gambar organ pencernaan manusia

    MATAOKER – Kamu sedang bingun mencari cara agar bagaimana bisa mempekajari gambar organ pencernaan manusia dengan mudah? bisa kok. Sebab, artikel kali ini akan memberikan penjelasan tentang gambar organ pada pencernaan manusia secara detail.

    Sebelum itu, kamu wajib untuk memahami terlebih dahulu bahwa sistem pencernaan merupakan tempat untuk memproses pengolahan makanan secara kompleks menjadi nutrisi. Proses pengolahan yang menghasilkan nutrisi tersebut kemudian akan terserap oleh tubuh manusia itu sendiri.

    Pada dasarnya, organ pencernaan manusia mulai bekerja saat seseorang mulau mengkonsumsi suatu makanan. Lalu kemudian, proses pengolahannya tersebut pertama kali terjadi melalui mulut sebelum kemudian akan mengalami proses akhir pada anus.

    Seperti apa penjelasan tentang proses pencernaan makanan manusia melalui organ-organnya? simak ulasannya berikut ini.

    1. Bagian Organ Pencernaan Manusia

    Setiap bagian pada organ pencernaan manusia memiliki peranannya tersendiri, berikut ini adalah peranan dari masing-masin bagian organ pencernaan manusia.

    • Mulut, proses penghunyahan makanan hingga halus.
    • Tenggorokan dan Kerongkongan, mendorong dan menghaluskan makanan hingga menuju ke lambung.
    • Lambung, Otot atas lambung bekerja merelaksasi agar makanan bisa masuk, sedangkan Otot bawah lambung mencampur makanan dengan zat pencernaan.
    • Usus Halus, menyerap berbagai nutrisi dari makanan.
    • Usus Besar, mengeluarkan zat sisa makanan yang sudah tercerna.

    Gambar Sistem Pencernaan Manusia

    Mulut

    Mulut memproses dan menghaluskan makanan dengan sebutan pencernaan mekanik, melalui beberapa bagian pada mulut. Sebut saja gigi, lidah dan juga kelenjar air liur yang membantu proses pengunyahan makanan hingga halus agar lebih mudah tercerna.

    Tenggorokan dan Kerongkongan

    Tenggorokan merupakan saluran alat pencernaan yang menjadi penghubung antara rongga mulut dan juga kerongkongan. Selain itu, tenggorokan juga berfungsi untuk sistem kerja rongga hidung manusia agar bisa tetap menghasilkan suara.

    Berikutnya, makanan yang telah terhaluskan melewati tengorokan dan kemudian menuju ke kerongkongan. Selanjutnya, makanan mengalami proses penghalusan yang lebih lanjut sebelum menuju ke lambung.

    gambar organ pencernaan manusia
    sumber gambar : unsplash.com

    Lambung

    Lambung memproses makanan menjadi bubur melalui sistem pencernaan mekanik serta pencernaan kimiawi yang membuat makanan tercerna oleh enzim dalam getah lambung. Berikutnya, lambung kemudian memprosesnya dengan melanjutkannya pada usus halus.

    Usus Halus

    Usus halus menyerap makanan menjadi nutrisi.

    Pankreas

    Memproduksi hormon Insulin dan meneruskan pada aliran darah untuk metabolisme gula.

    Hati

    Memproses nutrisi yang terserap dari usus kecil.

    Empedu

    menyimpan dan memekatkan Empedu dari hati, kemudian meneruskannya pada usus dua belas jari di usus kecil untuk menyerap lemak.

    Usus Besar

    Membusukkan sisa makanan dari Bakteri Escherichia coli agar cepat terbuang keluar dari tubuh.

    Rektum dan Anus

    Menampung feses dalam waktu yang singkat sebelum tubuh mengeluarkannya.