teks eksplanasi kelas 8
Gaes, lo tau nggak gimana sih proses terjadinya sebuah bencana alam seperti tsunami atau gempa bumi gitu? Hmmmm…belum tau ya? Biar makin tahu, yuk kita belajar bareng-bareng soal teks eksplanasi pengertian dan strukturnya.

Pengertian Teks Eksplanasi

Pengertian teks eksplanasi sendiri itu merupakan teks yang menjelaskan proses terjadinya atau terbentuknya suatu fenomena alam atau sosial. Pada teks eksplanasi juga sebuah peristiwa timbul karena ada peristiwa lain sebelumnya dan peristiwa tersebut mengakibatkan peristiwa yang lain sesudahnya. Gampang diinget kan? Nah, sekarang kita pelajari yuk struktur teks eksplanasi.

Struktur Teks Eksplanasi

1. Pernyataan Umum

Pernyataan umum itu isinya penjelasan dari fenomena yang akan dibahas. Misalnya lo mau ngebahas tentang tsunami nih, ya berarti lo gambarin tuh tentang tsunaminya secara umum dulu.



2. Deretan Penjelas

Nah, ini sudah masuk ke penjelasan yang lebih rinci dari pernyataan umum. Deretan penjelas ini bisa terdiri lebih dari dua paragraf lho.

3. Interpretasi

Sifat dari interpretasi ini opsional, artinya bukan sebuah keharusan yang harus ditulis. Interpretasi merupakan simpulan dari pernyataan umum dan deretan penjelas. Isinya bisa berupa tanggapan atas pernyataan tersebut.
Lo pasti masih bingung kan kalo nggak dikasih contoh teks eksplanasi? Tenang. Mataoker bakalan kasih contoh teks eksplanasi. Teks ini berjudul TSUNAMI.

Tsunami 
Tsunami adalah istilah yang berasal dari Jepang, terdiri atas dua kata tsu dan name yang berarti ‘pelabuhan’ dan ‘gelombang’. Para ilmuan mengartikannya sebagai gelombang pasang atau gelombang laut akibat gempa.

Tsunami adalah gelombang laut besar yang datang dengan cepat dan tiba-tiba menerjang kawasan pantai. Gelombang tersebut terbentuk akibat dari aktivias gempa atau gunung merapi yang meletus di bawah laut. Besarnya gelombang tsunami menyebabkan banjir dan kerusakan ketika menghantam daratan pantai.
 
Pembentukan tsunami terjadi saat dasar laut pemukaannya naik turun di sepanjang patahan selama gempa berlangsung. Patahan tersebut mengakibatkan terganggunya keseimbangan air laut. Patahan yang besar akan menghasilkan tenaga gelombang yang besar pula. Beberapa saat setelah terjadi gempa, air laut akan surut.

Setelah surut, air laut kembali ke arah daratan dalam bentuk gelombang besar. Selain itu, pembentukan tsunami juga disebabkan oleh letusan gunung merapi di dasar lautan. Letusan tersebut menyebabkan tingginya pergerakan air laut atau perairan di sekitarnya. Semakin besar tsunami, makin besar pula banjir atau kerusakan yang terjadi saat menghantam pantai.
 
Tsunami memang telah menjadi salah satu bencana yang menyebabkan kerusakan besar bagi manusia. Kerusakan terbesar terjadi saat tsunami tersebut menghantam permukiman penduduk sehingga menyeret apa saja yang dilaluinya. Oleh sebab itu, kita harus selalu waspada dan mempersiapkan diri menghadapi bencana ini. Namun, kita tidak perlu terlalu khawatir karena tidak semua tsunami membentuk gelombang besar. Selain itu, tidak semua letusan gunung merapi atau gempa yang terjadi diikuti dengan tsunami.
Paragraf pertama dari teks tersebut merupakan pernyataan umum, paragraf keduanya itu deretan penjelas, dan paragraf terakhir itu interpretasi. Sekarang udah jelas kan pengertian dan struktur teks eksplanasi? Coba sekarang tulis yuk teks eksplanasi yang udah lo buat. Coba biar makin paham ikutan latihan di link berikut ini ya.
Kalau penjelasannya belum cukup jelas, yuk langganan Ruangguru. Ada ribuan video animasi dengan guru terbaik yang siap menamani kamu belajar. Sekarang lagi ada diskon gede nih. Pakai kode diskon MAUTIDUR ya buat dapetin diskonnya

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *