teks prosedur

    Mari belajar bersama dan cari tahu tentang pengertian, ciri, jenis, dan struktur teks prosedur di artikel berikut ini. Selamat belajar. Jangan lupa, jika bermanfaat share artikel ini ke teman-temanmu yang lain ya.

    Pengertian Teks Prosedur

    Ketika kita ingin memasak, merakit sebuah alat, atau menggunakan sebuah alat, kita akan mencari tahu bagaimana melakukan hal-hal tersebut. Kita kemudian akan menemukan sebuah teks dengan berbagai macam langkah yang mesti kita lakukan agar kita dapat memasak, merakit dan menggunakan sesuatu.

    Teks yang kita baca dapat kita temukan di mana-mana, baik di website atau di bungkus alat yang akan kita gunakan. Teks tersebut merupakan teks prosedur. Teks prosedur adalah sebuah teks yang berisi cara, tujuan untuk membuat atau melakukan sesuatu hal langkah demi langkah yang tepat secara berurutan, agar menghasilkan suatu tujuan yang diinginkan.

    Baca Artikel Lainnya:

    Teks Eksemplum: Pengertian, Ciri, Struktur, dan Contoh

    Soft Skill: Pengertian, Contoh, dan Macamnya

    Ciri Teks Prosedur

    kode diskon ruangguru terbaru

    Ciri-ciri yang terdapat pada teks prosedur secara umum adalah:

    1. Berisi langkah-langkah yang harus dilakukan
    2. Menggunakan syarat atau pilihan
    3. Bersifat universal, logis, akurat dan aktual
    4. Menggunakan kata kerja aktif dan kalimat perintah (imperatif)
    5. Menggunakan konjungsi
    6. Menggunakan kata keterangan untuk menyatakan rincian waktu, tempat dan cara
    7. Terdapat isi kegiatan yang harus dilakukan secara berurutan.

    Jenis Teks Prosedur

    Teks prosedur memiliki berbagai jenis, di antaranya adalah:

    Teks prosedur sederhana

    Teks prosedur sederhana merupakan suatu kegiatan yang bisa dilakukan hanya dengan dua hingga tiga langkah. Misalnya cara mengambil air panas dari dispenser.

    Teks prosedur kompleks

    Teks prosedur kompleks adalah kegiatan yang di dalamnya terdapat langkah-langkah rumit dan banyak yang mesti dilakukan secara berurutan. Misalnya prosedur membayar pajak bumi dan bangunan.

    Teks prosedur protokol

    Teks prosedur protokol menjelaskan langkah-langkah melakukan suatu kegiatan yang tata caranya tidak rumit agar mudah dipahami. Misalnya cara menyalakan telepon genggam.

    Struktur Teks Prosedur

    Teks prosedur memiliki struktur dalam penyusunannya, yaitu:

    Judul

    Judul yang dimaksud adalah sesuatu aktivitas atau kegiatan yang akan dilakukan. Misalnya, “Cara mengoperasikan kipas angin”.

    Tujuan

    Bagian tujuan merupakan kata pengantar berupa pernyataan pembuka di dalam teks prosedur yang menyampaikan tujuan penulisan teks tersebut.

    Material

    Material dalam teks prosedur berupa bahan dan peralatan yang akan dibutuhkan dalam proses produksi. Meskipun demikian, terkadang bahan dan peralatan dapat bersifat boleh ada dan boleh tidak ada.

    Tahapan

    Tahapan, proses atau langkah-langkah membuat atau menggunakan sesuatu ditulis secara berurutan dari awal hingga akhir. Hal ini dilakukan agar orang yang akan melakukan sesuatu dengan membaca teks prosedur dapat memahami dengan baik apa yang harus dilakukan.

    Contoh Teks Prosedur

    Berikut adalah contoh teks prosedur.

    Teks prosedur sederhana

    Cara Memasak Mie Instan

    • Rebus mie dengan air yang telah mendidih.
    • Setelah sudah cukup matang, tiriskan mie untuk beberapa menit dan buanglah air bekas rebusan mie.
    • Setelah ditiriskan, tuangkan air panas yang baru sebagai kuahnya.
    • Masukkan bumbu-bumbu yang telah tersedia.
    • Selamat menikmati mie rebus kesukaan anda.

    Teks prosedur kompleks

    Cara Membuat Akun Twitter

    Twitter merupakan salah satu media sosial layaknya seperti Facebook. Twitter bukan hanya digunakan di Indonesia, namun Twitter telah banyak digunakan di seluruh dunia, pengguna twitter hampir menyentuh semua lapisan masyarakat, baik dari kalangan menengah keatas ataupun sebaliknya. Bagaimana cara mendaftar akun Twitter? Ikuti langkah-langkah berikut ini untuk mendaftar akun Twitter dengan baik dan benar.

    • Langkah pertama, silahkan Anda pergi menuju halaman Twitter atau dengan menggunakan link berikut ini https://twitter.com/.
    • Selanjutnya Anda akan melihat kolom-kolom untuk mendaftar Twitter, silahkan isi semua kolom-kolom tersebut dengan baik dan benar.
    • Tahap berikutnya yaitu tahap konfirmasi data pendaftaran dan memasukan data nama pengguna.
    • Pada tahap yang in Anda akan diperkenalkan mengenai Twitter. Silahkan Anda klik “Ayo!” untuk menuju tahap berikutnya.
    • Lalu tahap selanjutnya Anda akan diminta untuk memilih minat Anda, minat yang dipilih akan menentukan halaman-halaman yang akan Anda ikuti pertama kali.
    • Anda akan diminta  melihat 40 daftar untuk Anda ikuti. Jika sudah selesai, silahkan klik “ikuti dan lanjutkan” untuk menuju tahap selanjutnya.
    • Selanjutnya Anda akan diminta mengupload foto untuk profil Anda.
    • Pada tahap ini Anda diminta untuk memasukkan email, setelah itu Anda harus verifikasi email. Setelah itu akun Twitter Anda berhasil digunakan.

    Teks prosedur protokol

    Cara Membuat Bakso

    Bahan:

    300 Gr Daging Sapi , 3 Sdm Tepung Kanji , 3 Buah Bawang Putih, Dihaluskan,1 Butir Telur(Putihnya Saja), 1 Sdt Baking Powder , 1 Sdt Garam Halus,1 Buah Maggi Blok, Merica Bubuk Secukupnya, Pala Bubuk Secukupnya, Air Secukupnya

    Pembuatan:

    • Pertama aduk semua bahan di atas dengan blender sampai tercampur rata dan lembut, ulangi berkali-Kali
    • Kedua, setelah halus dan merata, bentuk menjadi bulatan-bulatan bakso dengan menggunakan 2 buah sendok kecil.
    • Ketiga, Siapkan air lalu masukkan satu-persatu Bulatan-bulatan Bakso yang sudah dibentuk,tunggu sampai masak.

    Nah itu tadi penjelasan singkat mengenai teks prosedur di Blog Mataoker. Buat kamu yang mau belajar lebih dalam lagi soal materi ini, langganan produk Ruangguru yuk dengan pakai kode diskon MAUTIDUR. Dapatkan potongan harga untuk paket ruangbelajar, Brain Academy, dan English Academy setelah kamu pakai kode tersebut.

    Sumber:

    Blog Ruangguru

    Dosenpendidikan