Materi Lengkap Seputar Kata Pengantar

Definisi Kata Pengantar

Saat membaca sebuah karya tulis, kita akan menemukan kata pengantar sebelum masuk ke inti pembahasan. Kata pengantar dibuat untuk mengetahui penulis telah melalui banyak hal dan dibantu oleh beberapa pihak dalam menyelesaikan karya tulisnya.

Kata pengantar adalah kata pendahuluan atau pandangan umum secara singkat dan jelas sebagai pendahuluan suatu karya tulis. Selain kata pengantar, kita juga akan menemui pendahuluan dan juga prakata. Ketiga hal ini merupakan sesuatu yang berbeda. 

Perbedaan Kata Pengantar dengan Pendahuluan dan Prakata

Pendahuluan berfokus pada latar belakang dari karya tulis juga alasan kenapa karya tulis tersebut dibuat. Sedangkan prakata biasanya berisi penjelasan singkat kenapa penulis membuat sebuah karya tulis dan kepada siapa karya tersebut dituju. 

Kata pengantar berisi apa saja yang akan dibahas dalam karya tulis dan ucapan terima kasih kepada pihak yang terlibat dalam pembuatan karya tulis. Di dalam kata pengantar terdapat 3 unsur, yaitu bagian pembuka, isi dan penutup. Selain itu, kata pengantar biasanya dibuat oleh orang lain, misalnya editor atau orang yang mewakili penerbit.

Baca Juga: Apa Itu Teknik Analisis Data?

Biasanya bagian pembuka ditulis sepanjang dua paragraf. Pada bagian ini, penulis mengucapkan rasa syukur atas karyanya yang telah selesai ditulis. Di bagian isi, penulis akan memberikan sedikit gambaran mengenai isi dari karya tulisnya. Selain itu, biasanya terdapat juga nama-nama berbagai pihak yang turut berkontribusi dalam penyelesaian karya tulis tersebut.

Di bagian penutup, penulis biasanya mengucapkan permohonan maaf dan harapan dari karya yang telah dibuatnya. Permohonan maaf ini menyangkut kepada hal-hal yang keliru yang mungkin ditemukan oleh para pembaca.

Unsur-unsur Kata Pengantar

Kita dapat menerapkan beberapa unsur yang akan dimuat dalam kata pengantar.

  1. Ucapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa

“Puji syukur penulis panjatkan kepada Allah Yang Maha Esa, telah memberikan rahmat-Nya, sehingga penulis berhasil menyusun karya tulis yang berjudul….”

  1. Penjelasan mengenai tujuan pembuatan karya tulis

“Pembuatan skripsi ini bertujuan untuk memenuhi syarat kelulusan kuliah S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Prancis.”

  1. Penjelasan bantuan bimbingan dari pihak-pihak tertentu

“Dalam menyusun skripsi, penulis mendapatkan bimbingan dari Pak Dharma Sentosa sebagai dosen pembimbing.”

  1. Ucapan terima kasih kepada pihak-pihak tertentu.

“Penulis menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah bersedia membantu proses penyusunan skripsi hingga berhasil diselesaikan.”

  1. Penjelasan harapan penulis

“Penulis berharap melalui karya tulis ini, akan ada banyak pihak yang terbantu dalam hal riset mengenai penyebab kesalahan pembelajar bahasa asing, khususnya bahasa Prancis.”

  1. Ketersediaan menerima kritik dan saran mengenai karya tulis

“Penulis menyadari bahwa skripsi ini masih jauh dari kesempurnaan. Oleh karena itu, penulis menerima kritik dan saran dari pembaca.”

  1. Penyebutan nama kota, tanggal, bulan, tahun dan nama lengkap penulis.

“Bandung, 22 Agustus 2015, Teguh Pratama”

Baca Juga: Pengertian Revolusi Industri 4.0

Cara Membuat Kata Pengantar

Dalam membuat kata pengantar, kita dapat merangkai unsur-unsurnya ke dalam paragraf yang akan menyusunnya menjadi bagian pembuka, isi dan penutup. 

Yang harus dilakukan pertama kali adalah menyusun bagian pembuka dengan ucapan rasa syukur. Terdapat berbagai contoh kalimat salam sejahtera yang dapat ditemukan di internet atau beberapa karya tulis. Tapi yang terpenting adalah pesan yang disampaikan melalui ucapan tersebut tidak menjiplak, melainkan benar-benar berterima kasih telah diberikan kesempatan untuk menyelesaikan karya tulis.

Kemudian dalam membuat bagian isi, kita dapat memaparkan tentang kelebihan dari karya tulis yang kita buat. Pada bagian ini, kita menuliskan sesuatu yang dapat membuat pembaca tertarik untuk menggali lebih dalam tentang karya tulis kita. Tapi kita tidak perlu membuatnya terlalu panjang, cukup singkat dan jelas.

Terakhir membuat kalimat penutup. Tentunya di sini kita mengucapkan terima kasih kepada orang-orang yang telah membimbing kita dan turut membantu kita dalam menyelesaikan karya tulis. Selain itu, meskipun karya tulis kita telah selesai, kita menyadari bahwa sempurna masih jauh dari genggaman tangan. Oleh sebab itu, kita menunjukkan rasa keterbukaan terhadap kritik dan saran.

Terdapat beberapa tips dalam membuat kata pengantar, yaitu:

  • Kata pengantar sebaiknya tidak lebih dari satu halaman, sehingga hindari memasukkan banyak hal yang tidak perlu. Cukup tulis secara singkat dan menarik.
  • Ketika membuat ucapan terima kasih, hindari menulis terlalu banyak orang. Yang perlu dilakukan, hanya menuliskan beberapa orang yang betul-betul harus disebutkan, dan yang lainnya, dapat diwakilkan dengan kalimat, “Tidak lupa, penulis mengucapkan terima kasih banyak kepada pihak lainnya yang tidak dapat disebutkan.”
  • Gunakan bahasa yang formal dan hindari penggunaan kalimat simbolis yang memerlukan penafsiran serta kalimat yang berpotensi menyinggung pihak tertentu.

Contoh Kata Pengantar

Segala puji bagi Allah Yang Maha Kuasa atas rahmat dan karunia-Nya, kami mampu menyelesaikan buku pelajaran untuk SMA sesuai dengan rencana yang sudah ditentukan. Tak lupa shalawat serta salam kami curahkan kepada Nabi Muhammad SAW yang telah memberikan pencerahan kepada kita sebagai umatnya.

Adapun tujuan dari penulisan buku pelajaran yang berjudul “Pelajaran Bahasa Inggris Kelas IX SMA” ini telah kami susu dengan maksimal agar menjadi pedoman murid kelas IX SMA. Tidak lupa kami ucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang terlibat di penyusunan buku mata pelajaran yang tidak dapat kami sebutkan satu per satu. Kami harap buku ini dapat memberikan ilmu yang bermanfaat bagi siapapun yang membacanya.

Kami menyadari bahwa karya tulis yang kami buat jauh dari kata sempurna. Oleh karena itu, kami senantiasa terbuka akan kritik dan saran terhadap buku kami.

Bandung,  Juni 2011

Editor Buku Mata Pelajaran SMA

Related Posts