sekolah kedinasan

    Siapa nih yang yang pingin lulus kuliah kerjanya dijamin sama perguruan tinggi? Wah pasti semua pingin dong yaa. Jadi ada jenis perguruan tinggi yang menjamin para lulusannya loh namanya sekolah kedinasan. Penasaran kan apa itu, ini informasinya buat kalian!

    Pengertian Sekolah Kedinasan

    Jadi namanya tuh sekolah kedinasan, udah pernah denger kan. Sekolah kedinasan punya pengertian sebagai suatu perguruan tinggi negeri yang tata pengelolaannya berada dibawah naungan suatu instansi pemerintahan sebagai lembaga penyelenggara program pendidikan perguruan tingginya. 

    Sekolah kedinasan pada umumnya sering diakronimkan sebagai Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK), namun kadang-kadang disebut sekolah pendidikan, dikarenakan sebagian perguruan tinggi kedinasan masih berstatus sebagai sekolah tinggi, sehingga pada umumnya orang masih seringnya sih nyebut sebagai Sekolah Kedinasan. Ada nih beberapa sekolah kedinasan yang berstatus sekolah tinggi, antara lain Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS), dan juga Politeknik Negeri Keuangan Negara STAN (PKN STAN). 

    Cara bedain antara sekolah kedinasan dan sekolah non kedinasan dalam lingkup perguruan tinggi bisa kita liat dari lembaga yang menaungi tata kelola sekolah tersebut. Bila beberapa kampus seperti Universitas Jember ataupun Universitas Indonesia berada di bawah naungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, maka Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK) yang ada di Indonesia berada dibawah naungan instansi yang bersangkutan. Semisal, Politeknik Negeri Keuangan Negara STAN (PKN STAN) yang sistem tata pengelolaannya berada dalam naungan Kementerian Keuangan. 

    Daftar Sekolah Kedinasan di Indonesia

    Buat kalian yang pingin daftar sekolah kedinasan, berikut ini beberapa daftar sekolah kedinasan yang ada di Indonesia. 

    1. Politeknik Negeri Keuangan Negara STAN (PKN STAN)

    Perguruan tinggi kedinasan yang satu ini pasti udah tau lah yaa dimana merupakan lembaga pendidikan yang berada dibawah naungan kementerian keuangan yang fokusnya pada penjurusan program Akuntansi, Perpajakan, Kepabeanan dan Cukai, serta Manajemen Keuangan.

    1. Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN)

    Sekolah kedinasan yang dibawah naungan kementerian dalam negeri ini punya beberapa program jurusan seperti Program Studi Kebijakan Publik, Administrasi Pemerintahan Daerah, dan lain sejenisnya. 

    1. Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS)

    Sekolah tinggi yang berada dibawa naungan Badan Pusat Statistik (BPS) ini tuh fokusnya sama jurusan statistika dan juga komputasi statistika. 

    1. Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN) 

    Sekolah kedinasan yang satu ini berada di bawah naungan Badan Intelijen Negara (BIN). Yang mau jadi intel nyamar jadi tukang batagor boleh nih daftar.

    1. Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (STMKG) 

    Seperti namanya, sekolah kedinasan yang satu ini berada di bawah naungan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG). Cocok banget buat kalian yang demen mantau keadaan alam nih. 

    1. Poltek SSN

    Politeknik Siber dan Sandi Negara ini sebagai salah satu sekolah kedinasan berada di bawah naungan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN). Sabi lah buat kalian yang pengen ngatasin Cyber Crime.

    Cara Daftar Sekolah Kedinasan

    1. Membuka laman https://sscasn.bkn.go.id
    2. Membuat sebuah akun pribadi SSCASN dengan make identitas NIK yang sudah tervalidasi oleh Dukcapil dan dilanjut dengan mencetak kartu informasi akun.
    3. Login ke laman SSCN dengan memasukkan NIK beserta password yang sudah tervalidasi.
    4. Mengupload swafoto dan memilih sekolah kedinasan, mengunggah nilais serta sederet berkas dokumen yang dibutuhkan.
    5. Mengecek resume dan juga mendownload bukti kartu pendaftaran 

    Selebihnya mengenai cara mendaftar sekolah kedinasan bisa mengakses https://sscasn.bkn.go.id/

    Udah lengkap banget kan, biar kalian paham tentang sekolah kedinasan. Selain itu kalian juga udah bisa nentuin mau daftar di sekolah yang mana sesuai minat dan bakat kalian.  Semangat yaa guys jangan lupa belajar banyak-banyak, see you!