jurusan teknik sipil

    Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas salah satu jurusan di fakultas teknik. Yups, namanya jurusan teknik sipil. Karir lulusan teknik sipil nggak melulu di bidang bangunan aja kok, pastinya ada banyak profesi yang dapat diambil oleh sarjana teknik sipil.

    Mengenal Jurusan Teknik Sipil

    Jurusan Teknik Sipil adalah studi yang mempelajari tentang bagaimana merancang, membangun, dan merenovasi. Pembelajaran mencakup banyak hal tidak hanya gedung dan infrastruktur, tetapi juga lingkungan yang bermanfaat untuk kehidupan manusia. Singkatnya, teknik sipil adalah praktik profesional dalam merancang dan mengembangkan proyek infrastruktur.

    Baca Juga:

    Jurusan Sastra Indonesia

    Jurusan Sastra Inggris

    Jurusan PGSD

    Jika kamu mengambil jurusan teknik sipil, kamu akan belajar menerapkan matematika dan pengetahuan ilmiah (terutama fisika) ke situasi dan masalah kehidupan nyata yang muncul dari pembuatan dan pemeliharaan struktur, dengan mempertimbangkan beberapa faktor seperti lingkungan, keuangan, hukum, dan etika.

    Pada intinya, teknik sipil merupakan kombinasi dari banyak spesialisasi ilmiah, termasuk mekanika, hidrolika, geoteknik, ilmu material, dan analisis statistik. Selain dari sisi ilmiah, kamu juga belajar untuk mengembangkan keterampilan desain, terutama desain dengan bantuan komputer.

    Setidaknya dibutuhkan waktu sekitar 4 tahun di perguruan tinggi untuk meraih gelar sarjana teknik sipil. Bagi kamu yang mempelajari teknik sipil juga memiliki kesempatan untuk berpartisipasi dalam kunjungan lapangan dan menyelesaikan PKL (Praktek Kerja Lapangan).

    Mata Kuliah yang Dipelajari di Jurusan Teknik Sipil

    Jurusan teknik sipil menerapkan matematika dan ilmu fisika untuk memecahkan masalah dunia nyata yang spesifik dalam perdagangan dan industri. Program studi teknik sipil biasanya menekankan penggunaan praktis geometri, trigonometri, dan kalkulus dalam hubungannya dengan fisika, ilmu material, dan kimia.

    Selain itu, tentunya ada mata kuliah wajib untuk jurusan teknik sipil. Untuk menyelesaikan studi atau meraih gelar S1 Teknik Sipil, kamu harus menyelesaikan minimal 144 SKS di bangku kuliah.

    Nah, berikut ini adalah beberapa mata kuliah yang dipelajari di Jurusan Teknik Sipil:

    1. Gambar Teknik
    2. Teknik Bahan Bangunan
    3. Praktikum Uji Material Bangunan
    4. Mekanika Bahan
    5. Penggambaran Konstruksi Bangunan
    6. Mekanika Tanah
    7. Geometrik Jalan Raya
    8. Teknik Pondasi
    9. Perencanaan Jaringan Perpipaan
    10. Pengantar Dinamika Tanah dan Pondasi Dinamis
    11. Rekayasa Hidrologi
    12. Struktur Bangunan
    13. Metode Teknologi Konstruksi
    14. Pemodelan Transportasi
    15. Statistika dan Probabilitas

    Prospek Kerja Jurusan Teknik Sipil

    kode diskon ruangguru terbaru

    Ngga perlu takut atau bingung. Lulusan dari jurusan in banyak banget kok lapangan kerja yang menanti. Asal, kamu punya soft skill yang mumpuni juga. Jangan cuma mengandalkan nilai IPK aja yang bagus. Karena dunia kerja sekarang juga memandan soft skill dan keahlian lainnya sebagai nilai jual kamu.

    Sarjana Teknik Sipil dipekerjakan terutama oleh departemen pemerintah, utilitas, firma arsitektur, pembangun, dan firma teknik. Selain itu, ada juga pilihan karir yang tersedia di bidang pendidikan dan konsultasi.

    Sebagai lulusan teknik sipil, kamu dapat bekerja di berbagai bidang. Namun, sebagian besar lulusan jurusan ini bekerja untuk otoritas publik dan mengerjakan proyek yang berbeda. Dalam dunia kerja, kamu akan sering bepergian, bekerja di luar ruangan di lokasi konstruksi, tapi biasanya juga di kantor, dan terkadang juga di laboratorium penelitian.

    Di sektor swasta, kamu dapat bekerja tidak hanya untuk perusahaan teknik tradisional, tetapi juga untuk bisnis telekomunikasi, perusahaan konsultan, atau bahkan produsen mainan dan peralatan atletik.

    Berikut ini pilihan karir yang bisa kamu tekuni sebagai lulusan Jurusan Teknik Sipil:

    1. Geotechnical Engineer
    2. Structural Engineer
    3. Transportation Engineer
    4. Rail System Engineer
    5. CAD Technician
    6. Fire Engineer
    7. Water Resource Engineer
    8. Construction Engineer
    9. Coastal Engineer
    10. Design Engineer

    Kurang lebihnya seperti itulah gambaran kuliah di Jurusan Teknik Sipil. Selain itu, informasi mengenai mata kuliah dan potensi untuk karir lulusannya juga bisa menambah pengetahuan kamu tentang program studi yang satu ini.

    Buat kamu yang mau masuk jurusan ini, yuk mulai persiapkan diri kamu dengan belajar lebih intensif. Kamu bisa langganan paket persiapan buat seleksi universitas nanti di aplikasi Ruangguru lho. Langganan produk ruangbelajar atau Brain Academy dengan kode diskon MAUTIDUR dan dapatkan potongan harga spesial buat kamu sekarang juga.