teks biografi

Teks Biografi: Pengertian, Ciri, Struktur, dan Contoh

Dalam artikel ini Blog Mataoker akan membahas tentang pengertian, contoh, dan struktur teks biografi. Selamat membaca dan semoga bermanfaat.

Pengertian Teks Biografi

Banyak dari kita memiliki seorang idola yang kita jadikan panutan dalam hidup. Lalu banyak juga dengan mengidolakan seseorang membuat kita ingin mengikuti kisah perjalanannya sejak tokoh tersebut masih kecil hingga sukses sebagaimana yang kita ketahui. Kita mencari kisah perjalanan tokoh-tokoh itu dengan membaca di website atau dengan membaca buku tentang mereka.

Kisah yang kita baca mengenai tokoh yang kita idolakan adalah biografi. Teks biografi adalah teks tentang kisah atau cerita perjalanan hidup suatu tokoh, baik berupa kelebihan, masalah atau kekurangan yang ditulis oleh seseorang agar tokoh tersebut bisa menjadi teladan bagi sekitarnya.

Baca Artikel Lainnya:

Teks Debat: Pengertian, Ciri, dan Kaidah Kebahasaan

Teks Eksemplum: Pengertian, Ciri, Struktur, dan Contoh

Teks Prosedur: Pengertian, Ciri, Jenis, dan Contoh

Selain biografi, terdapat juga autobiografi. Yang membedakannya terdapat pada penulis teks tersebut. Biografi ditulis oleh orang lain, sedangkan autobiografi ditulis oleh diri sendiri. Inti dari teks ini adalah untuk memberikan contoh yang baik kepada para pembaca.

Ciri Teks Biografi

Nah itu tadi penjelasan singkat mengenai teks debat di Blog Mataoker. Buat kamu yang mau belajar lebih dalam lagi soal materi ini, langganan produk Ruangguru yuk dengan pakai kode diskon MAUTIDUR. Dapatkan potongan harga untuk paket ruangbelajar, Brain Academy, dan English Academy setelah kamu pakai kode tersebut.

kode diskon ruangguru terbaru

Ciri-ciri teks biografi adalah sebagai berikut:

  1. Dibuat berdasarkan informasi fakta dan disajikan dalam bentuk narasi

Fakta yang dimaksud pada ciri ini tidak berupa data statistik, melainkan tentang pengalaman tokoh.

  1. Informasi tersebut berdasarkan pengalaman hidup seseorang yang diceritakan dalam tokoh biografi itu

Penuturan dalam teks biografi menekankan pada sejarah pengalaman si tokoh yang ditulis. Oleh karena itu, tokoh yang ditulis dalam biografi biasanya merupakan tokoh besar, yang memiliki pengalaman hodup yang mengubah sudut pandang banyak orang.

  1. Pengalaman hidup seorang tokoh itu bercerita tentang bagaimana ia menghadapi masalah-masalah yang membuatnya menjadi seseorang yang sukses

Masalah yang terdapat pada biografi merupakan bagian yang menghidupkan kisah perjalanan biografi itu menarik untuk diikuti. Hal ini dikarenakan dengan menceritakan bagaimana tokoh menghadapi masalahnya, para pembaca akan menemukan sebuah pembelajaran.

  1. Teks biografi memiliki struktur yang jelas.

Biografi berbicara mengenai sejarah perjalanan tokoh, oleh karena itu penulis biografi harus cermat dalam mencatat runtutan tahun dan proses bagaimana tokoh tersebut berkembang. Struktur yang jelas dapat memberikan kemudahan untuk pembaca memahami pesan yang disampaikan oleh penulis.

  1. Memiliki setting tempat

Perjalanan hidup seseorang yang ditulis dalam biografi terjadi secara nyata, oleh karena itu penting untuk menunjukkan setting tempat. Setting tempat ini dapat berubah-ubah, tergantung pada kejadian penting yang dialami oleh tokoh tersebut.

  1. Terdapat pesan pembelajaran

Tujuan awal teks biografi ditulis adalah membuat pembaca mendapatkan pembelajaran dari tokoh yang diceritakan. Karena tokoh-tokoh ini biasanya adalah tokoh yang berpengaruh dan telah menghadapi berbagai macam masalah dan peristiwa. Sehingga pembaca dapat bercermin dari tokoh di dalam biografi itu jika memiliki masalah yang serupa.

Struktur Teks Biografi

Struktur biografi terdiri atas:

Orientasi

Bagian orientasi menceritakan bagaimana kisah awal tokoh berlangsung.

Peristiwa dan masalah

Pada bagian ini, tokoh mengalami berbagai peristiwa yang dialaminya. Pada bagian ini pula terdapat penjelasan suatu cerita, baik berupa pemecahan masalah, perjalanan karir, peristiwa menyenangkan, menegangkan, menyedihkan hingga mengesankan yang dialami oleh tokoh. Kemudian peristiwa tokoh berhasil meraih mimpi dan mencapai kesuksesannya diceritakan di bagian ini.

Reorientasi

Bagian ini merupakan bagian penutup, berisi tentang pandangan penulis kepada tokoh yang diceritakannya. Namun, bagian ini sebenarnya bersifat opsional. Jika teks biografi masih dapat dikatakan demikian meskipun tidak memiliki bagian reorientasi.

Contoh Teks Biografi

Nah itu tadi penjelasan singkat mengenai teks debat di Blog Mataoker. Buat kamu yang mau belajar lebih dalam lagi soal materi ini, langganan produk Ruangguru yuk dengan pakai kode diskon MAUTIDUR. Dapatkan potongan harga untuk paket ruangbelajar, Brain Academy, dan English Academy setelah kamu pakai kode tersebut.

kode diskon ruangguru terbaru

Berikut adalah contoh teks biografi:

Biografi BJ Habibie

Orientasi

BJ Habibie lahir pada 25 Juni 1936 di Pare-Pare, Sulawesi Selatan. Presiden ketiga Indonesia ini memiliki nama lengkap Prof. DR (HC). Ing. Dr. Sc. Mult. Bacharuddin Jusuf Habibie. Beliau pernah menjabat sebagai Wakil Presiden RI ketujuh. Ibunda Habibie berasal dari Jawa, sedangkan ayahnya asal Pare-Pare. Beliau memiliki kecerdasan pada ilmu teknologi dan pengetahuan, terutama fisika, semenjak masih kecil.

Peristiwa Penting

Beliau kuliah Teknik Mesin di ITB atau Institut Teknologi Bandung selama enam bulan, kemudian ia melanjutkan pendidikannya ke Jerman pada 1955 di Rhenisch Wesfalische Tehnische Hochscule. Kuliahnya dibiayai ibunya, R.A. Tuti Marini Puspowardoyo. Butuh waktu 10 tahun Habibie muda menuntaskankan studi S-1 sampai S-3 di Aachen, Jerman. Tak seperti kebanyakan mahasiswa Indonesia yang memperoleh beasiswa ke luar negeri, selama kuliah S1 dan S2, yang membiayai kuliahnya adalah Ibundanya, di mana ibu Habibie menjalankan usaha katering dan menyewa rumah di Bandung sebagai penghasilan untuk hidup dan membayar biaya kuliah Habibie.

Selama beliau kuliah di Jerman, Habibie menekuni dan menggeluti bidang desain dan konstruksi pesawat terbang di Fakultas Teknik Mesin. Butuh waktu lima tahun untuk mengakhiri studi di Jerman, Habibie pun memperoleh gelar Dilpom-Ingenenieur atau diploma teknik dengan predikat terbaik atau summa cumlaude.

Reorientasi

Setelah beliau menikahi teman semasa SMA-nya, yakni Ibu Hasri Ainun Besari pada 1962, lalu Habibie melanjutkan program doktoral dan dengan istrinya yang tinggal bersamanya di Jerman. Pada saat itu Habibie harus bekerja untuk membayar uang kuliah dan biaya kebutuhan rumah tangga. Semasa hidupnya beliau telah berkontribusi banyak bagi negara ini, membuat pesawat terbang RI pertama.

Nah itu tadi penjelasan singkat mengenai teks biografi di Blog Mataoker. Buat kamu yang mau belajar lebih dalam lagi soal materi ini, langganan produk Ruangguru yuk dengan pakai kode diskonĀ MAUTIDUR. Dapatkan potongan harga untuk paket ruangbelajar, Brain Academy, dan English Academy setelah kamu pakai kode tersebut.

kode diskon ruangguru terbaru

Sumber: 

Blog Ruangguru

Notepam.com

Related Posts