Lulusan jurusan sastra Indonesia memiliki prospek pekerjaan yang sangat baik, khususnya di bidang penulisan.

    Suka nulis puisi? ingin jadi penulis novel? atau tertarik dengan dunia sastra? Jika iya, mungkin Jurusan Sastra Indonesia adalah pilihan yang tepat untuk kamu. Tentunya kamu dapat mendalami dan belajar banyak hal yang ada di dunia sastra.

    Baca Juga:

    Jurusan Ilmu Komputer

    Jurusan Matematika

    Jurusan Aktuaria

    Mengenal Jurusan Sastra Indonesia

    Program Studi Sastra Indonesia adalah studi yang mempelajari tentang prosa, naskah, novel, puisi, cerita, dan karya sastra lainnya. Dibukanya jurusan ini bertujuan untuk mempersiapkan lulusan yang handal baik di bidang sastra maupun linguistik. Seperti yang diketahui, sastra telah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari pendidikan di Indonesia.

    Selain itu, kebutuhan sastrawan juga semakin meningkat dalam berbagai bidang, baik di media, penerbitan, atau bahkan pendidikan. Dengan mengambil jurusan sastra Indonesia, kamu memiliki potensi bekerja di bidang-bidang tersebut maupun di bidang lain yang berkaitan dengan sastra.

    Di jurusan ini, kamu akan belajar mengenai konsep dan prinsip dasar sistem kebahasaan dan kesastraan. Sebagai mahasiswa sastra, kamu diharapkan mampu merancang, melaksanakan, mengevaluasi, dan mengkreasi kegiatan pembelajaran bahasa dan sastra yang efektif, inovatif, dan komprehensif.

    Sama seperti sebagian besar prodi lainnya, kamu akan menempuh pendidikan selama 4 tahun atau 8 semester untuk lulus dari jurusan sastra Indonesia. Setelah lulus dari perguruan tinggi dengan program studi Sini, kamu akan memperoleh gelar Sarjana Sastra (S.S).

    Mata Kuliah yang Dipelajari di Jurusan Sastra Indonesia

    Bukan hanya bahasa Indonesia saja, tentunya mata kuliah di jurusan ini sangat beragam. Materi pembelajaran di program studi ini mencakup banyak hal mulai dari kebahasaan, kesastraan, kemahiran berbahasa, kemahiran bersastra, dan masih banyak lagi lainnya.

    Kira-kira materi pelajarannya apa saja ya? Nah, berikut ini adalah beberapa mata kuliah yang dipelajari di Jurusan Sastra Indonesia:

    1. Linguistik Umum
    2. Fonologi-Morfologi Bahasa Indonesia
    3. Sintaksis Bahasa Indonesia
    4. Semantik Bahasa Indonesia
    5. Teori Sastra
    6. Sejarah Sastra Indonesia
    7. Pengantar Kritik Sastra
    8. Literasi Sastra Indonesia
    9. Apresiasi Puisi
    10. Apresiasi Prosa dan Drama

    Prospek Kerja Jurusan Sastra Indonesia

    Lulusan jurusan ini memiliki prospek pekerjaan yang sangat baik, khususnya di bidang penulisan. Berbekal dengan pemahaman tentang bahasa Indonesia serta kemampuan menulis yang berkualitas, mahasiswa di jurusan ini memiliki kesempatan besar meniti karir di dunia sastra.

    Berikut ini pilihan karir yang bisa kamu tekuni sebagai lulusan:

    1. Sastrawan
    2. Staf pengarsipan untuk laporan keuangan, laporan kegiatan, dan lainnya di kantor pemerintah
    3. Kritikus
    4. Penulis
    5. Editor
    6. Jurnalis
    7. Editor buku / koran / majalah
    8. Leksikografer
    9. Guru atau Dosen
    10. Content Writer

    Itulah informasi mengenai Jurusan Sastra Indonesia yang mungkin perlu kamu ketahui. Bagi kamu yang bercita-cita menjadi penulis, sastrawan, atau karir yang berhubungan dengan sastra lainnya, jurusan ini adalah rekomendasi terbaik.