perbedaan rangkuman dan ringkasan

    Gaes, kalo semisal gue nanya nih ke lo semua, apa sih perbedaan rangkuman dan ringkasan? Kira-kira lo bakal ngejelasin kayak gimana ke gue? Apa jangan-jangan lo malah bilang ke gue kalo rangkuman dan ringkasan itu sama aja? 

    Kalaupun semisal lo bilang ada perbedaan antara rangkuman dan ringkasan, kira-kira lo bisa ngga ngejelasin apa dan gimana perbedaannya ke gue? Gue paham sih, memang antara rangkuman dan ringkasan tuh hampir serupa tapi sebenernya nggak sama. 

    Jadi, disini gue mau coba share ke lo semua, mengenai perbedaan rangkuman dan ringkasan, selain itu, gue juga bakal kasih contohnya. Bukannya apa sih, bisa aja kan nanti lo bakalan ketemu dengan soal yang mempertanyakan perbedaan antara rangkuman dan ringkasan? Gue harap sih, dengan apa yang gue share ini bakalan bisa bermanfaat buat lo kedepannya. 

    Jadi, pertama-tama nih, gue mulai dari rangkuman dulu nih ya, lo pada tau nggak definisi dari rangkuman itu apa? 

    Nah, jadi, rangkuman itu adalah suatu kegiatan yang dilakukan untuk menyajikan kembali sebuah teks yang panjang menjadi lebih ringkas. Meskipun demikian, dalam rangkuman, penyajiannya dilakukan dengan tetap mempertahankan intisari yang ada pada kalimat utama dan juga kalimat penjelas. Artinya, kegiatan merangkum dilakukan tanpa menghilangkan pokok pikiran inti pada teks yang sedang dirangkum, sehingga tulisan rangkuman menjadi lebih padat materi, lebih ringkas secara isi serta lebih jelas untuk dibaca dan dimengerti. 

    Sedangkan ringkasan adalah suatu kegiatan yang dilakukan untuk menyajikan sebuah tulisan teks panjang menjadi lebih pendek. Meskipun demiikian, dalam ringkasan, penyajian teks yang diperingkas tidak bersifat berurutan. Artinya, dalam teks panjang yang diringkas tidak selalu harus berurutan, dan besar kemungkinan hanya bisa dipahami dan dibaca oleh orang yang meringkas. Bahkan, secara isi, ringkasan bisa jauh lebih pendek  ketimbang bentuk tulisan rangkuman. 

    Jadi, itulah perbedaan antara rangkuman dan rangkuman berdasarkan dari pengertiannya. 

    Contoh rangkuman ; 

    RANGKUMAN CIRI-CIRI MAKHLUK HIDUP 

    Sebuah benda dapat digolongkan ke dalam golongan benda hidup (makhluk hidup) apabila memiliki ciri-ciri sebagai berikut: 

    a. Membutuhkan makan. Setiapmakhluk hidup membutuhkan makan sebagai bahan untuk menghasilkan energi serta untuk membangun tubuh dan menggantikan sel-sel tubh yang telah rusak. 

    b. Bernafas. Setiap makhluk hidup akan bernafas untuk membakar makanan dan menghasilkan energi guna pertumbuhan dan perkembangan. Berdasarkan ada atau tidakya oksigen maka pernafasan dibedakan menjadi dua: 

    1) Respirasi anaerob. Yaitu pernapasan yang tidak memakai oksigen. Sebagian besar bakteri dan sel hewan (saat lelah) yang melakukan respirasi ini. 

    2) Respirasi aerob. Yaitu pernapasan yang menggunakan oksigen. Oksigen yang berada diudara akan diikat melalui sistem pernapasan atau bagian tubuh makhluk hidup untuk mendapatkan energi.

    Contoh ringkasan ; 

    Para Priyayi

    Novel ini mengisahkan tentang Soedarsono, anak dari keluarga buruh tani yang keluarga dan kerabatnya mendorong untuk membangun dinasti keluarga priyayi. Berkat dorongan seorang asisten Wedana, ia pun bersekolah dan menjadi guru desa.

    Dari sinilah ia masuk elite birokrasi sebagai seorang priyayi pengreh praja. Sementara ketiga anaknya tumbuh sebagai perwira PETA dan istri Wedana. Cita-cita keluarganya pun berhasil.  

    Apakah hal ini benar? Lalu apa sebenarnya yang dimaksud “priyayi”? Apakah status sosial?  Ataukah pandangan dunia dari kelas menengah elite birokrasi? Sekedar gaya hidup ataukah semuanya?  Jadi, begitulah gaes perbedaan rangkuman dan ringkasan berdasarkan pengertian dan contohnya, semoga dengan ini lo bisa paham perbedaan rangkuman dan ringkasan.