jurusan teknik biomedis

Jurusan Teknik Biomedis: Informasi Kuliah dan Prospek Kerjanya

Apa kamu tertarik masuk ke dunia kedokteran dan ingin mengembangkan teknologi di bidang kesehatan? Hmm, mungkin kamu bisa coba untuk ambil jurusan ini. Yap! Teknik Biomedis. Jurusan Teknik Biomedis memang masih terbilang baru di Indonesia, ya. Namun, prospek kerja lulusannya nggak kalah menjanjikan seperti jurusan Kedokteran, loh! Nah, ingin tahu seperti apa jurusan Teknik Biomedis itu? Apa aja yang dipelajari di sana dan sebagus apa prospek kerjanya? Yuk, kita simak penjelasannya berikut ini! 

Apa Itu Teknik Biomedis?

Teknik Biomedis adalah bidang ilmu yang menggabungkan prinsip-prinsip ilmu teknik (engineering) dengan ilmu kesehatan (medis). Jadi, di sini kamu akan belajar penerapan ilmu teknik serta pengembangan teknologi dalam praktik kedokteran yang bertujuan untuk mempermudah proses diagnosis penyakit, pengobatan, dan penyembuhan pasien. Wah, keren banget nggak, tuh!

Mata Kuliah yang Dipelajari di Jurusan Teknik Biomedis

Umumnya, di jurusan ini kamu akan belajar tentang ilmu dasar elektronika dan komputer, ilmu biologi seperti anatomi tubuh, ilmu kimia, ilmu fisika medis, dan berbagai ilmu terkait bidang biomedis.
 
Beberapa mata kuliah yang umum dipelajari di jurusan Teknik Biomedis:

1. Anatomi Manusia

2. Fisiologi Manusia

3. Biomaterial

4. Biomekanika

5. Komputasi Biomedis

6. Analisis Sinyal Biomedis

7. Sistem Rekam Medis

8. Sistem Instrumen Medis

9. Elektronika Digital

10. Dasar Sistem Cerdas 

Mahasiswa jurusan Teknik Biomedis diharapkan mampu menciptakan metode-metode baru serta mengembangkan peralatan (teknologi) untuk memecahkan berbagai macam masalah di bidang kesehatan. Oleh karena itu, di sini kemampuan berpikir kamu akan selalu ditempa agar dapat berpikir kritis dan terstruktur. 

Prospek Kerja Jurusan Teknik Biomedis

Semakin bertambahnya jumlah populasi manusia, semakin banyak juga masyarakat yang peduli terhadap kesehatan. Nah, di bidang medis sendiri, nggak cuma anak kedokteran aja yang akan berperan, nih. Banyak ahli-ahli lain yang akan membantu, salah satunya adalah para lulusan Teknik Biomedis. 

 
Lulusan di jurusan ini memiliki peluang yang sangat besar, baik di bidang kesehatan, industri, sampai pendidikan. Berikut ini ada beberapa pilihan karir yang bisa kamu tekuni sebagai lulusan Teknik Biomedis:

1. Ahli di bidang klinis dalam kegiatan pelayanan kesehatan (clinical engineer)

2. Desainer di industri perangkat biomedika (biomedical design engineer)

3. Peneliti di dunia akademik (research scientist)

4. Konsultan

5. Tenaga pendidik

So, gimana nih setelah tahu tentang jurusan yang satu ini? Apa kamu jadi tertarik? Nah, karena jurusan Teknik Biomedis belum banyak tersedia di perguruan tinggi di Indonesia, tentunya peluang masuk di jurusan ini akan lumayan berat. Oleh karena itu, buat kamu yang berminat, yuk, kencengin lagi semangat belajarnya, ya! 
 
 
Nah, itu tadi sedikit penjelasan tentang Jurusan Teknik Biomedis . Persiapkan belajar kamu dari sekarang untuk masuk di jurusan ini ya. 
 

Belajar persiapan UTBK paling komplit cuma ada di Ruangguru. Pakai kode diskon ELIYANAUGIJJ untuk dapetin potongan harganya. Cara pakai kode diskon ada di video berikut atau hubungi admin buat langganan.

Hubungi Admin Sekarang

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *