roboguru vs brainly

    Memasuki semester baru di tahun yang juga baru ini, pastinya masih pada semangat belajar di sekolah kan? Gimana sekolahnya? Sudah mulai dapat banyak tugas dan PR, ya? Atau sudah mulai dapat banyak soal latihan yang sulit dari guru di sekolah? 

    Eits, tenang aja guys! Kalau kamu punya berbagai tugas atau soal sulit yang kamu nggak tahu jawabannya, kamu bisa tanyakan soal-soal tersebut ke platform tanya-jawab online, lho! Di antaranya yakni Roboguru dan Brainly. Kamu pasti udah pernah denger tentang Roboguru dan Brainly, kan?

    Yup! Roboguru dan Brainly merupakan platform tanya-jawab online yang bisa membantu kamu dalam mengerjakan soal yang sulit ataupun tugas dari sekolah. Sederhananya, kamu tinggal ketik aja pertanyaan kamu di platform tersebut, lalu nggak lama kemudian, kamu akan mendapatkan jawaban dari soal yang kamu tanyakan tadi.

    Nah, dua platform ini adalah yang paling banyak digunakan oleh anak sekolah, nih. Tapi, kira-kira di antara Roboguru dan Brainly, mana ya, yang lebih bagus? Kita harus pilih yang mana? Yuk, coba kita bandingkan!

    Baca Juga: Sambut Semester Genap dengan Fitur dan Layanan Ruangguru

    Cara Akses Platform

    Pertama, kita bandingkan Roboguru dan Brainly dari cara mengakses platform-nya terlebih dahulu, ya. Baik Roboguru maupun Brainly, keduanya bisa diakses melalui halaman website masing-masing. Selain itu, keduanya juga bisa diakses melalui aplikasi, yakni aplikasi Ruangguru untuk Roboguru, dan aplikasi Brainly untuk Brainly.

    Dari sini bisa kita ambil kesimpulan bahwa keduanya memiliki cara akses yang sama, sehingga bagi siswa yang ingin mengakses Roboguru atau Brainly, bisa dengan mudah melakukannya melalui halaman website maupun aplikasi masing-masing.

    Biaya Penggunaan Platform

    Lanjut, kita coba bandingkan keduanya dari segi biaya. Kalau masalah biaya, biasanya orang-orang tuh sukanya yang gratisan! Hehe, iya kan? Apalagi untuk siswa sekolah yang rata-rata belum berpenghasilan sendiri, tentunya mereka cenderung memilih layanan yang gratis atau lebih terjangkau dari segi biaya, karena takut membebani orang tua.

    Nah, kabar baiknya nih, untuk Roboguru maupun Brainly, keduanya bisa digunakan secara gratis! Asiik! Eits, tapi kamu tetap harus mengeluarkan biaya untuk paket internet ya, karena keduanya membutuhkan koneksi internet untuk bisa diakses. Selain itu, nggak ada biaya tambahan lagi, kok!

    Apakah Bisa Diakses Kapan pun dan di mana pun?

    Untuk Roboguru, kamu bisa mengaksesnya kapan pun dan di mana pun. Kamu bisa akses melalui laptop, PC, smartphone, bahkan kamu juga bisa akses melalui WhatsApp, lho! Jadi, kalau misal koneksi internet kamu lagi jelek dan cuma bisa buka WhatsApp aja, kamu tetap bisa tanya ke Roboguru lewat WhatsApp. Tinggal chat aja ke nomor WhatsApp Roboguru yaitu 0815-7815-0000.

    Roboguru juga bisa diakses 24 jam nonstop. Jadi, kalau kamu tipe anak yang suka belajar sampai tengah malam, kamu bisa lho, tanya ke Roboguru meskipun lagi tengah malam! 

    Terus kalau Brainly gimana? Nah, kalau Brainly sendiri, juga bisa diakses melalui laptop, PC, maupun smartphone. Tapi sayangnya, Brainly hanya bisa diakses melalui website atau aplikasi saja, ya! Tidak bisa melalui WhatsApp seperti Roboguru.

    Baca Juga: 6 Alasan Harus Coba Bimbel Online Ruangguru

    Jawaban yang Diberikan di Platform

    Di Roboguru, jawaban yang diberikan adalah jawaban langsung dari Master Teacher Ruangguru. Master Teacher Ruangguru sendiri merupakan tim pengajar Ruangguru yang memang ahli di bidangnya masing-masing. Jadi, kamu nggak perlu ragu akan kebenaran dan kredibilitas jawaban yang diberikan di Roboguru.

    Jawaban dari Master Teacher Ruangguru ini akan diberi label “Terverifikasi”, artinya jawaban tersebut sudah melalui proses verifikasi oleh tim Roboguru. Selain dari Master Teacher Ruangguru, pertanyaan yang kamu ajukan juga bisa dijawab oleh teman-teman sesama pengguna Roboguru, tapi jawaban dari teman-teman sesama pengguna tidak akan diberi label verifikasi.

    WuywyxhGOUojCduZ9Y1 pJYjgtRFEC1BIOJL8RKWIR894Ig 27M3s02Go8k0RAQBCxohYWyDF43KFyEnJY963Zz2BuC5x2C2ME0Q5y7vy1WHrcUCgX3U2AY rqpR12vFDBWan9Kt

    Sementara itu, untuk Brainly, jawaban yang diberikan adalah dari teman-teman sesama pengguna Brainly. Tapi biasanya, masing-masing jawaban akan memiliki jumlah vote, lalu jawaban yang paling banyak vote-nya akan diberi label “Top Answer”. 

    Tersedia Pembahasan dalam Bentuk Video

    Baik di Roboguru maupun di Brainly, tersedia jawaban atau pembahasan dalam bentuk teks maupun foto. Tapi, untuk pembahasan dalam bentuk video, hanya terdapat pada Roboguru saja, ya. Jawaban berupa video ini tentunya bisa lebih membantu kamu dalam memahami konsep materinya secara menyeluruh. Terutama bagi kamu yang memiliki tipe belajar audio visual atau cenderung senang belajar dengan menonton video.

    Nah, itu tadi beberapa perbandingan antara dua platform tanya-jawab online yakni Roboguru dan Brainly. Kalau dari pengalaman penulis sendiri, Roboguru memiliki kelebihan dibandingkan Brainly karena jawaban yang didapatkan merupakan jawaban langsung dari Master Teacher. Jadi, nggak perlu khawatir jawabannya salah, deh!