kalimat fakta dan opini

    Dalam sebuah teks, pasti ada kalimat fakta dan opini di dalamnya. Lalu, bagaimana ya cara membedakannya? Nah, untuk itu di artikel ini akan diberitahu tentang pengertian, ciri, dan contoh kalimat fakta dan opini.

    Jangan di skip ya guys, siapa tahu artikel ini bermanfaat buat kamu nantinya.

    Baca Juga:

    Teks Cerita Fiksi dan Non Fiksi

    Teks Kritik dan Esai

    Pengertian Fakta dan Opini

    Fakta merupakan statment yang menunjukkan suasana riil dari suatu permasalahan maupun peristiwa. Sebab hal inilah, dapat dikatakan kalau kebenaran suatu fakta telah terbukti. Di dalam fakta, tidak terdapat lagi komentar antara orang yang satu maupun yang lain. Yang terdapat hanyalah situasi nyata yang memanglah sudah teruji serta terverifikasi.

    Sedangkan itu, banyak pula komentar yang mengemukakan tentang makna suatu opini. Salah satunya merupakan Leonardo W.Dood via Sumirat( 2004) yang menyatakan, opini merupakan sesuatu perilaku ataupun pendapat seorang mengenai suatu perkara maupun kondisi yang sempat ataupun lagi terjalin. Opini antara satu orang dengan orang yang lain cenderung tidak sama karena dipengaruhi pola pikir, pengetahuan, dan lingkungannya dalam menanggapinya suasana maupun perkara tersebut.

    Ciri- ciri Fakta dan Opini

    Baik fakta ataupun opini mempunyai ciri- cirinya tertentu yang membedakan satu sama lain. Berikut ini merupakan ciri khas dari keduanya yang dapat dilihat dari suatu kalimat.

    Ciri- ciri Kalimat Fakta

    Mempunyai Informasi Akurat

    Dalam kalimat fakta, teman- teman cenderung dapat menemukan ada informasi yang jelas terhadap sesuatu kejadian. Di dalam kalimat, informasi tersebut bisa berupa bilangan statistic, tanggal serta waktu peristiwa, ataupun perihal lain yang sudah terverifikasi.

    Bersifat Objektif

    Yang diartikan objektif dalam kalimat fakta merupakan statment yang ada di dalamnya bersifat universal serta sudah diakui kebenarannya oleh banyak pihak, khususnya oleh badan ataupun lembaga formal.

    Betul- betul Terjadi

    Suatu kalimat bisa dikira sebagai fakta bila statment di dalamnya menguraikan suasana yang betul- betul terjalin. Betul- betul terjalin berarti kalian dapat melihatnya dengan mata kepala sendiri maupun mendengar laporan beritanya dari orang yang berwenang.

    Ciri- ciri Kalimat Opini

    Memiliki Pendapat Individu maupun Orang Lain

    Yang namanya opini, berarti dalam kalimat tersebut kalian hendak menciptakan komentar dari diri sendiri maupun dari orang lain. Dalam sebagian permasalahan, pada kalimat opini ditemui statment dari orang yang telah populer sehingga terkesan selaku kenyataan. Sementara itu, perkataan orang tersebut pula masih sebatas komentar yang belum dapat dibuktikan kebenarannya.

    Bersifat subjektif

    Nyaris sama dengan karakteristik awal, karakteristik kedua dari kalimat opini merupakan statment yang dipaparkan dalam kaimat cenderung subjektif. Maksudnya, hal- hal yang dikemukakan hanya bagi salah satu pihak sehingga tidak dapat dikatakan netral.

    Mempunyai Kata- kata yang Bersifat Relatif

    Pada kalimat opini, kalian akan cenderung menciptakan kata yang bersifat relatif. Yang diartikan relatif di sini merupakan kata ataupun frasa tersebut cenderung dapat berganti tergantung siapa yang mengucapkannya. Kata- kata yang tercantum relatif, di antaranya sangat, lebih, agak, maupun umumnya.

    Contoh Kalimat Fakta

    1. Harimau ialah hewan yang berkaki 4.
    2. Indonesia merupakan negeri kepulauan, terdiri atas 5 pulau besar, ialah Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Irian Jaya serta Jawa.
    3. Gula bisa membuat minuman jadi manis.

    Contoh Kalimat Opini

    1. Kelihatanya nanti sore hendak turun hujan deras yang diiringi dengan angin kencang.
    2. Santapan itu akan terasa lebih gurih bila ditambahkan sedikit perasan air jeruk.
    3. Bunga mawar merupakan bunga yang sangat indah dibanding bunga yang lain.