jurusan psikologi

Jurusan Psikologi: Informasi Kuliah dan Prospek Kerjanya

Kali ini, mari kita bahas satu lagi jurusan yang paling populer di kalangan calon mahasiswa. Yap! Jurusan Psikologi. Ada yang bercita-cita untuk masuk ke jurusan ini? Setiap tahunnya, peminat jurusan Psikologi di beberapa perguruan tinggi memang selalu mengalami peningkatan. Alasannya karena prospek kerjanya yang sangat luas dan banyak hal-hal yang menarik sekali untuk dipelajari di jurusan ini. Nah, bagi kamu yang berminat untuk masuk ke jurusan Psikologi, yuk, simak penjelasan berikut untuk tahu informasi kuliah seputar jurusan ini dan prospek kerjanya!   

Baca Juga:

Jurusan Bahasa dan Budaya Korea

Jurusan Manajemen

Jurusan Hubungan Internasional

Apa Itu Jurusan Psikologi?

Jurusan Psikologi merupakan program studi yang mempelajari segala hal tentang pikiran dan perilaku manusia secara ilmiah. Jadi, di jurusan ini kamu akan meneliti alur pemikiran manusia dan hubungannya dengan tindakan yang dilakukan. Nah, yang perlu kamu tau, ada perguruan tinggi yang menyaring mahasiswa jurusan Psikologi lewat jalur saintek dan soshum. Meski begitu, ilmu yang kamu pelajari kurang lebih akan sama. Hanya berbeda dari segi pendekatan dalam pembelajarannya aja

Umumnya, psikologi dengan pendekatan saintek lebih fokus pada teori dan analisa, sedangkan psikologi dengan pendekatan soshum lebih fokus pada gejala sosialnya. Jadi, kamu nggak perlu khawatir lagi nih, baik anak IPA maupun IPS, keduanya bisa masuk ke jurusan ini.    

Mata Kuliah yang Dipelajari di Jurusan Psikologi

Seperti yang udah dijelaskan di poin sebelumnya, di jurusan ini kamu akan belajar tentang pola pemikiran manusia, serta menganalisis hubungannya dengan setiap tindakan yang dilakukan. 

Beberapa mata kuliah yang umum dipelajari di jurusan Psikologi:

1. Teori Kepribadian

2. Psikologi Sosial

3. Psikologi Perkembangan

4. Psikologi Komunikasi

5. Psikologi Pendidikan

6. Psikologi Organisasi

7. Psikologi Industri 

8. Gangguan dan Kesehatan Mental

9. Patologi dan Rehabilitasi Sosial

10. Bimbingan dan Konseling

Selama berkuliah di jurusan Psikologi, kemampuan kepekaan dan intuisi kamu akan terasah karena kamu telah terbiasa memahami apa yang orang lain rasakan. Selain itu, kamu juga akan memiliki rasa toleransi yang tinggi dan jadi lebih bisa menghargai keadaan yang dimiliki setiap individu sesuai dengan kondisinya masing-masing. 

Prospek Kerja Jurusan Psikologi

Jurusan Psikologi sebenarnya terbagi lagi menjadi beberapa kelompok. Nah, itu yang membuat prospek kerja jurusan ini sangat luas dan beragam, sesuai dengan pembagian ilmunya masing-masing. 

Berikut ini beberapa pilihan karir yang bisa kamu tekuni sebagai lulusan Psikologi:

1. Psikolog

2. Human Resources Development (HRD)

3. Research and Development (RnD)

4. Konselor

5. Trainer

Nah, karena jurusan ini banyak diminati, jadi daya saingnya juga lumayan tinggi, nih. Jadi, bagi kamu yang pengin banget masuk jurusan ini, harus dipersiapkan secara maksimal, ya. 

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *