visualisasi perkuliahan selama satu semester

Satu Semester Berapa Bulan dalam Dunia Perkuliahan?

Memasuki dunia perkuliahan, tentu banyak hal yang masih membingungkan bagi para mahasiswa baru. Bukan hanya dari kultur yang berbeda dari sekolah menengah atas, tetapi juga banyak istilah yang mungkin masih awam di telinga. Salah satunya istilah semester yang biasa digunakan untuk menunjukkan waktu atau lama kuliah.

Banyak yang mungkin bertanya, jika SMA memerlukan waktu 3 tahun untuk selesai, lantas  untuk menyelesaikan S1 butuh berapa tahun? Berapa semester dalam setahun dan dalam satu semester berapa bulan lamanya? Nah, untuk menjawab semua pertanyaan tersebut, simak penjelasan singkat berikut ini.

1 Semester Berapa Bulan dalam Dunia Perkuliahan?

Sebelum menjawab berapa bulan dalam tiap semester, kamu perlu tahu dulu apa yang dimaksud masa kuliah. Jadi, masa kuliah adalah lama waktu kuliah yang diperlukan untuk menyelesaikan sebuah program studi yang diambil di universitas yang dimasuki. 

Dalam perkuliahan, pelaksanaannya menggunakan sistem kredit yang diukur dengan sistem semester. Jika dihitung berdasarkan bulan, dalam setiap semester terdapat 6 bulan masa perkuliahan, yang artinya sama saja dengan hitungan 1 semester di jenjang pendidikan lainnya. Hal yang menjadi pembeda dari jenjang pendidikan lainnya adalah bagian kalender akademiknya. 

Satu semester sama dengan setengah tahun yang di dalamnya dibagi menjadi beberapa kegiatan terjadwal sesuai dengan kalender akademik masing-masing universitas. Pada umumnya, terdapat 3 masa setiap semester, yakni masa KRS (Kartu Rencana Studi) yang mana mewajibkan setiap mahasiswa membuat rencana studinya untuk satu semester kedepan. KRS dibuat di awal kalender akademik. 

Masa kedua yaitu Ujian Tengah Semester (UTS), dan masa ketiga adalah Ujian Akhir Semester (UAS). Di masa akhir perkuliahan, kamu akan dihadapkan dengan berbagai kegiatan penelitian, seperti KKN, magang, dan Seminar penelitian.

Berapa Lama Waktu yang Dibutuhkan untuk Menyelesaikan Kuliah S1?

Kamu mungkin pernah mendapati orang yang menyelesaikan studinya begitu cepat dan ada pula yang begitu lambat. Hal ini mungkin membuat kamu bertanya-tanya tentang berapa lama sebenarnya waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan studi S1?

Nah, idealnya, untuk menyelesaikan studi S1, kamu memerlukan waktu 4 tahun atau 8 semester. Ya ini dapat berbeda-beda setiap mahasiswa, ada yang bisa lebih cepat yakni hanya 3 tahun saja, bahkan ada yang lebih dari itu dan maksimal sampai 7 tahun atau 14 semester. 

Apa yang membuat setiap orang berbeda waktu penyelesaian masa kuliahnya? Nah, dalam masa studi, kamu akan dihadapkan pada beberapa mata kuliah yang terdiri dari mata kuliah wajib dan pilihan, yang mana setiap mata kuliah memiliki Satuan Kredit Semester (SKS) masing-masing. 

Dalam setiap program studi, jumlah SKS yang harus dipenuhi untuk mendapatkan gelar sarjana berbeda-beda, misalnya ada yang 140 SKS dan ada juga yang 160 SKS. Inilah yang membuat setiap orang berbeda dalam waktu penyelesaian masa kuliah, sebab ada yang lambat dan ada juga yang cepat menyelesaikan semua SKS yang ditetapkan. 

Related Posts