apa itu teks eksemplum

Teks Eksemplum: Pengertian, Ciri, Struktur, dan Contoh

Kita suatu saat mungkin pernah membaca suatu cerita dalam narasi yang tidak panjang di suatu media cetak atau media sosial. Tapi kita tahu, cerita tersebut tidak seperti cerita pada umumnya, karena sangat pendek, tidak lebih dari satu halaman. Mungkin cerita yang dimaksud merupakan teks eksemplum.

Pengertian Teks Eksemplum

Teks eksemplum ini merupakan cerita tentang perilaku atau tokoh. Cerita ini akan dimulai dengan pengenalan tokoh, kemudian peristiwa yang telah dilaluinya, dan diakhiri dengan interpretasi tokoh tersebut.

Biasanya, teks eksemplum menceritakan pengalaman hidup tokoh yang ada dalam ceritanya. Berawal dari sebuah peristiwa yang terjadi padanya, kemudian di akhir cerita, tokoh tersebut mendapatkan hikmah dari peristiwa yang telah terjadi. Tujuan dari teks eksemplum adalah membuat sebuah cerita agar tidak melakukan kesalahan yang sama di lain waktu.

Baca Juga

Pengertian dan Contoh Soft Skill

Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik

Ciri Teks Eksemplum

Teks eksemplum sendiri memiliki ciri-ciri yang membedakannya dari teks lain, seperti:

  1. Peristiwa yang terjadi adalah sesuatu yang tidak diinginkan
  2. Memiliki struktur yang lengkap
  3. Terdapat urutan peristiwa yang jelas
  4. Menggunakan bahasa naratif
  5. Peristiwa yang diangkat adalah kejadian yang dialami dalam kehidupan sehari-hari
  6. Berisi amanat atau nilai yang disarankan untuk pendengar atau pembaca
  7. Unsur bahasa yang digunakan adalah kata kerja, konjungsi, kalimat kompleks, dan referensi.

Struktur Teks Eksemplum

Sebagaimana yang terdapat pada ciri-ciri, teks eksemplum memiliki struktur yang lengkap. Yaitu orientasi, insiden dan interpretasi.

Orientasi

Orientasi adalah bagian awal yang berisi pengenalan tokoh. Pengenalan tokoh ini tidak selalu dimulai dengan siapa nama tokoh tersebut, atau siapa teman-temannya. Tapi dapat berupa kebiasaan dan perilaku yang menggambarkan bahwa tokoh tersebut memiliki sifat dan karakteristik seperti tokoh pada cerita-cerita.

Insiden

Insiden merupakan bagian yang mengandung masalah yang dihadapi tokoh dalam cerita. Masalah yang dihadapi biasanya merupakan lanjutan atau memiliki hubungan sebab-akibat dari sifat, karakteristik, perilaku atau kegiatan yang dideskripsikan di bagian pengenalan tokoh.

Interpretasi

Bagian ini, tokoh merasa menyesal atas apa yang telah terjadi padanya. Dalam interpretasi, tokoh akan memberikan pesan moral dan evaluasi untuknya sendiri atas kejadian yang menimpanya, tetapi secara tidak langsung disampaikan untuk pendengar atau pembaca.

Contoh Teks Eksemplum

kode diskon ruangguru terbaru

Kehabisan Bensin

Orientasi

Hampir setiap hari aku mengendarai motor ke kantor. Karena aku harus tiba di kantor pagi pukul 09.00, aku harus bangun pagi-pagi. Suatu kali pernah aku menonton pertandingan yang amat seru. Klub favoritku Manchester United melawan musuh bebuyutnya, Chelsea. 

Tentu saja aku tak bisa meninggalkan pertandingan itu. Agar tidak terlewat, aku tetap terjaga hingga pertandingan mulai pukul 02.00 dini hari. Pertandingan selesai pukul 04.00 dengan akhir tim favoritku jadi juara. Strategi yang mereka pakai sangat mengesankan. Aku menikmati waktu yang tersisa untuk tidur dengan perasaan senang.

Insiden

Pukul 07.15 aku terbangun. Tidur hanya tiga jam membuat kepalaku pusing. Mana aku harus buru-buru mandi dan tak sempat sarapan. Pukul 07.45 aku berangkat dari rumah dengan tergesa-gesa. Padahal aku biasa berangkat dari rumah jam 07.30 agar tepat sampai kantor jam 09.00.

Aku ngebut bak orang kesetanan. Namun tiba-tiba motorku mendadak berhenti. Aku baru sadar bensinku habis. Bensinku tinggal sedikit semalam. Aku lupa mengisinya. Apalagi aku terus-terusan ngegas dan ngerem, membuat bensin cepat habis. Akhirnya aku mendorong motorku. Lumayan jauh juga, sekitar 2 kilometer sampai aku ketemu penjual bensin eceran. 

Ah, masih pagi hariku sudah kacau. Aku telat sampai ke kantor dan kena omel bosku. Gajiku dipotong karena telat. Badanku pegal-pegal karena mendorong motor. Belum lagi pusing karena hanya tidur tiga jam. Ini hari paling sial dalam hidupku. 

Interpretasi

Aku kapok begadang. Walaupun senang karena tim kesukaanku menang, akibatnya tidak sepadan. Harusnya aku bisa mengatur strategi nonton bola dan ke kantor lebih hebat lagi. Seperti bagaimana Manchester United memenangkan pertandingan dengan strateginya yang cantik.

kode diskon ruangguru terbaru

Putri Tangguk

Orientasi

Alkisah, di Desa Bunga Tanjung ada seorang perempuan tua yang mempunyai huma. Humanya tidak begitu luas, hanya seluas tangguk penangkap ikan, tetapi hasilnya melimpah ruah.  Putri Tangguk nama perempuan itu. Ia memiliki tujuh orang anak.

Insiden

Pagi yang masih dingin tidak menghalangi niat Putri Tangguk dan suaminya pergi ke sawah untuk menuai padi demi memenuhi kebutuhan keluarga. Jalan menuju huma yang mereka tuju sangat licin sehingga Putri Tangguk beserta suami dan anak-anaknya sering tergelincir. Bahkan, anak-anaknya ada juga yang terjatuh. Perempuan setengah baya itu tampak kesal. “Jalan licin!” terdengar Putri Tangguk menyumpah. “Hari ini kita tidak perlu lama bekerja. Padi yang tertuai kita tumpahkan di jalan ini sebagai pengganti pasir. Besok kita masih dapat menuai padi,” kata Putri Tangguk sambil menggerutu. Padi yang sudah tertuai, mereka taburkan di sepanjang jalan yang mereka lalui. Mereka berharap jalan yang selalu mereka lalui tidak licin lagi.

Pada suatu malam anak Putri Tangguk terbangun dan menangis meminta nasi untuk makan. Putri Tangguk pergi ke dapur untuk mengambil nasi. Ketika tutup periuk dibuka, Putri Tangguk terkejut karena tidak ada nasi di dalamnya. Kemudian, ia berjalan menuju lumbung yang digunakan untuk menyimpan beras dan padi. Ia sangat terkejut ketika melihat lumbung itu kosong. Dengan setengah berlari, Putri Tangguk menuju lumbungnya yang lain. Ia semakin terkejut karena di dalam ketujuh lumbung padi yang dimilikinya tidak sebutir beras atau padi pun yang ditemuinya.

Setelah menyampaikan apa yang ditemuinya itu, Putri Tangguk dan suaminya bergegas berangkat menuju huma mereka. Akan tetapi, mereka sangat terkejut karena tidak sebatang pun padi ada di huma mereka. Dalam keadaan sedih, Putri Tangguk pulang ke rumah. Kesedihannya semakin bertambah ketika mendengar tangisan anak-anaknya yang kelaparan. Putri Tangguk jatuh miskin akibat kesombongannya dengan membuang-buang padi semaunya di jalan yang dilewatinya.

Interpretasi

Sebagai ciptaan Tuhan Yang Mahakuasa, manusia tidak boleh sombong dan angkuh. Manusia tidak boleh menghambur-hamburkan kekayaannya karena semuanya merupakan anugerah dan titipan Sang Pencipta. Putri Tangguk yang pada mulanya sangat kaya jatuh miskin karena kesombongan dan keangkuhannya. Ia tidak mensyukuri kekayaan yang telah diberikan Tuhan kepadanya.

Nah itu tadi penjelasan singkat mengenai teks eksemplum di Blog Mataoker. Buat kamu yang mau belajar lebih dalam lagi soal materi ini, langganan produk Ruangguru yuk dengan pakai kode diskon MAUTIDUR. Dapatkan potongan harga untuk paket ruangbelajar, Brain Academy, dan English Academy setelah kamu pakai kode tersebut.

Sumber:

Blog Ruangguru

Kompas.com

Related Posts