jurusan teknik industri universitas gunadarma

Jurusan Teknik Industri Universitas Gunadarma

Artikel berikut ini akan membahas tentang jurusan Teknik Industri Universitas Gunadarma. Seperti apa kira-kira ya?

Roda industri agaknya akan menjadi salah satu poros utama yang akan memutar roda perputaran ekonomi negara di berbagai belahan dunia secara global.  Maka, diperlukan orang-orang yang kompeten agar roda industri di suatu negara mampu terus bergerak menuju progres yang positif.

Era revolusi industri 4.0 menuntut para pelaku industri untuk tidak sekedar memiliki kompetensi maupun ketermpilan yang mumpuni, pun juga sederet kompetensi tambahan lainnya. salah satunya, yakni kemampuan berbahasa inggris yang agaknya wajib dikuasai dalam menyongsong era revolus industri 4.0, serta bagaimana pemahaman dan keterampilan akan penerapan teknologi digital didalamnya.

Baca Juga:

Info Pendaftaran Mahasiswa Baru Universitas Gunadarma

Informasi Kampus Gunadarma Karawaci

Terlepas dari realita tersebut, Teknik Industri merupakan sebuah disiplin ilmu yang mempelajari tentang proses industri, baik melalui sisi teknik maupun aspek manajemen. Teknik industri lebih berfokus kepada perancangan dan peningkatan sebuah sistem integrasi yang melibatkan manusia, mesin, materi serta energi.

Jurusan Teknik Industri di Universitas Gunadarma sendiri merupakan jurusan yang bernaung dibawah Fakultas Teknologi Industri. Jurusan yang satu ini resmi bernaung dibawah Fakultas Teknologi Industri terhitung sejak 3 April 1996, berdasarkan SK Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Nomor 92/Kep/Dikti/1996.

kuliah jurusan teknik industri gunadarma
sumber foto: mediaindonesia.com

Dalam upaya mencetak para sarjana Teknik Industri yang memiliki kompetensi kerja yang baik, beberapa program diberikan kepada para mahasiswanya. Beberapa diantaranya, yakni melalui pembekalan dalam bentuk kursus keahlian dengan sertifikat Ergonomics Design and Analysis With RULA (Basic), Product Design Using CATIA,

Tak cukup sampai disitu, Teknik Industri Universitas Gunadarma juga memperkuat wawasan serta kompetensi mahasiswanya melalui beberapa program pembekalan lanjutan lainnya. hal itu, diharapkan akan benar-benar menjadi jaminan mutu dan kompetensi dari para lulusan Teknik Industri di Universitas Gunadarma.

Beberapa program pembekalan tambahan lainnya, yakni Workshop Quality Function Deployment Designers Versi 5, serta Creating Simulation Using Promodel Software. Sederet pembekalan tersebut menjadi nilai plus tersendiri bagi para mahasiswa jurusan Teknik Informatika selain pembekalan materi di kelas perkuliahan.

Selain memberikan program pembekalan kepada para mahasiswanya, jurusan Teknik Informatika di Universitas Gunadarma juga turut bekerja sama dengan beberapa lembaga ataupu instansi dalam negeri. Diantaranya, yakni menjalin kerjasama dengan Kementerian Pendidikan Nasional, Kementerian Perindustrian, Kementerian Perdagangan, Pemerintah Daerah Kota Serang, serta beberapa lembaga lainnya.

Kerjasama tersebut tentu akan sangat memberikan keuntungan tersendiri bagi para mahasiswa Teknik Industri di Universitas Gunadarma. Karena, dengan adanya kerjasama tersebut, maka para instansi ataupun lembaga tersebu dapat memberikan wadah bagi para mahasiswa untuk mengasah kemampuan dan menambah pengalamannya dalam berbagai bentuk program yang disepakati.

Kerjasama lainnya yakni dengan asosiasi profesi juga dipastikan akan memberikan manfaat tambahan lainnya bagi para mahasiswa Teknik Industri di Universitas Gunadarma. Hal itu bisa jadi akan membuat perkembangan kompetensi para mahasiswanya akan semakin mudah terpantau dan terserap dalam dunia kerja industri.

Bagi para siswa-siswi SMA yang memiliki ketertarikan untuk melanjutkan kuliahnya ke jurusan Teknik Industri, ada beberapa mata pelajaran yang wajib dikuasai dengan baik. Dua mata pelajaran yang paling utama, tentu yakni Matematika dan juga Fisika. Selain itu, dianjurkan juga untuk mulai mempelajari buku Fisiologi.

Selain itu, para calon mahasiswa jurusan Teknik Industri Universitas Gunadarma juga akan diharuskan untuk memahami beberapa ilmu dari rumpun sosial. Sebut saja materi seputar psikologi, dan juga materi seputar manajemen yang berkaitan dengan perusahaan.

Maka, jurusan teknik industri terbilang sangat menarik, karena bisa saja menampung minat seseorang yang memiliki ketertarikan terhadap bidang teknik serta bidang manajemen secara bersamaan. Selain juga karena beragamnya materi perkuliahan yang akan dipelajari, tak melulu materi sainstek yang dipelajari, pun juga materi dari rumpun ilmu sosial humaniora.

Kemudian, bila membahas prospek kerja yang bisa diambil oleh para sarjana Teknik Industri, maka peluangnya terbilang sangatlah luas. Terlebih, di era revolusi industri 4.0 yang memang benar-benar menempatkan para pelaku industri sebagai lakon utamanya.

Salah satu profesi kerja yang bisa diambil oleh seorang sarjana teknik industri adalah engineering manager. Profesi ini bertugas untuk menyusun sumber daya dan juga perencanaan kerja suatu proyek. Selain itu, sarjana teknik industri juga bisa mengambil peran sebagai project manager yang memiliki tugas pokok utama sebagai penanggungjawab dalam suatu proyek yang sedang berjalan hingga selesai.

Tak hanya sebatas itu, sarjana teknik industri juga memiliki prospek untuk menempati posisi quality controller. Posisi ini menekankan tugas utama pengembannya sebagai orang yang menjamin kualitas sebuah produk yang diproduksi harus sesuai dengan standar yang sudah ditetapkan oleh perusahaan.

Maka, begitulah kiranya artikel yang mengupas tuntas seputar jurusan Teknik Industri Universitas Gunadarma. Serta, bagaimana prospeknya dalam dunia kerja yang benar-benar luas dan cukup menarik untuk dijadikan opsi bagi para calon mahasiswa baru.

Related Posts