teks artikel

Teks Artikel: Pengertian, Ciri, dan Jenis

Artikel Blog Mataoker kali ini akan membahas tentang pengertian, ciri, dan jenis teks artikel yang bisa kamu pelajari. Semoga bermanfaat dan selamat belajar

Pengertian Teks Artikel

Ketika membaca koran, atau sedang berselancar di internet dan menemukan sebuah bacaan dari suatu web tentang berita, olah raga, gosip, pelajaran dan sebagainya, mungkin kita belum memahami apa jenis tulisan tersebut. Tulisan yang dibaca baik secara online atau offline itu adalah artikel. Teks artikel adalah karangan berisi fakta dan opini yang dibuat untuk dipublikasikan dalam berbagai macam macam media cetak dan media sosial.

Tujuan dari penulisan artikel ini adalah menyampaikan suatu gagasan yang dilengkapi dengan data dan fakta dengan maksud untuk meyakinkan, mendidik atau menghibur pembaca.

Baca Artikel Lainnya:

Teks Biografi: Pengertian, CIri, Struktiur, dan Kaidah Bahasa

Teks Eksemplum: Pengertian, Ciri, Struktur, dan Contoh

Teks Prosedur: Pengertian, Ciri, Jenis, dan Contoh

Sedangkan Tomi Rianto, dalam Buku Cepat Menguasai Soal Bahasa Indonesia SMA dan MA (2019 ) mengatakan bahwa teks artikel adalah sebuah karya tulis lepas, yang berisi opini atau pendapat penulis mengenai isu permasalahan, dengan tujuan untuk memberi informasi, mempengaruhi, meyakinkan atau menghibur pembaca.

Ciri-ciri Teks Artikel

kode diskon ruangguru terbaru

Yang membedakan karya tulis ini dengan karya tulis lainnya, seperti novel, puisi dan yang lainnya dapat dilihat dari ciri-cirinya. Artikel memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  1. Ringkas, padat, jelas dan tuntas.

Tidak seperti karya tulis yang panjang dengan berhalaman-halaman sampai dimuat dalam bentuk buku, artikel dibuat dalam bentuk yang ringkas, dan tidak memakan banyak halaman.

  1. Isi artikel berupa fakta atau opini, berdasarkan teori dan data yang valid.

Berbeda dengan buku bacaan, artikel berbicara mengenai fakta atau opini yang didasari oleh teori-teori dan data-data dari hasil penelitian yang sudah dilakukan sebelumnya.

  1. Bersifat informatif dan faktual.

Tujuan awal artikel adalah memberikan informasi yang akan menambah wawasan pembacanya. Oleh karena itu di dalamnya terdapat informasi dan faktual.

  1. Menggunakan bahasa baku, kalimat yang lugas, denotatif dan efektif.

Karena artikel dimuat dalam bentuk yang ringkas, padat dan jelas, gaya bahasa yang digunakan adalah gaya bahasa baku. Kalimatnya juga lugas, denotatif dan efektif. Tidak bertele-tele dan tidak memiliki makna yang harus diinterpretasi seperti prosa.

  1. Penulisan artikel berbentuk sistematis, agar pembaca dapat mengerti isi tulisan dengan mudah.

Artikel ini berisi tentang faktual dan informasi. ketika ditulis dengan tidak sistematis, pembaca dapat kebingungan mencari benang merah dari artikel yang dibuat.

Jenis Teks Artikel

kode diskon ruangguru terbaru

 Setiap artikel yang tersebar, memiliki jenis-jenisnya tersendiri, yaitu:

Artikel praktis

Sebagaimana dalam jenisnya, artikel ini berfokus pada praktek atau melakukan sesuatu, mengutamakan keterampilan daripada pengembangan pengetahuan dan informasi. Artikel ini cenderung bersifat naratif, yang penyampaiannya tersusun dengan rangkaian waktu, peristiwa atau tahapan-tahapan. Contohnya adalah artikel cara membuat sesuatu, cara memasak sesuatu, dan cara mengoperasikan suatu alat.

Artikel ringan

Terkadang kita menemukan artikel yang amat mudah untuk dipahami. Tidak hanya itu, artikelnya juga terkadang memberi nuansa humor. Artikel yang dimaksud adalah jenis artikel ringan. Meskipun artikel ini dapat membuat pembaca terhibur, tujuan awalnya adalah memberikan informasi dengan bumbu-bumbu humor di dalamnya. Selain itu berbeda dengan artikel pada umumnya yang memerlukan konsentrasi mendalam. Contohnya seperti, artikel mengenai bagaimana cara tidur para ilmuwan di dunia.

Artikel opini

Untuk artikel jenis ini, kita hanya dapat menemukannya di dalam surat kabar atau majalah yang memiliki penempatan khusus. Pada dasarnya seluruh artikel berupa opini, tapi yang membedakannya adalah berupa argumentasi, yang memiliki data serta fakta untuk mendukung opini yang diangkat. Artikel ini bertujuan untuk membuktikan kebenaran pendapat.

Artikel analisis ahli

Artikel jenis ini biasanya berhubungan dengan syarat suatu tingkatan pendidikan atau yang dibutuhkan dalam sebuah riset perusahaan. Artikel ini merupakan laporan sistematis mengenai hasil kajian atau penelitian. Penyajian artikel ini tidak panjang, tapi tetap memiliki nilai ilmiah yang setara dengan skripsi, tesis dan disertasi. Jika artikel yang ditemukan di media menggunakan bahasa populer, artikel analisis ahli harus menggunakan bahasa baku atau ilmiah. Nama lain jenis artikel ini adalah teks artikel ilmiah.

Struktur Teks Artikel

Seperti pada umumnya, struktur artikel memiliki struktur yang sama dengan karya tulis lainnya. Dalam satu artikel terdapat tiga bagian, di antaranya adalah pembuka, isi dan penutup.

  1. Bagian pembuka membahas tentang pengantar isi artikel yang akan dibahas, atau disebut juga sebagai tahap pengenalan.
  2. Bagian isi membahas tentang inti dari pokok permasalahan yang diangkat dalam artikel ini. Di dalamnya akan diurai penjelasan mengenai pokok permasalahan tersebut.
  3. Bagian penutup merupakan simpulan yang merangkum seluruh pembahasan dalam paragraf yang ringkas dan jelas.

Nah itu tadi penjelasan singkat mengenai teks artikel di Blog Mataoker. Buat kamu yang mau belajar lebih dalam lagi soal materi ini, langganan produk Ruangguru yuk dengan pakai kode diskon MAUTIDUR. Dapatkan potongan harga untuk paket ruangbelajar, Brain Academy, dan English Academy setelah kamu pakai kode tersebut.

kode diskon ruangguru terbaru

Sumber: 

Blog Ruangguru

Gurupendidikan

Related Posts