Dalam artikel ini kita akan bahas tentang pengertian, unsur, dan struktur teks ulasan ya gaes. Simak yuk!

Apa Sih Teks Ulasan Itu? Baca Deh Artikel Ini

Pas lo udah baca sebuah buku terus endingnya nggak enak atau ngebingungin, respon lo gimana? Pasti ngedumel kan? Nah, ngedumel atau marah-marah alias bingung nggak jelas itu wujud dari sebuah ulasan yang lo ekspresikan. Jangan salah lho, ada sebuah teks yang emang khusus mengulas sebuah buku, namanya teks ulasan atau resensi. Dalam artikel ini kita akan bahas tentang unsur dan struktur teks ulasan kelas 8 ya gaes. Simak yuk!

Pengertian Teks Ulasan

Teks ulasan adalah teks yang mengulas isi buku. Nama lain dari teks ini ialah teks resensi. Dalam teks ini selain menampilkan pembahasan isi dari sebuah buku, ditampilkan juga informasi lain dari buku yang diulas seperti identitas buku bahkan tampilannya.

Unsur dalam Teks Ulasan

Sebuah teks ulasan itu bisa dikatakan utuh kalau ada unsur-unsur berikut. Apa aja sih unsur dari teks ulasan itu?

1. Judul

Sama kayak teks lain, teks ulasan itu juga harus punya judul. Judul yang lo buat dalam teks ulasan itu harus menarik ya karena bakalan memberikan nilai yang lebih buat pembaca.

2. Identitas Buku

Buku emang nggak punya KTP atau SIM, tapi buku juga punya identitas. Nah, dalam sebuah teks ulasan identitas buku itu harus disebutkan juga. Ini dia identitas dari sebuah buku:- judul buku

– pengarang
– penerbit
– tahun terbit
– dimensi buku
– harga buku

3. Isi Ulasan

Bagian ini isinya itu sinopsis. Apa sih sinopsis itu? Sinopsis itu ulasan singkat dari buku dengan menyebutkan keunggulan dan kelemahan dari buku tersebut.

Baca Juga: Pengertian, Unsur, dan Struktur Teks Eksposisi

B. Struktur Teks Ulasan



Sekarang lo udah tau nih  unsur dari teks ulasan, nah sekarang penjelasan dari struktur teks ulasan nih. Teks ulasan itu punya 5 struktur. Apa aja sih?

1. Identitas

Dalam bagian ini mencakup judul, pengarang, penerbit, tahun terbit, tebal halaman, dan ukuran buku.

2. Orientasi

Orientasi terletak di paragraf pertama yang menjelaskan tentang kelebihan dari buku yang diulas.

3. Sinopsis

Ringkasan dari penulis tentang gambaran dari isi buku yang dibaca.

4. Analisis

Penjelasan tentang unsur cerita dalam buku tersebut seperti tema, penokohan, alur, dan amanat.

5. Evaluasi

Penjelasan kelebihan kekurangan buku, plus manfaat dari membaca buku yang diulas.

Gimana nih gaes? Udah paham dong sekarang tentang pengertian, unsur dan struktur teks ulasan? Semoga bisa menambah pemahaman lo ya tentang materi Bahasa Indonesia kelas VII ini. Jangan lupa ya bagikan artikel ini jika menurut lo ini bermanfaat.


Kalau penjelasannya belum cukup jelas, yuk langganan Ruangguru. Ada ribuan video animasi dengan guru terbaik yang siap menamani kamu belajar. Sekarang lagi ada diskon gede nih. Pakai kode diskon MAUTIDUR ya buat dapetin diskonnya.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *