lms sekolah ruangkelas

Review ruangkelas, LMS Sekolah Terbaik Untuk Pembelajaran Jarak Jauh

Dalam artikel ini kita akan membahas salah satu LMS sekolah terbaik di Indonesia yang dihadirkan oleh Ruangguru, ruangkelas. Seperti apa keunggulannya? Simak penjelasan selengkapnya di artikel ini.

Sudah satu setengah tahun berlalu sejak kasus pertama COVID-19 ditemukan di negeri ini. Namun ternyata, sampai saat ini pun, pandemi masih belum berakhir. Alhasil, seluruh kegiatan yang dapat menimbulkan kerumunan terpaksa dilakukan secara online, termasuk kegiatan belajar mengajar di sekolah.

Di tengah kondisi seperti ini, kebutuhan siswa akan platform pembelajaran online pun semakin meningkat. Ada banyak platform pembelajaran online yang tersedia, namun sebagai guru, kita harus bisa memilih platform yang terbaik untuk memenuhi kebutuhan para siswa. 

Ruangkelas hadir sebagai platform pembelajaran online terbaik yang dapat menjadi solusi, tidak hanya bagi guru, namun juga bagi siswa. Ruangkelas merupakan Learning Management System untuk sekolah atau biasa disingkat LMS Sekolah yang bisa membantu kegiatan belajar mengajar online menjadi lebih mudah. Dengan ruangkelas, pengaturan pelajaran, kehadiran siswa, materi, tugas, dan komunikasi di kelas dapat diatur dan dikoordinir dengan lebih efektif dan efisien. 

xS9dRXawO EWd2pwQ9Sj MU5VOvTsNNQy 4h7iEiM3FTAjLU0cX0Gdc8sRpD9ik Z RyNEqme52ZQyHv D8k64MJlRDKINf5wNmOmx3s9H1qNbY4D3T7mjiFtHby z5mQULdUI51

Apa saja sih, kelebihan yang dimiliki ruangkelas? Mari kita bahas!

Baca Juga Artikel Lainnya

Fitur baru ruangbelajar di Tahun Ajaran Baru 2021

Les Bahasa Inggris Online dengan Kurikulum Internasional

Guru Bisa Membuat Kelas Sendiri

Di aplikasi ruangkelas, guru bisa membuat kelas sendiri sesuai dengan mata pelajaran yang diampu. Fitur ini tentunya dapat memudahkan guru untuk menerapkan metode pembelajaran seperti yang biasa dilakukan ketika sekolah tatap muka. Selain itu, guru juga bisa melakukan import dari kelas yang sudah dibuat sebelumnya di Google Classroom.

Materi Lengkap

LMS Sekolah yang satu ini juga dapat membantu guru dalam memberikan materi pembelajaran yang lengkap dan berkualitas bagi anak didiknya. Guru dapat memberikan berbagai video belajar beranimasi dari ruangbelajar beserta dengan rangkumannya. Selain itu, guru juga bisa mengunggah materi yang dibuatnya sendiri dalam berbagai format. Mulai dari PDF, Ms. Word, Ms. Power Point, Ms. Excel. hingga dalam bentuk foto maupun video sekalipun.

Pemberian Tugas

Ruangkelas juga menyediakan fitur untuk pemberian tugas kepada peserta didik. Tugas yang diberikan bisa berupa soal atau latihan yang dibuat sendiri oleh guru, baik dengan model pilihan ganda maupun esai. Selain itu, guru juga bisa memberikan tugas dari aplikasi Ruangguru, yakni berupa bank soal dan latihan topik.

Agar lebih mudah, file tugas yang diunggah sebaiknya dalam bentuk Ms. Word dengan menggunakan template yang sudah disediakan oleh ruangkelas. Nantinya, guru bisa mengatur jadwal pemberian tugas, tenggat waktu pengumpulan tugas, serta memeriksa tugas secara otomatis melalui fitur ini.

Obrolan Kelas

Butuh berkomunikasi langsung dengan siswa? Bisa banget! Caranya adalah dengan menggunakan fitur Obrolan Kelas. Melalui fitur ini, guru bisa melakukan komunikasi dua arah dengan siswa. Siswa pun juga bisa saling berkomunikasi dengan siswa lainnya. Jadi, pembelajaran di kelas akan terasa lebih interaktif dan menyenangkan. Nah, untuk menggunakan fitur ini, guru dan siswa bisa mengaksesnya melalui grup kelas.

Soal Acak

LMS Sekolah terbaik satu ini juga punya fitur untuk meminimalisir kecurangan yang mungkin dilakukan peserta didik. Dalam pengerjaan soal, guru bisa klik fitur untuk mengacak soal supaya soal yang muncul di layar siswa tidak akan sama antara siswa satu dengan siswa lainnya. Dengan begitu, siswa tidak akan bisa saling bertukar jawaban. Integritas peserta didik pun jadi lebih terjaga.

OyIzKigkSsbjmjmWeApUEIy1yqZkbSZUAPIgctH47mSUHjPAFZwO1hEgwxB1wzhgYAzgzoX zpUbQdufswIc e9dFcrZTQqDpdydpmauTC2s9E hEXdq9MUnHWde wOM1mlZ7Wfr

Analisis Nilai dan Tugas

Ruangkelas juga menyediakan fitur analisis nilai dan tugas. Fitur ini dapat digunakan guru untuk menganalisis perkembangan peserta didik selama pembelajaran online. Tersedia tabel nilai hingga grafik performa siswa dalam pengerjaan dan pengumpulan tugas. Guru pun bisa mengunduh hasil analisis nilai dan tugas tersebut.

Daftar Hadir

Terakhir, fitur terbaru di ruangkelas yang tidak kalah canggih dari fitur-fitur sebelumnya yaitu Daftar Hadir. Fitur ini dapat memudahkan guru dalam melakukan absensi siswa untuk mencatat kehadiran mereka dalam pembelajaran sehari-hari. Guru juga bisa memonitor kehadiran para siswa di kelas melalui fitur Daftar Hadir. Di akhir semester, guru tidak perlu susah-susah merekap kehadiran siswa karena ruangkelas akan menyediakan rekapitulasinya secara otomatis. Rekapitulasi ini pun bisa diunduh, lho!

Demikian, beberapa kelebihan beserta fitur-fitur menarik yang dimiliki ruangkelas. Setelah membaca ulasan tentang review ruangkelas, tentunya sudah tahu kan LMS Sekolah apa yang sebaiknya dipilih untuk pembelajaran jarak jauh di tahun akademik baru ini? Yuk, segera download LMS Ruangkelas dan mulai pembelajaran jarak jauh yang efektif sekarang!

Related Posts