Kamu dapat mengambil Jurusan PGSD (Pendidikan Guru Sekolah Dasar) agar bisa menjadi guru SD.

    Siapa nih yang punya cita-cita menjadi guru? salah satu cara mewujudkanya adalah dengan kuliah terlebih dahulu. Kamu dapat mengambil Jurusan PGSD (Pendidikan Guru Sekolah Dasar) agar bisa menjadi guru SD.

    Baca Juga:

    Jurusan Ilmu Komputer

    Jurusan Matematika

    Jurusan Aktuaria

    Mengenal Jurusan PGSD (Pendidikan Guru Sekolah Dasar)

    Jurusan PGSD merupakan program studi untuk menghasilkan guru sekolah dasar yang berkualitas untuk mengajar anak usia 6-12 tahun yang dikenal sebagai ‘golden age’. Melalui jurusan ini, kamu akan mempelajari banyak materi pelajaran yang diajarkan di tingkat sekolah dasar.

    Selain itu, kamu juga akan belajar bagaimana menjadi guru sekolah dasar yang memiliki pemahaman dan wawasan luas tentang profesinya sebagai guru dalam berbagai hal positif seperti sikap, tingkah laku, dan memiliki karakter yang dapat ditiru oleh siswa.

    Lebih dari sekedar itu, kamu juga akan belajar untuk mengenali karakteristik siswa di sekolah dasar baik secara fisik, moral, sosial, budaya, emosional, dan intelektual. Hal tersebut membantu dalam menentukan pendekatan atau metode terbaik untuk diterapkan di kelas.

    Mata Kuliah yang Dipelajari di Jurusan PGSD

    Jika kamu tertarik dengan jurusan ini, ada baiknya kamu mencari tahu kurikulum serta mata kuliah apa yang ada di program studi pendidikan guru sekolah dasar. Ada beberapa mata kuliah di program studi PGSD seperti mata kuliah yang bersifat teori, praktik, dan lapangan.

    Selain itu, banyak juga mata kuliah program studi PGSD (Pendidikan Guru Sekolah Dasar), salah satunya adalah sebagai berikut ini:

    1. Landasan Pendidikan SD

    2. Perkembangan Peserta Didik

    3. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia SD

    4. Konsep Dasar Matematika SD

    5. Bimbingan Konseling SD

    6. Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan SD

    7. Keterampilan Berbahasa dan Bersastra Indonesia SD

    8. Konsep Dasar IPA SD

    9. Pendidikan IPS SD

    10. Konsep Dasar PPKn SD

    11. Pengembangan Pembelajaran Tematik

    12. Pendidikan Seni Rupa dan Keterampilan SD

    13. Metodologi Penelitian Kualitatif

    14. Metodologi Penelitian Kuantitatif

    15. Seminar Penelitian

    Prospek Kerja Jurusan PGSD

    Pendidikan S1 di jurusan PGSD umumnya dapat kamu selesaikan kurang lebih selama 4 tahun. Setelah menyelesaikan pendidikan di bidang PGSD, kamu akan mendapat gelar S.Pd. (Sarjana Pendidikan).

    Berbicara soal peluang kerja, kemungkinan besar lulusan dari jurusan PGSD akan bekerja sebagai tenaga pendidik atau guru di sekolah dasar. Namun, ada juga peluang karir lainnya untuk yang bergelar sarjana pendidikan.

    Berikut ini adalah pilihan karir yang bisa kamu ambil sebagai lulusan PGSD:

    1. Konselor Pendidikan

    2. Guru SD di Sekolah Negeri

    3. Guru SD di Sekolah Swasta

    4. Jadi Guru Les Privat Anak

    5. Ikut Lembaga Bimbel

    Demikian informasi mengenai jurusan PGSD, mata kuliah, beserta prospek kerjanya. Jurusan yang satu ini sangat cocok khususnya untuk kamu yang bercita-cita menjadi guru. Apalagi lowongan pekerjaan sebagai guru SD juga lebih luas dibandingkan jurusan pendidikan lain.