Jadi Gini Toh Sejarah Kerajaan Sriwijaya Sebenarnya

Haloo haloo haloo apa kabar kalian semua ! Semoga sehat-sehat ajaa yaa. Ohh iya kali ini kita akan ngebahas tentang suatu sejarah nih yang pastinya bakalan buagus banget loo. Yang pasti ini bukan sejarahmu dengan dia, hehehe. Pada tau ngga nih mau ngebahas apa ? Kalo mau tau yuk cekidot!

Sejarah Kerajaan Sriwijaya

Yuk kita mulai dari sejarah Kerajaan Sriwijaya yang ada di daerah pinggiran sungai besar Musi di Palembang, Sumatera Selatan. Tau nggak kalau Kerajaan Sriwijaya itu salah satu dari sekian kerajaan tergede dan terkeren di tanah Sumatera loo, dan nggak cuman itu, Kerajaan Sriwijaya sekaligus pernah membawa kejayaan besar bagi bangsa Indonesia pada masanya. Keren banget kan !

Tau nggak Kerajaan Singosari di diriin sama siapa? Abang kuli ? Bukanlah! Kerajaan Sriwijaya itu di diriin sama Dapunta Hyang Sri Jayanasa pada sekitar Abad ke-7. Kerajaan Sriwijaya tuh tumbuh dan berjaya pas era pesatnya perkembangan ajaran agama Buddha, makanya nggak kaget lagi kalau dalam sejarahnya, Kerajaan Sriwijaya itu tuh dikenal sebagai kerajaan dengan corak Buddha yang sangat kental. 

Silsilah Kerajaan Sriwijaya

Kalo silsilahnya udah pada tau belom ? jadi silsilah Kerajaan Sriwijaya kalo di urutin dari sejarah kesilsilahannya, maka kita bakal nemuin kira-kira 21 Raja yang pernah berkuasa. Raja yang pertama tuh namanya Dapunta Hyang Sri Jayanasa yang berkuasa pada tahun 683 sampek 702 Masehi. Sejarah pas Dapunta Hyang Sri Jayanasa berkuasa tuh ditandain sama perluasan wilayah ke beberapa daerah, kayak Lampung, Kedah, Pulau Bangka, Jambi, sampek ke Kerajaan Kalingga dan Mataram Kuno. 

Abis itu, Kerajaan Sriwijaya dipimpin sama Indrawarman (702 M), Rudra Wikrama (728-742 M), Sangramadhanajaya (775 M), Rakai Panangkaran (778 M), Rakai Warak (782 M), Dharmasetu (790 M), Rakai Garung (792 M), sampek Balaputradewa (856) yang jadi raja tersukses pas mimpin Kerajaan Sriwijaya. Terus yaa nggak cuman sampek situ aja, Silsilah Kerajaan Sriwijaya terus-terusan sampek lama, sampek tahun 1178 pas saat raja Trailokyaraja Maulibhusana Warmadewa (1178 M) jadi raja terakhir dalam sejarah Kerajaan Sriwijaya. 

Masa Kejayaan Kerajaan Sriwijaya

Masa dimana pas jaya-jayanya Kerajaan Sriwijaya pas ada di bawah kepemimpinan Raja Balaputradewa yang waktu itu jadi putra dari Samaratungga, Raja Mataram Kuno keturunan Dinasti Syailendra. Selain pas pesat-pesatnya perkembangan agama Buddha, Sriwijaya dibawah Raja Balaputradewa meraih berbagai kejayaan di bidang kemaritiman, politik, hingga bidang kesejahteraan ekonomi loo, hebat banget dah pokoknya.

Raja Baluputradewa tuh jugak berhasil ngejalin hubungan deket sama Raja Dewapala Dewa yang jadi penguasa dari Kerajaan Benggala. Gara-gara Hubungan dekat tersebut berbuah hadiah sekotak tanah dari Raja Dewapala Dewa kepada Raja Balaputradewa yang abis itu  dibuat bangun asrama bagi para pelajar dan pemuda yang menimba ilmu di wilayah Nalanda. Hal itu nandain kalau di bawah kepemimpinan Balaputradewa, bidang pendidikan itu jadi hal yang sangat diperhatiin. 

Runtuhnya Kerajaan Sriwijaya

Selanjutnya kita akan bahas soal keruntuhan Kerajaan Sriwijaya. Runtuhnya Kerajaan Sriwijaya tuh disebabin sama munculnya kerajaan besar pas Abad ke-13 loh, kayak Kerajaan Siam, serta lepasnya beberapa daerah taklukan Sriwijaya, kayak Kerajaan Medang Kamulan, terus serangan Kerajaan Colamandala, abis tuh Majapahit, dan juga intervensi dari Kerajaan Thailand. 

Peninggalan Kerajaan Sriwijaya

Pas runtuhnya Kerajan Singosari tuh ada beberapa bukti peninggalan Kerajaan Sriwijaya adalah Prasasti Kota Batu, Prasasti Telaga Batu, Prasasti Karang Berahi, Prasasti Talang Tuo, serta Prasasti Hujung Langit loh, banyak banget kan prasastinya. Prasasti-prasasti itu sebagai penanda kalo pernah ada kejayaan Kerajaan Sriwijaya yang pernah menguasai jalur perdagangan di Selat Malaka. 

Nahh itu dia beberapa informasi tentang Kerajaan Sriwijaya yang dimulai dari sejarah, silsilah, masa kejayaan, runtuhnya hingga peninggalan Kerajaan Sriwijaya. Semoga informasi yang diberikan kali ini dapat bermanfaat bagi kalian yaa guys !. Serta jangan lupa untuk terus belajar sejarah-sejarah lain dari kerajaan di Indonesia yaa, see you !.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *