Senyawa: Pengertian, Ciri, dan Sifatnya

Haloo guys apa kabar? Siapa yang suka eksperimen pas pelajaran kimia nih di sekolah. Pasti kalian udah ngga asing dong sama senyawa. Tapi apa sih itu senyawa? Nah kita kasih infonya nih buat kalian!

Pengertian Senyawa

Pengertian dari Senyawa adalah suatu zat kimia murni yang terdiri dari sedikitnya dua unsur atau lebih. Beberapa unsur gabungan tersebut bisa dipecah-pecah lagi nih jadi beberapa unsur pembentuk, berdasarkan reaksi kimia yang terjadi. Misalnya nih Dihidrogen Monoksida (H2O) atau yang lebih dikenal dengan air murni yang pada dasarnya tuh terdiri dari dua buah atom hidrogen pada setiap atom oksigennya. 

Pada umumnya, perbandingan antar beberapa unsur tersebut bersifat tetap saat didasarin pada sifat fisiknya, karena hal tersebut bukanlah proses perbandingan yang diatur oleh manusia. Maka, beberapa material kayak kuningan ataupun coklat nggak lagi dianggap kedalam golongan senyawa, melainkan bahan campuran atau yang juga disebut sebagai aloy. 

Ciri-ciri Senyawa 

Adapun senyawa punya beberapa ciri yang bisa kalian golongin ke dalam beberapa macam, berikut ini penjelasan selengkapnya: 

  • Senyawa berbentuk sebagai suatu zat tunggal.
  • Senyawa kebentuk oleh dua macam unsur atau bahkan lebih dengan reaksi kimia biasa.
  • Senyawa akan kehilangan sifat asli dari kedua unsur zat pembentuknya.
  • Senyawa bisa diuraikan buat jadi sebuah unsur dengan proses kimia, tapi nggak bisa diuraikan dengan fisika.

Sifat Senyawa

Senyawa punya 5 sifat dasar yang bisa digunain buat bedain senyawa satu dan senyawa lainnya. Berikut ini penjelasan selengkapnya. 

  • Senyawa baru bakal kebentuk setelah melalui suatu proses yang disebut sebagai reaksi kimia.
  • Berbagai komponen yang ada pada senyawa memiliki suatu perbandingan yang bersifat tetap.
  • Senyawa yang udah jadi, nggak akan bisa dipisahkan dengan komponen zat penyusun awalnya setelah melalui proses yang disebut sebagai reaksi fisika.
  • Senyawa yang udah jadi, bisa dikategorikan ke dalam golongan senyawa zat tunggal.
  • Senyawa yang udah jadi, punya beberapa sifat dasar tertentu yang berbeda dengan sifat yang terkandung pada beberapa unsur dari zat penyusun awal yang membentuknya.¬†

Contoh Senyawa

Sebelum nyebutin contoh senyawa, perlu dipahamin dulu bahwa senyawa terbagi atas dua macam. Berikut ini akan dipaparkan pengertian beserta contohnya: 

  • Senyawa Organik

Senyawa organik merupakan jenis senyawa yang dibentuk sama Karbon (C) sebagai komponen utamanya yang kemudian mengikat beberapa jenis unsur lain di dalamnya. Senyawa jenis organik ini umumnya sih dibentuk sama yang bersumber dari makhluk hidup. Adapun beberapa contoh senyawa organik dalam kehidupan manusia, antara lain gula pasir yang berasal dari tanaman tebu, serta alkohol yang bersumber dari fermentasi larutan gula. 

  • Senyawa Anorganik

Senyawa anorganik merupakan senyawa yang nggak kebentuk dari atom karbon. Adapun beberapa contoh nih yang sebenarnya ada disekitar kalian yang terbuat dari senyawa anorganik, yakni garam dapur yang bisa disebut Natrium Klorida ataupun alumunium hidroksida pada obat Maag. 

Nah udah pada paham kan tentang pengertian dari senyawa. Jadi kalian bisa tau nih senyawa-senyawa yang ada disekitar kalian. Masih banyak loh contoh senyawa yang bisa kalian pelajari sendiri, biasanya sih ada di dalam tabel periodik tuh. Semoga penjelasan kali ini bermanfaat buat kalian, see you!

Related Posts