Rumus Luas Segitiga

    MATAOKER – Kamu ingin cepat memahami bagaimana cara kerja rumus luas segitiga? kamu sudah menemukan cara yang tepat. Ya, Artikel kali ini akan membahas tentang bagaimana agar kamu bisa memahami rumus luas segitiga dengan cepat.

    Kamu pun harus paham, bahwa pada dasarnya bangun segitiga merupakan salah satu jenis bagun datar karena memiliki tiga sudut. Selain itu, ada juga yang menyebut segitiga sebagai Poligon karena memiliki tiga ujung dan tiga simpul. Sehingga, Karakteristik dari segitiga tersebut menjadi bentuk dasar daam bab pelajaran Geometri.

    Pastinya, pelajaran tentang mencari luas segitiga sangatlah menyenangkan, Bahkan, kamu pun kan menjumpai pelajaran tentang bangun ruang segitiga di SD dan SMP. Lalu, bagaimanakah cara untuk mencari luas segitiga? simak pembahasan rumusnya berikut ini.

    Rumus Luas Segitiga

    Kamu harus mengingat rumus luas segitiga berikut ini, yakni 1/2 x a x t.

    A = alas segitiga

    T = tinggi segitiga

    Nah, sebelum kamu mulai berlatih mengerjakan soal dengan menggunakan rumus, kamu harus mememahami beberapa hal. Pertama, segitiga memiliki tiga jenis, yakni segitiga lancip, segitiga siku-siku dan juga segitiga tumpul.

    Perbedaannya adalah, segitiga siku-siku memiliki ciri khas yakni salah satu sudutnya memiliki besar 90º. Sedangkan, segitiga tumpul memiliki ciri khusus yakni salah satu sudutnya memiliki ukuran lebih dari 90º. Lain halnya dengan segitiga lancip yang masing-masing sudutnya memiliki ukuran dari 90º.

    Rumus Luas Segitiga
    sumber gambar ; unsplash.com

    Contoh Soal dan Pengerjaannya

    Soal 1

    Diketahui, sebuah gedung berbentuk segitiga lancip memiliki panjang alas selebar 50 meter, serta tinggi gedung mencapai 100 meter. Pertanyaannya, berapakah luas total dari bangunan gedung berbentuk segitiga kerucut tersebut?

    Cara menjawab ;

    diketahui bahwa alas gedung selebar 50 meter, sedangkan tingginya 100 meter.

    Rumus Luas segitiga = 1/2 x alas x tinggi

    Hasilnya 1/2 x 50 meter x 100 meter = 25.OOO meter.

    Jadi, diketahi bahwa total luas gedung berbentuk segitiga lancip tersebut mencapai 25.000 meter.

    Soal 2

    Sebuah bangunan berbentuk segitiga siku-siku memiliki panjang alas sebesar 15 meter, serta tinggi yang mencapai 20 meter. Pertayaannya, berapakah luas dari bangunan berbentuk segitiga siku-siku tersebut?

    Cara menjawab ;

    Diketahui, bahwa alas bangunan 15 meter, tinggi bangunan 20 meter.

    Rumus Luas Segitiga ; 1/2 x a x t

    hasilnya, 1/2 x 15 x 20 = 40 meter.

    Jadi, diketahui bahwa total luas bangunan berbentuk segitiga siku-siku tersebut mencapai 40 meter.

    Bagaimana, mudah sekali bukan? ya, tentu saja mudah karena kamu sudah membaca dan mempelajari cara kerja rumus luas segitiga. Kamu sudah memahami dan mengikuti cara penghitungannya.

    Selanjutnya, kamu bisa belajar mengasah kemampuanmu lagi untuk memahami bagaimana cara kerja rumus luas segitiga. Kini, kamu sudah tidak perlu takut lagi saat menemukan soal matematika yang memintamu untuk menghitung luas segitiga.

    Semoga pembahasan di artikel ini bermanfaat dan kamu bisa semakin percaya diri mengerjakan soal Matematika.