ringkasan menilai karya melalui resensi

    MATAOKER – Kamu sedang bingung mencari suatu materi ringkasan menilai karya melalui resensi? pelajari artikel ini, karena kamu akan mendapatkannya. Artikel ini membahas tentang ringkasan menilai karya melalui resensi, sehingga kamu bisa mempelajari caranya.

    Membicarakan tentang cara menilai karya tentu haruslah menggunakan cara-cara yang bersifat obyektif dan tidak mendasarkannya pada selera personal. Sehingga, orang-orang yang membaca hasil penilaian karya yang kamu buat, akan mendapatkan gambaran yang obyektif.

    Salah satu caranya, yakni menilai suatu karya yakni dengan menggunakan metode resensi, baik itu untuk karya seperti Buku, Novel bahkan hingga film. Namun, bagaimanakah cara meresensi sebuah karya? kamu bisa mempelajarinya dalam ringkasan menilai karya melalui resensi berikut ini :

    Ringkasan Menilai Karya Melalui Resensi

    Menilai suatu karya dengan membuatkan resensi perlu memperhatikan beberapa sistematikanya, berikut ini adalah ringkasannya.

    Judul Karya

    Cara menilai karya harus memulainya dari bagian yang paling mendasar, yakni menilai dari judul karya. Judul memiliki peranan yang sangat fundamental sekaligus menentukan seberapa menariknya suatu karya.

    Penulisan sebuah judul tak hanya sekedar menarik secara padanan kata, namun juga harus memiliki relevansi dengan isi karya. Sehingga, bila judul dalam sebuah karya tidak memiliki relevansi dengan isinya, maka penilaian dalam judulnya kurang baik.

    ringkasan menilai karya melalui resensi
    sumber gambar : unsplash,com

    Identitas

    Identitas merupakan salah satu bagian terpenting dalam suatu karya dan tidak boleh sampai luput dalam penilaian resensi. Adapun identias yang wajib tertera dalam suatu karya antara lain, Judul Buku, Pengarang, Penerbit dan Tahun Terbitnya, Dimensi Buku beserta harganya. Bila sebuah karya tidak mencantumkan identitas secara lengkap dan jelas, maka itu akan mengurangi kualitas penilaiannya dalam resensi.

    Isi

    Isi menjadi bagian utama yang mendapat penilaian dalam sebuah resensi. Aspek yang menjadi tolok ukur penilaian isi karya dalam suatu resensi meliputi Sinopsis, ulasan isi secara singkat, keunggulan dan kelemahan, serta gaya bahasanya.

    Masing-masing aspek dalam isi karya tersebut akan mendapatkan penilaian secara obyektif dan terperinci, sebelum sang pembuat resensi memberikan kesimpulan akhir. Pada intinya, semakin bagus aspek-aspek penilaian dari isi karya, maka besar kemungkinan karya tersebut mendapatkan hasil penilaian yang baik.

    Penutup

    Bagian akhir dari penilaian suatu karya secara umum yang meliputi judul, identitas karya serta isi merupakan Penutup. Bagian penutup dalam sebuah resensi akan menyimpulkan suatu rekomendasi yang begitu penting bagi pembaca resensi. Yakni, kualitas suatu karya secara keseluruhan, beserta rekomendasi karya yang dalam resensi, baik dalam sudut pandang golongan pembaca yang layak membeli karya tersebut. Pun juga penilain akhir secara umum, yakni layak atau tidaknya karya itu untuk dimiliki berdasarkan kelemahan dan kelebihannya.

    Jadi, seperti itulah ulasan mengenai Ringkasan Menilai Karya Melalui Resensi.

     

    sumber referensi : https://www.puriedukasi.com/2021/02/menilai-karya-melalui-resensi.html