beradaptasi ini mutlak diperlukan. Menghadapi situasi dan kondisi di dunia kerja tentu berbeda jauh dengan perkuliahan. Beragam latar belakang rekan kerja, menuntut seseorang harus bisa cepat beradaptasi.

5. Networking

Punya jejaring atau networking yang luas sangat penting dalam langkah membangun karir. Kenapa? Semakin luas jaringan kamu, maka semakin banyak peluang yang didapatkan. Memperluas networking bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja. Paling penting, jangan pernah melewatkan tawaran apapun yang datang kepada kamu selama tawaran itu bisa memperluas networking kamu demi kebaikan karir pekerjaan.

Sebenarnya tidak hanya 5 soft skill di atas saja yang wajib dimiliki pekerja. Masih banyak soft skill lain yang tentunya tidak kalah penting. Nah, berbicara pentingnya soft skill, tidak ada salahnya kamu mencoba melatih soft skill yang kamu punya.

“Memangnya soft skill bisa dilatih dan ada pelatihannya?”

Salah  satu platform pelatihan soft skill terbaik yang ada yakni Skill Academy. Selain pelatihan daring dengan harga murah, Skill Academy juga memiliki portal informasinya di blog Skill Academy lho. Jadi, kamu bisa cari-cari informasi penting terkait, karir, teknologi, hingga gaya hidup di blog tersebut.

Lumayan kan di tengah pandemi seperti ini masih bisa ikut pelatihan online dengan harga murah dan pastinya kualitas tidak kalah dengan pelatihan konvensional pada umumnya. Gabung sekarang yuk.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *