latihan soal teks resensi
Kumpulan latihan soal Bahasa Indonesia kali ini akan menyajikan beberapa soal latihan dan jawaban dengan materi teks resensi. Di artikel ini hanya tersedia beberapa soal latihan dan jawaban saja ya.
Soal 1
Perhatikan data buku berikut!
 
Judul            : Mengarang, Apa Susahnya?
Pengarang    : Saya Harto
Penerbit       : Pustaka Cahaya



Tahun terbit  : 2015
Tebal           : 180 halaman
 
Kelebihan    : Mampu menyajikan ide-ide kreatif dan motivasi dalam proses belajar mengarang.
Kekurangan : Buku tersebut terkesan mahal.
 
 
Paragraf yang tepat berdasarkan buku tersebut adalah …
A. Buku ini telah menjadi pedoman awal bagi orang yang ingin belajar. Ada beberapa teori yang menjadi acuan dalam mengarang bisa gampang.
B. Buku setebal 180 halaman  ini sangat baik sebagai acuan dalam mengarang. Tiap bagiannya pun dijelaskan dengan baik.



C. Buku setebal 180 halaman ini sangat baik sebagai acuan dalam mengarang. Tiap bagiannya pun dijelaskan dengan baik. Idenya kreatif, tapi harganya mahal.
D. Buku setebal 180 halaman ini sangat baik. Ide-ide kreatif dan motivasi dalam proses belajar mengarang disajikan dengan baik pula. Sayangnya, buku ini terkesan mahal.
 
Jawaban : D
Pembahasan : Mari kita eliminasi jawaban yang tidak sesuai dengan pilihan di atas! Pilihan A tidak tepat karena kutipan “Ada beberapa teori yang menjadi acuan dalam mengarang bisa gampang” tidak sesuai dengan ilustrasi.
 
Pilihan B kekurangan tidak disebutkan. Pilihan C kekurangan disampaikan dengan kalimat yang kurang tepat. Pilihan D kelebihan dan kekurangan sesuai dengan ilustrasi. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D. 
 
 
Itu tadi contoh soal latihan teks resensi. Silakan dicopas dan disebarkan ya, jangan lupa share juga link artikel ini supaya bisa membantu orang banyak. Terima kasih.
 
 
Buat kamu yang mau lebih banyak latihan soal, langganan Ruangguru yuk. Ada ribuan latihan soal buat menemani kamu belajar lho. Sekarang lagi ada diskon gede nih. Pakai kode diskon ELIYANAUGIJJ ya buat dapetin diskonnya.
 

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *