Kenapa Latihan Soal Itu Wajib dalam Kegiatan Belajar?

Salah satu metode belajar paling sederhana adalah latihan soal. Dengan mengerjakan latihan soal, kamu bisa mengetahui topik mana yang belum kamu kuasai dan bisa lebih fokus untuk pembelajaran yang belum kamu pahami. Semakin banyak soal yang kamu kerjakan, semakin besar juga pemahaman kamu terkait materi yang kamu kerjakan.

Mengerjakan banyak soal sangat bagus untuk membantu kamu belajar. Bisa jadi soal-soal yang kamu temui nanti tak jauh berbeda dengan soal latihanyang sebelumnya kamu kerjakan. Masih males ngerjain? Yuk, ketahui apa aja sih manfaat berlatih menjawab soal.

Manfaat Latihan Soal untuk Menghadapi Ujian

1. Membangun Stamina Belajar

Butuh waktu berjam-jam untuk menyelesaikan soal. Mengingat pelajar masa kini yang memiliki banyak tugas, duduk dan menatap ujian berjam-jam bisa sangat menguras tenaga. Satu atau dua tes pertama mungkin membuat kamu lelah, tetapi semakin banyak kamu berlatih, semakin mudah kamu menemukan cara yang tepat untuk mengerjakan soal ujian.

Banyak mengerjakan soal latihan dan pembahasan bisa membantu membangun stamina belajar kamu menjadi lebih baik. Agar lebih maksimal dalam belajar, kamu bisa mengulangi setiap beberapa hari atau download latihan soal di internet untuk kamu kerjakan.

2. Memahami Materi dalam Soal

Ujian dilakukan untuk mengidentifikasi apa yang kamu ketahui dan apa yang tidak kamu ketahui seputar pelajaran tertentu. Namun, mengerjakan soal ujian bukanlah hal mudah. Kamu bisa saja berhadapan dengan berbagai materi soal yang tidak kamu pahami sebelumnya.

Karena itu, mengerjakan soal menjadi cara yang efektif untuk memahami materi yang ada di dalam soal nanti. Dengan mengerjakan soal berulang kali, kamu akan terbiasa dengan berbagai materi dalam soal ujian. Jika masih kurang puas dengan soal yang ada di buku, kamu juga bisa mengerjakan latihan soal online.

3. Mengevaluasi Kekuatan dan Kelemahan dalam Belajar

Kamu cenderung fokus pada hal-hal yang kamu kuasai dan sering mengabaikan apa yang menjadi kelemahan kita. Melalui berlatih soal, kamu bisa mengetahui materi pelajaran apa yang kamu kuasai dan materi apa yang perlu kamu tingkatkan lagi. Jika kamu belum menguasai materi tertentu, kamu bisa belajar lebih giat lagi atau bertanya pada guru untuk memahaminya.

4. Mengurangi Kecemasan

Bagi sebagian besar pelajar, ujian itu menakutkan bahkan menimbulkan kecemasan yang berlebih. Pelajar menganggap ujian sebagai situasi yang mengancam entah karena merasa takut gagal, belum siap mengerjakan ujian, atau masalah lainnya. Terlepas dari seberapa menakutkan atau sulitnya ujian, kamu harus bisa mengatasinya agar berhasil.

Kecemasan saat ujian mengacu pada kekhawatiran atau kegugupan yang terus-menerus. Biasanya, kecemasan terjadi akibat antisipasi hasil yang tidak pasti dari suatu peristiwa. Di sisi lain, kecemasan ujian menyebabkan pada perasaan tidak nyaman selama atau sebelum ujian.

Salah satu cara mengurangi kecemasan saat ujian adalah dengan mengerjakan berlatih menjawab soal. Belajar dengan menjawab soal merasa lebih tenang dan tidak takut menghadapi soal-soal dalam ujian nanti.

5. Melatih Manajemen Waktu Saat Mengerjakan Soal

Manfaat lainnya yang akan kamu dapatkan ketika mengerjakan soal latihan sebelum menghadapi ujian adalah kemampuan manajemen waktu kamu. Ketika kamu sudah terbiasa menghadapi soal semacam ini, kamu akan bisa mengatur waktu yang kamu butuhkan untuk mengerjakan setiap pertanyaannya.

Hal itu tentunya akan sangat membantu kamu dalam menyelesaikan ujian nantinya. Mengingat setiap ujian pasti memiliki batas waktu pengerjaan yang telah ditentukan sejak awal. Cepat lambatnya kamu dalam mengerjakan soal, akan sangat berpengaruh terhadap nilai akhir nantinya.

Tidak hanya berpengaruh karena ketepatan waktu pengumpulan, kemampuan kamu dalam manajemen waktu saat mengerjakan soal ujian ini juga akan berpengaruh terhadap jawaban yang kamu tuliskan. Semakin buruk manajemen waktu kamu, maka jawaban yang kamu berikan akan semakin asal-asalan.

Nah, kondisi seperti inilah yang nantinya akan mempengaruhi kualitas jawabanmu nanti. Maka dari itu, kemampuan manajemen waktu yang bisa kamu dapatkan dari berlatih menjawab soal ini sangatlah  penting.

6. Membiasakan Diri dengan Pola Pertanyaan

Manfaat latihan soal yang terakhir adalah bisa membuat kamu menjadi terbiasa dengan pola pertanyaan. Hal ini akan sangat memudahkan kamu ketika mengerjakan ujian nantinya. Pola pertanyaan pada soal yang muncul, bisa dengan mudah kamu hafalkan dengan sering mengerjakan soal latihan dengan pola serupa.

Kamu bisa menguasai berbagai macam pola pertanyaan dengan memperbanyak jumlah soal yang kamu kerjakan. Semakin banyak soal yang kamu kerjakan, maka kamu juga akan semakin lebih banyak menguasai variasi pola pola pertanyaan pada soal. Ketika kamu menguasai banyak pola pertanyaan, maka kemungkinan besar kamu memahami seluruh pola pertanyaan pada ujian nanti juga akan meningkat.

Ketika kamu mampu melakukan hal ini, kamu akan bisa mengerjakan ujian dengan lebih cepat nantinya. Saat kamu melihat bentuk soal ujian yang sudah sangat familiar bentuknya karena kamu sudah mengerjakannya berulang kali pada latihan soal, maka kamu pun sudah bisa memahami jawaban apa yang diharapkan dari pertanyaan semacam itu.

Semakin banyak pertanyaan yang kamu kuasai, maka akan semakin besar pula presentasi total jawaban yang berhasil kamu jawab dengan benar. Hal ini tentunya akan sangat meningkatkan perolehan hasil nilai akhir mu pada saat ujian nantinya.

Tips Mengerjakan Latihan Soal yang Akan Sangat Membantumu

Di atas sudah kamu ketahui tentang manfaat dari mengerjakan latihan soal. Setelah kamu mengetahui manfaat tersebut, tentunya kamu sudah tidak sabar lagi untuk mengerjakan berbagai soalnya, bukan? 

Sebelum lanjut ke pengerjaannya, kamu harus mengetahui beberapa tips mengerjakan soal berikut ini. Hal ini karena dengan mengikuti beberapa tips di bawah, maka proses pengerjaan kamu akan terasa lebih menyenangkan dan kamu juga akan lebih semangat dalam mengerjakan soal semacam ini.

Penasaran apa saja tips-tips nya? Simak selengkapnya berikut in!

1. Menentukan Strategi dalam Mengerjakan Soal

Strategi sangatlah penting dalam pengerjaan soal ini. Ketika kamu bisa menentukan strategi, maka kamu akan mengetahui apa saja hal yang akan kamu fokuskan pada soal kali ini.

Hal seperti ini akan sangat meningkatkan fokus kamu dalam mengerjakan latihan soal. Semakin kamu fokus, maka kamu akan semakin mudah memahami apa maksud dari soal ini. Dengan begitu, setiap soalnya juga akan kamu kerjakan dengan semakin cepat. Ini akan sangat menghemat waktu mu!

Selain itu, kebiasaan untuk fokus seperti ini, akan terus terbawa hingga kamu mengerjakan ujian yang sebenarnya nantinya. Ketika kamu membawa kebiasaan fokus ini hingga waktu mengerjakan ujian nanti, maka kamu akan merasa bahwa pertanyaan soal pada ujian terasa lebih mudah daripada saat kamu mengerjakan latihan soal.

Hal ini karena kamu sudah terbiasa menyusun strategi dalam belajar sebelumnya sehingga pada saat ujian, kamu sudah terbiasa dengan strategi-strategi tersebut dan tinggal menggunakannya saja.

2. Menyiapkan Beberapa Cemilan untuk Menemani Kamu

Karena latihan soal bisa dikerjakan dengan lebih santai, maka buatlah suasana mengerjakan yang sesantai mungkin. Siapkan beberapa snack cemilan kesukaan kamu di meja belajar milik kamu. Ini akan membantu kamu menjadi lebih santai ketika mengerjakan soal. Dengan begitu, kamu tidak akan merasa mudah jenuh dan bosan hingga malas yang menyebabkan kamu tidak selesai mengerjakan soal.

Kondisi jenuh dan bosan, biasanya akan sangat mengganggu produktivitas mu terutama dalam mengerjakan soal semacam ini. Terganggunya produktivitas tersebut sudah pasti akan menurunkan jumlah soal yang sudah kamu kerjakan. Dengan begitu, jumlah soal yang kamu kerjakan juga akan semakin sedikit. Sedikitnya jumlah soal yang kamu kerjakan ini tentunya akan menurunkan pengalamanmu nantinya saat ujian.

Nah, untuk mengatasi hal demikian, kamu harus bisa mengerjakan soal latihan dengan serileks mungkin. Dengan begitu, kamu akan semakin produktif dalam mengerjakan berbagai soal sehingga pengalamanmu dalam menghadapi soal semacam ini akan terus meningkat.

Dalam hal ini, hal yang harus kamu perhatikan adalah tetap fokus mengerjakan soal. Jangan sampai fokusmu terpecah karena tanganmu tidak bisa berhenti memasukkan snack cemilan ke dalam mulutmu. Selesai belajar nanti, bukannya pemahamanmu meningkat tapi malah berat badanmu yang akan meningkat nantinya.

3. Memberikan Self-Reward

Tips terakhir adalah dengan memberikan self-reward. Ini merupakan hadiah yang kamu berikan untuk dirimu sendiri sebagai bentuk apresiasi karena telah berhasil mendapatkan suatu pencapaian baru. Dengan self-reward semacam ini, kamu akan merasa lebih semangat lagi untuk menyelesaikan pencapaian yang lainnya.

Kamu akan terus merasa terpacu karena sudah tidak sabar untuk mendapatkan self-reward ketika menyelesaikan suatu pencapaian. Ini yang membuat proses kamu saat mengerjakan latihan soal bisa terasa lebih menyenangkan.

Pencapaian yang dimaksud disini tidak harus pencapaian yang besar. Untuk contohnya sendiri, ketika kamu berhasil menjawab 80% dari total pertanyaan pada latihan soal dengan benar, maka kamu berhak mendapatkan self-reward.

Self-reward sendiri, bisa berbentuk macam-macam. Kamu bisa membeli hal yang kamu inginkan, memakan makanan kesukaanmu, pergi nonton bioskop, hingga membiarkan dirimu bebas bermain game kesukaanmu selama seharian penuh. Walaupun terlihat sangat sepele, tapi self-reward dalam bentuk seperti ini akan mampu menyembuhkan rasa lelah yang kamu rasakan saat berjuang untuk mendapatkan pencapaian tersebut.

Untuk berbagai latihan soal nya sendiri, kamu bisa mendapatkannya dengan melakukan download latihan soal online. Kamu bisa mengunjungi berbagai situs download atau kamu juga bisa mencarinya di search engine seperti Google atau berlangganan aplikasi Ruangguru. Selain itu, kamu juga bisa menemukan latihan soal semacam ini melalui website resmi dari sekolah masing-masing.

Di internet sendiri, kamu bisa dengan mudah menemukan berbagai jenis soal latihan untuk berbagai tingkatan sekolah. Baik latihan soal jenjang SD, latihan soal SMP bahkan hingga latihan soal SMA, bisa kamu temukan dengan mudah. Kamu cukup mencarinya di search engine dan disitu akan muncul berbagai website yang menyediakan berbagai jenis latihan soal tersebut.

Untuk jenis latihan soalnya sendiri, biasanya berupa mata pelajaran yang diujikan di Ujian Nasional. Contohnya seperti latihan soal Bahasa Indonesia, latihan soal Bahasa Inggris, latihan soal Matematika, latihan soal IPA, maupun latihan soal IPS. 

mataoker

Recent Posts

Latihan Soal Bentuk Pecahan

Kumpulan latihan soal Matematika kali ini akan menyajikan beberapa soal latihan dan jawaban bentuk pecahan.…

5 hours ago

Latihan Soal Teks Resensi

Kumpulan latihan soal Bahasa Indonesia kali ini akan menyajikan beberapa soal latihan dan jawaban dengan…

1 day ago

Jurusan Teknologi Pangan: Informasi dan Prospek Lulusannya

Jurusan Teknologi Pangan menjadi salah satu jurusan yang diminati oleh calon mahasiswa baru. Banyaknya pabrik…

2 days ago

Latihan Soal Teks Persuasi

Kumpulan latihan soal Bahasa Indonesia kali ini akan menyajikan beberapa latihan soal teks persuasi. Semoga…

2 days ago

Latihan Soal Teks Drama

Kumpulan latihan soal Bahasa Indonesia kali ini akan menyajikan latihan soal teks drama beserta pembahasannya.…

3 days ago

Latihan Soal Teks Berita

Kumpulan latihan soal Bahasa Indonesia kali ini akan menyajikan beberapa latihan soal teks berita. Selamat…

4 days ago