jurusan teknik industri

Jurusan Teknik Industri: Informasi dan Prospek Lulusannya

Ada berbagai pilihan program studi dan fakultas terbaik yang bisa kamu pilih, salah satunya adalah Jurusan Teknik Industri. Jurusan yang satu ini terbilang populer dan nggak pernah sepi peminat lho. Banyak calon mahasiswa menjatuhkan pilihannya di jurusan ini.

Mengenal Jurusan Teknik Industri

Sudah tahu Jurusan Teknik Industri belum? Secara umum, teknik industri didefinisikan sebagai integrasi mesin, staf, bahan produksi, keuangan, dan metode ilmiah. Teknik industri dikenal sebagai perpaduan antara teknik dan manajemen.

Pembelajaran teknik industri mencakup analisis, pengembangan, peningkatan, serta penerapan proses terintegrasi dan komponennya, termasuk bahan, peralatan, informasi, energi, orang, uang, dan waktu.

Baca Juga:

Jurusan Sastra Mandarin

Jurusan Ilmu Pemerintahan

Jurusan Teknologi Pangan

Jurusan yang satu ini menggabungkan teknik, bisnis dan komunikasi, serta dibangun di atas pengetahuan ilmu komputer, matematika, manajemen produksi, kontrol proses dan tindakan manusia.

Singkatnya, jurusan teknik industri belajar menggunakan prinsip teknik dan ilmiah untuk merancang, membuat, atau meningkatkan sistem yang melibatkan barang dan jasa. 

Mata Kuliah yang Dipelajari di Jurusan Teknik Industri

Kuliah di Program Studi Teknik Industri dapat selesai dalam 8 semester atau sekitar 4 tahun. Mata kuliah di jurusan ini umumnya mempelajari tentang pengetahuan dan keterampilan tingkat lanjut maupun praktis dalam bidang analisis, desain, pengembangan dan perbaikan produk, hingga proses produksi berbasis komputer.

Berikut ini adalah beberapa mata kuliah yang dipelajari di Jurusan Teknik Industri:

  1. Perancangan dan Pengembangan Produk
  2. Perencanaan dan Pengendalian Produksi
  3. Organisasi dan Manajemen Perusahaan Industri
  4. Lingkungan dan Ekologi Industri
  5. Perancangan Alat Bantu
  6. Pengantar Teknik Industri
  7. Praktikum Perancangan Produk
  8. Kalkulus Peubah Banyak
  9. Penelitian Operasional
  10. Praktikum Statistika Industri
  11. Proses Manufaktur
  12. Ergonomi
  13. Perancangan Sistem Terintegrasi
  14. Analisis dan Perancangan Sistem Informasi
  15. Lingkungan dan Ekologi Industri

Prospek Kerja Jurusan Teknik Industri

kode diskon ruangguru terbaru

Ngga perlu takut atau bingung. Lulusan dari jurusan in banyak banget kok lapangan kerja yang menanti. Asal, kamu punya soft skill yang mumpuni juga. Jangan cuma mengandalkan nilai IPK aja yang bagus. Karena dunia kerja sekarang juga memandan soft skill dan keahlian lainnya sebagai nilai jual kamu.

Setelah lulus kuliah dan masuk ke dunia kerja misalnya menjadi seorang insinyur industri, kamu akan berurusan dengan bagaimana produk dibuat, kualitas produk tersebut, dan biaya pembuatan produk. Kamu juga menangani desain dan cara kerja pabrik yang membuat produk.

Selain itu, mungkin kamu juga merancang stasiun kerja, otomatisasi, dan robotika untuk sistem di sepanjang rantai pasokan. Dan yang tak kalah penting, kamu juga harus memperhatikan keselamatan karyawan dan lingkungan tempat kerja.

Kamu diharapkan mampu menyeimbangkan pelaksanaan proses yang bertanggung jawab dengan persyaratan lain untuk membuat produk atau menyediakan layanan berkualitas tinggi. Selain insinyur industri, tentunya masih banyak prospek karir untuk lulusan jurusan teknik industri.

Berikut ini adalah beberapa pilihan karir yang potensial bagi lulusan Teknik Industri:

  1. Systems Analyst
  2. Operations Engineer
  3. Penasihat Risiko
  4. Konsultan
  5. Logistik Engineer
  6. Program Analyst
  7. Business Analyst
  8. Process Control Analyst
  9. Process Integration Specialist
  10. Insinyur Industri
  11. Sales Engineer
  12. Manufacturing Supervisor
  13. Konsultan SAP
  14. Associate Engineer
  15. Management Trainee

Nah, itulah informasi seputar kuliah di Jurusan Teknik Industri serta prospek kerja untuk lulusannya. 

Buat kamu yang mau masuk jurusan ini, yuk mulai persiapkan diri kamu dengan belajar lebih intensif. Kamu bisa langganan paket persiapan buat seleksi universitas nanti di aplikasi Ruangguru lho. Langganan produk ruangbelajar atau Brain Academy dengan kode diskon MAUTIDUR dan dapatkan potongan harga spesial buat kamu sekarang juga.

Related Posts