teknologi digital

    Dalam artikel ini kita akan sama-sama membahas tentang pengertian dan pemanfaatan teknologi digital. Simak penjelasan selengkapnya di artikel berikut ini.

    Pengertian Teknologi Digital

    Sederhananya, teknologi digital adalah suatu alat yang tidak lagi menggunakan tenaga manusia secara manual, tetapi mengutamakan pada sistem pengoperasian otomatis melalui sistem komputerisasi. Pada dasarnya, teknologi digital berawal dari kata “digit” yang berarti angka, yang sebenarnya adalah sistem penghitung cepat yang memproses bentuk-bentuk informasi dalam nilai numerik.

    Teknologi digital merupakan pengembangan dari teknologi analog. Perbedaan antara kedua teknologi adalah, teknologi analog mengirim sinyal berupa gelombang radio. Sedangkan teknologi digital mengirim sinyal berupa data digital, yang terdiri dari angka biner 1 dan 0. Sebagai contoh terdapat telepon, kamera, televisi dan beberapa perangkat lainnya yang dibuat dengan kedua jenis teknologi.

    Telepon analog misalnya, mengubah sinyal suara yang diberikan oleh penelepon menjadi sinyal listrik. Perubahan sinyal ini dilakukan oleh microphone. Kemudian sinyal listrik tadi, ditransmisikan melalui jaringan telepon dan tiba di penerima. Sesampainya di penerima, sinyal listrik yang ditransmisi diubah kembali menjadi sinyal suara oleh speaker.

    Sedangkan telepon digital memiliki proses yang lebih kompleks. Sebelum ditransmisi, sinyal suara diubah menjadi kode-kode digital (angka biner 1 dan 0). Sebut saja penelepon mengucapkan kata, “Selamat pagi”, akan terdapat sederet angka biner.

    Pemanfaatan Teknologi Digital

    Baca Juga: Pengertian Pendidikan Karakter

    Meskipun kedua jenis teknologi pernah (atau masih) ada dalam era yang sama, teknologi digital memiliki beberapa macam keuntungan yang tidak dimiliki teknologi analog, yaitu :

    1. Konektivitas Sosial

    Teknologi digital membuat berhubungan dengan keluarga dan teman menjadi lebih mudah, dan bekerja dari jarak jauh, bahkan jika sedang berada di belahan dunia yang lain. Komunikasi dapat dilakukan melalui kata-kata yang disampaikan melalui chat di social media, video dan audio. 

    2. Kecepatan Komunikasi

    Meningkatnya kecepatan internet dapat membantu transfer informasi dalam jumlah yang besar di seluruh web secara hampir bersamaan, memungkinkan untuk stream video dan audio dalam waktu yang nyata, mengirimkan file data berukuran besar dan mengakses data secara virtual di mana pun.

    3. Memudahkan Pekerjaan

    Sifat alamiah pekerjaan sudah ditransformasikan oleh teknologi digital. Dengan meningkatnya pilihan konektivitas, banyak orang kini memiliki banyak peluang untuk bekerja dari rumah dan bekerja jarak jauh, tanpa kesulitan.

    4. Kesempatan Belajar

    Baca Juga: 5 Tips Belajar Menghadapi UTBK

    Siapapun yang memiliki akses menuju internet kini juga memiliki akses ke pengetahuan yang luas di web. Pelajaran dan kursus kini bisa disampaikan dan dilakukan secara virtual dalam jaringan. Misalnya ketika ingin mempelajari bahasa baru dan ingin mengetahui peristiwa asing.

    5. Otomatisasi

    Perkembangan teknologi digital membuat mesin menjadi lebih pintar; tidak lagi memerlukan manusia untuk mengoperasikannya, sehingga membuat para pekerja terhindar dari pekerjaan yang sifatnya repetitif. Selain itu, mesin yang lebih pintar juga dapat menghasilkan sesuatu dengan standar yang lebih baik dibandingkan dengan buatan tangan manusia, misalnya lebih higienis, lebih baik bagi pengalaman pengguna, dan lebih efektif bagi pelanggan.

    6. Gudang Informasi

    Teknologi digital memungkinkan pengguna untuk menyimpan berbagai macam informasi yang jumlahnya banyak dan besar, dalam ruang yang sebenarnya sangat kecil. Media berukuran besar seperti foto, musik, video, informasi kontak dan dokumen lainnya, bisa disimpan dan dibawa dalam perangkat kecil seperti telepon genggam. Begitu pula memungkinkan untuk dapat diakses kapan saja dan di mana saja, asalkan ada akses internet.

    7. Penyuntingan

    Baca Juga: Pengertian, Contoh, dan Contoh Soft Skill

    Penyuntingan video, foto dan naskah yang awalnya membutuhkan peralatan khusus dan studio, kini dapat dilakukan di laptop, tanpa harus keluar dari kamar tidur.

    8. Duplikasi yang Akurat

    Dengan teknologi digital, pengguna dapat membuat duplikasi dari sebuah media dengan tingkat akurasi yang tinggi. Misalnya ketika ingin mengirimkan laporan pekerjaan kepada beberapa penerima, maka pengguna dapat mengirimkannya melalui e-mail.

    9. GPS

    Ketika berhubungan dengan lokasi dan peta, teknologi GPS akan sangat membantu. Pasalnya, tidak hanya lokasi yang dituju, tapi juga pengguna dapat mengetahui di mana posisinya, tingkat kemacetan dan penutupan jalan terjadi, termasuk  di mana rute jalan alternatif berada.

    10. Transportasi

    Tidak hanya manusia saja yang kini bergantung pada teknologi digital, tapi alat transportasi juga. Ketika memesan tiket keberangkatan misalnya, sekarang sudah lebih sering digunakan dibandingkan langsung memesannya di tempat. 

    11. Hemat Biaya

    Selain dari membayar layanan internet dan yang lainnya seperti modem, banyak sekali yang dunia digital tawarkan secara gratis. Misalnya mengirim e-mail, atau komunikasi dengan video-call, dan berselancar di internet tanpa memakan biaya apapun.

    12. Hiburan

    Sejak revolusi internet dimulai, banyak industri hiburan dan bagaimana masyarakat menghibur diri mereka sudah berubah total. Banyak dari mereka mendapatkan kesenangan dengan mengakses social media atau bermain games di komputer. Bahkan, banyak media tradisional sudah berkembang menjadi digital juga, seperti televisi dan radio.

    13. Berita

    Meningkatnya jumlah orang yang mendapatkan berita dalam jaringan, baik melalui website atau social media. Bahkan media pemberitaan tradisional kini sudah beralih menjadi teknologi digital seperti televisi dan radio.

    14. Peperangan

    Menghindari memakan jumlah korban fisik, kini kemajuan teknologi bisa membuat risiko ini menjadi kecil, yaitu dengan membuat peperangan bisa dilakukan dengan jarak jauh.

    15. Bank dan Finansial

    Dengan adanya digitalisasi dalam ranah finansial, kini pengguna bank dapat mengakses keuangan mereka dengan mudah. Mereka dapat mengecek pemasukan dan pengeluaran, mengatur transfer dan pembayaran tagihan melalui laptop, tablet atau telepon genggam, dengan syarat akses internet saja.

    16. Perangkat dengan Ukuran Lebih Kecil

    Efek yang paling umum dari digitalisasi adalah perangkat yang kecil tapi serbaguna. Kini telepon genggam yang dibawa adalah komputer kecil. Misalnya saja kini dengan telepon genggam, para pengguna bisa mengakses internet, atau telepon tersebut bisa bekerja sebagai kalkulator, merencanakan perjalanan, menangkap dan memainkan berbagai macam media seperti foto, audio dan video. Bahkan juga menyediakan games untuk hiburan penggunanya.

    Dengan demikian, banyak sekali manfaat yang saat ini sudah dialami oleh banyak orang terkait teknologi digital. Mulai dari cara berkomunikasi jarak jauh, hingga ke ‘komputer kecil’, atau telepon genggam yang menjadi kebutuhan sehari-hari.

    Sumber referensi:
    https://turbofuture.com/computers/Advantages-of-Digital-Technology