Nah, untuk kamu calon mahasiswa yang masih bingung menentukan jurusan kuliah, ada baiknya kamu mengenali minat, bakat, dan gaya belajarmu.

Tips Kenali Minat Bakat dan Gaya Belajar Sebelum Menentukan Jurusan Kuliah

Artikel ini akan membahas tips kenali minat bakat dan gaya belajar sebelum memilih jurusan kuliah.

Kuliah seringkali menjadi mimpi buruk bagi sebagian besar calon mahasiswa. Mereka tidak hanya bingung menentukan universitas, tetapi juga bingung menentukan jurusan kuliah. Belum lagi bingung menentukan bimbel online yang bisa membantu mereka mempersiapkan UTBK dan ujian mandiri.

Nah, untuk kamu calon mahasiswa yang masih bingung menentukan jurusan kuliah, ada baiknya kamu mengenali minat, bakat, dan gaya belajarmu. Bagaimana cara mengenalinya? Yuk, kita bahas!

Baca Juga:

Kelebihan Kursus Bahasa Inggris di English Academy

Tips Belajar Intensif Hadapi UTBK

Rekomendasi Bimbel UTBK Terbaik

Cara Mengenali Minat

Mengenali minat bisa kamu lakukan dengan cara memberi stimulus pada dirimu untuk bisa lebih bereksplorasi terhadap diri dan lingkungan. Coba libatkan dirimu dalam berbagai kegiatan yang mewakili berbagai bidang. Mulai dari kegiatan di bidang olahraga, kesenian, sains, sosial, dan sebagainya. Kemudian coba amati bidang apa yang membuatmu paling senang dan bersemangat. Setelah itu, coba eksplor lebih dalam mengenai bidang yang paling kamu sukai tersebut.

Cara Mengenali Bakat

Sebenarnya, manusia memiliki kecerdasan masing-masing, lho! Ada 8 jenis kecerdasan yang dimiliki manusia, yaitu: 

  • Kecerdasan linguistik (word smart)
  • Kecerdasan logika matematika (number smart
  • Kecerdasan visual spasial (picture smart
  • Kecerdasan kinestetik (body smart
  • Kecerdasan interpersonal (people smart
  • Kecerdasan intrapersonal (self smart
  • Kecerdasan naturalis (nature smart
  • Kecerdasan ekstensial (extential intelligence

Teori ini bisa kamu jadikan sebagai acuan untuk mengenali bakat yang ada pada dirimu. Nah, dari 8 kecerdasan ini, coba cari tahu kecerdasan apa saja yang kamu miliki dan seberapa tinggi tingkat kecerdasan tersebut pada dirimu. Selain itu, coba cari tahu juga kecerdasan apa yang paling sesuai dengan minatmu. 

Mengenali Gaya Belajar

Ada 3 macam gaya belajar yang bisa kamu jadikan acuan dalam mengenali gaya belajarmu, yaitu gaya belajar visual, auditori, dan kinestetik.

Gaya Belajar Visual

Gaya belajar yang berfokus pada penglihatan. Orang dengan gaya belajar ini biasanya perlu melihat sesuatu secara visual untuk lebih mudah memahami suatu materi. Mereka juga merasa lebih nyaman belajar dengan melibatkan warna-warna, garis, maupun bentuk yang dapat mereka lihat dengan mata.

Gaya Belajar Auditori

Orang dengan gaya belajar ini biasanya mengandalkan pendengarannya untuk bisa memahami suatu informasi atau pengetahuan dengan lebih mendalam. Mereka tidak masalah dengan tampilan visual karena mereka lebih fokus mendengarkan pembicaraan pengajar dengan baik dan jelas. 

Gaya Belajar Kinestetik

Orang dengan gaya belajar ini lebih senang jika belajarnya melibatkan gerak tubuh. Mereka lebih mudah mempelajari sesuatu dengan mempraktikkannya langsung daripada hanya sekedar membaca buku. Mereka juga lebih nyaman belajar jika mereka bisa menyentuh objek pembelajarannya secara langsung.

Setelah mengenali minat, bakat, dan gaya belajarmu, kamu bisa pilih bimbel online yang sesuai untuk membantu mempersiapkan ujian dan memilih jurusan kuliah. Lho, memangnya ada bimbel online yang bisa membantu memilih jurusan kuliah? Tentu ada, dong! Namanya Brain Academy Online. 

Brain Academy Online menyediakan layanan konsultasi privat (1:1) dengan konselor untuk membantu memahami gaya belajarmu. Bimbel online ini juga menyediakan tes minat dan bakat untuk mengetahui bagaimana minat dan bakatmu yang sesungguhnya. Hasil tesnya pun bisa kamu konsultasikan kepada kakak konselor di bimbel online ini bersama orang tuamu, lho! 

Selain itu, kamu dan orang tuamu juga bisa menanyakan apapun terkait jurusan kuliah kepada kakak konselor Brain Academy Online. Nantinya, kakak konselor di bimbel online ini akan memberikan referensi lengkap kepada kamu dan orang tuamu. 

Tertarik untuk bergabung di Brain Academy Online? Jangan lupa pakai kode diskon ELIYANAUGIJJ ya buat dapetin diskon langganannya nanti.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *